.

Senin, 05 Desember 2016

Oksigen Di Bumi

                Apa itu oksigen?Oksigen adalah unsur yang paling tidak asing bagi orang awam,
bahkan beberapa orang hanya mengetahui oksigen sebagai unsur yang ada di bumi. Lalu sebenarnya apa itu oksigen? Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida

 Dimana keberadaan oksigen?
Menurut massanya, oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah di biosfer, udara, laut, dan tanah bumi. Oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah ketiga di alam semesta, setelah hidrogen dan helium. Sekitar 0,9% massa Matahari adalah oksigen. Oksigen mengisi sekitar 49,2% massa kerak bumi dan merupakan komponen utama dalam samudera (88,8% berdasarkan massa). Gas oksigen merupakan komponen paling umum kedua dalam atmosfer bumi, menduduki 21,0% volume dan 23,1% massa (sekitar 1015 ton) atmosfer. Bumi memiliki ketidak laziman pada atmosfernya dibandingkan planet-planet lainnya dalam sistem tata surya karena ia memiliki konsentrasi gas oksigen yang tinggi di atmosfernya. Bandingkan dengan Mars yang hanya memiliki 0,1% O2 berdasarkan volume dan Venus yang bahkan memiliki kadar konsentrasi yang lebih rendah. Namun, O2 yang berada di planet-planet selain bumi hanya dihasilkan dari radiasi ultraviolet yang menimpa molekul-molekul beratom oksigen. 
Konsentrasi gas oksigen di Bumi yang tidak lazim ini merupakan akibat dari siklus oksigenSiklus biogeokimia ini menjelaskan pergerakan oksigen di dalam dan di antara tiga reservoir utama bumi: atmosfer, biosfer, dan litosfer. Faktor utama yang mendorong siklus oksigen ini adalah fotosintesis. Fotosintesis melepaskan oksigen ke atmosfer, manakala respirasi dan proses pembusukan menghilangkannya dari atmosfer. Dalam keadaan kesetimbangan, laju produksi dan konsumsi oksigen adalah sekitar 1/2000 keseluruhan oksigen yang ada di atmosfer setiap tahunnya.
Oksigen bebas juga terdapat dalam air sebagai larutan. Peningkatan kelarutan O2 pada temperatur yang rendah memiliki implikasi yang besar pada kehidupan laut. Lautan di sekitar kutub bumi dapat menyokong kehidupan laut yang lebih banyak oleh karena kandungan oksigen yang lebih tinggi. Air yang terkena polusi dapat mengurangi jumlah O2 dalam air tersebut. Para ilmuwan menaksir kualitas air dengan mengukur kebutuhan oksigen biologis atau jumlah O2 yang diperlukan untuk mengembalikan konsentrasi oksigen dalam air itu seperti semula.
Adanya penumpukan oksigen di atmosfer?
Keberadaan oksigen dalam jumlah besar di atmosfer dan samudera kemungkinan membuat kebanyakan organisme anaerob hampir punah semasa bencana oksigen sekitar 2,4 miliar tahun yang lalu. Namun, respirasi sel yang menggunakan O2 mengizinkan organisme aerob untuk memproduksi lebih banyak ATP daripada organisme anaerob, sehingga organisme aerob mendominasi biosfer bumi. Fotosintesis dan respirasi seluler O2 mengizinkan berevolusinya sel eukariota dan akhirnya berevolusi menjadi organisme multisel seperti tumbuhan dan hewan.
Sejak permulaan era Kambrium 540 juta tahun yang lalu, kadar O2 berfluktuasi antara 15% sampai 30% berdasarkan volume. Pada akhir masa Karbon, kadar O2 atmosfer mencapai maksimum dengan 35% berdasarkan volume, mengizinkan serangga dan amfibi tumbuh lebih besar daripada ukuran sekarang. Aktivitas manusia, meliputi pembakaran 7 miliar ton bahan bakar fosil per tahun hanya memiliki pengaruh yang sangat kecil terhadap penurunan kadar oksigen di atmosfer. Dengan laju fotosintesis sekarang ini, diperlukan sekitar 2.000 tahun untuk memproduksi ulang seluruh O2 yang ada di atmosfer sekarang
Namun sayang, manusia malah sering menghancurkan alam, seperti menebang pohon besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan. Padahal, pohon itu sendiri merupakan penghasil oksigen paling besar. Lantas apa jadinya jika bumi kita ini kehilangan oksigen meski hanya dalam waktu singkat? Asal kalian tahu, banyak hal mengerikan yang akan terjadi jika oksigen menghilang meski hanya 5 detik saja selain tidak bisa bernafas. Berikut beberapa hal yang akan terjadi jika oksigen menghilang 5 detik:

1.    Semua orang di pantai mendapat luka bakar
Hal ini terjadi bukan hanya mereka yang berada di pantai, namun semua orang yang berada di luar ruangan. Molekul oksigen di udara melindungi kulit dari terpaan sinar UV, tanpa molekul ini tubuh kita akan terpanggang.
2.    Langit akan gelap gulita pada siang hari
Partikel yang terdapat pada lapisan atmosfer akan semakin sedikit memancarkan cahaya biru. Langit akan kehilangan warna birunya dan menjadi lebih gelap. Sehingga bumi akan seperti malam hari yang mengerikan.
3.    Semua benda yang berada di tanah akan terjun bebas
Oksigen berperan penting dalam pembentukan kerak dan mantel bumi, kurang lebih sebesar 45%. Tanpa adanya oksigen, tidak ada yang akan mampu menopang semua yang ada di atasnya yang menyebabkan semua benda jatuh ke dalam tanah.
4.    Telinga bagian dalam akan meledak
Saat tak ada oksigen, manusia akan kehilangan tekanan udara sekitar 21% secara instan. Hal ini akan membuat pendengaran terganggu dan yang paling parah adalah kehilangan pendengaran.
5.    Bangunan yang terbuat dari beton berubah menjadi abu
Oksigen menjadi komponen pengikat penting dalam struktur beton. Tanpa oksigen, tidak akan ada yang mengikat struktur beton tersebut. Dalam seketika, semua bangunan akan roboh.
6.    Lautan menguap dan mengalir ke ruang angkasa
Karena oksigen akan menghilang dari air laut, senyawa hidrogen akan menjadi gas bebas yang terikat apa-apa, padahal 1/3 air adalah oksigen. Gas hidrogen yang merupakan gas teringan perlahan naik ke ruang angkasa melewati troposfer.
7.    Mesin pembakaran internal akan mati
Hal ini menyebabkan semua pesawat yang tengah mengudara akan jatuh seketika. Begitu juga yang berada di landasan, pesawat-pesawat akan saling bertabrakan satu sama lain.
8.    Semua sel hidup akan meledak menjadi kabut gas hidrogen
Air mengandung 88,8% oksigen. Tanpa oksigen, hidrogen akan berubah menjadi gas dan jumlahnya tentu akan meningkat

Selain untuk bernapas Oksigen juga memiliki kegunaan yang lain yaitu:
1.    Pengobatan: Serapan O2 dari udara adalah tujuan penting dari respirasi, sehingga suplementasi oksigen digunakan dalam pengobatan. Pengobatan tidak hanya meningkatkan kadar oksigen dalam darah pasien, tetapi memiliki efek sekunder penurunan resistensi terhadap aliran darah di berbagai jenis paru-paru yang sakit, mengurangi beban kerja pada jantung. Terapi oksigen digunakan untuk mengobati emfisema (penyakit paru-paru yang menyebabkan terutama sesak napas), pneumonia, beberapa gangguan jantung (gagal jantung kongestif).
2.    Mendukung kehidupan: Sebuah aplikasi penting dari O2 sebagai gas pernapasan tekanan rendah pada ruang modern, yang mengelilingi tubuh penghuni mereka dengan udara bertekanan. Perangkat ini menggunakan oksigen murni hampir sekitar satu pertiga tekanan normal, sehingga tekanan darah parsial normal O2. Scuba penyelam dan awak kapal selam juga mengandalkan O2 buatan, tapi paling sering menggunakan tekanan normal, dan / atau campuran oksigen dan udara.
3.    Industri: 25% dari yang diproduksi secara komersial oksigen digunakan oleh industri kimia. Peleburan bijih besi menjadi baja mengkonsumsi 55% dari yang diproduksi secara komersial oksigen.
4.    Rockets: roket yang lebih besar menggunakan oksigen cair sebagai oksidator mereka, yang dicampur dan dinyalakan dengan bahan bakar untuk penggerak.
5.    Tujuan ilmiah: Paleoclimatologists (studi perubahan iklim) mengukur rasio oksigen-18 dan oksigen-16 di kulit dan tengkorak dari organisme laut untuk menentukan iklim seperti apa jutaan tahun yang lalu. Ahli geologi planet telah mengukur kelimpahan yang berbeda dari isotop oksigen dalam sampel dari Bumi, Bulan, Mars, dan meteorit, tetapi lama tidak dapat memperoleh nilai acuan untuk rasio isotop pada matahari.

Daftar Pustaka
Anonim. 2016.Oksigen.[Online].
Tersedia :
https://id.wikipedia.org/wiki/Oksigen

Tamara, Chalista.2015. 8 Hal Mengerikan Yang Akan Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detik.[Online].
Tersedia : http://www.wowmenariknya.com/2015/10/8-hal-mengerikan-yang-akan-terjadi-jika-oksigen-menghilang-selama-5-detik.html

46 komentar:

  1. @18-FAKHRIZAL

    POIN 3

    Kurang di perincii tapi lumayan lengkap

    BalasHapus
  2. @A07-RONA

    poin 3

    Adakah dampak negative yang ditimbulkn dari oksigen bumi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya karena dengan kelebihan oksigen daya pembakaran menjadi lebih besar, sehingga meningkatkan bahaya kebakaran disekitarnya

      Hapus
  3. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya sangat menarik

    BalasHapus
  4. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    fungsi oksigen untuk tubuh?

    BalasHapus
  5. @A16-SITI

    Poin 3

    artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  6. @A05-RAMADHON

    POIN 3

    Artikel sangat rapi dan jelas

    BalasHapus
  7. @A02-RAHMAT

    POIN : 3

    Mind map kurang menarik dan sangat sederhana tetapi artikel nya sangat baik

    BalasHapus
  8. @A28-ZAKI

    POIN 3

    oksigen sangat baik untuk pernafasasan

    BalasHapus
  9. @A32-VARATRI
    poin 3
    bagaimana upaya untuk memperbaiki kualitas oksigen di masa modern ini? karena polusi udara sudah tercemar oleh asap kendaraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan menanam pohon sebanyak banyaknya sist

      Hapus
  10. @A29-Fauzi

    point 3

    Apa akibat bila oksigen habis

    BalasHapus
  11. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : oksigen di bumi sama oksigen di hati beda nya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati organ atau hati doi gan?? Kalo di hati organ sm di bumi sama, kalo di hati doi nggak tau nggak punya doi soalnya

      Hapus
  12. @A25-PUTRI


    POIN 3

    serem juga kalo oksigen hilang

    BalasHapus
  13. @A21-SYAFIQ

    POIN 3

    Mindmap nya sangat menarik

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. @A35-YULIANi
    point 3
    bagaimana kalau oksigen dibumi yang kita cintai ini habis dengan begitusaja?`

    BalasHapus
  16. @A24-TANIA

    Poin 3

    artikelnya sangat bermanfaat tetapi mind mapnya terlalu kecil sizenya

    BalasHapus
  17. @A22-Herdikma

    Point 3

    Saya sih yes tsist sama artikelnya

    BalasHapus
  18. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    artikel dan mindmapnya sudah bagus sekali!!

    BalasHapus
  19. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Ini adalah unsur yang harus paling disyukuri oleh manusia kepada allah swt

    BalasHapus
  20. @A17-DHICO

    Poin 3

    Artikelnya sangat bermanfaat.. Terimakasih

    BalasHapus
  21. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    Sangat bagus sekali

    BalasHapus
  22. @A11-DINDA

    POINT 3

    Artikelnya sangat lengkap dan menarik. terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.