.

Sabtu, 10 Februari 2018

Yang Terjadi Akibat Pencemaran Air

Oleh : Priyo Dwi Wijaksono (@F10-Priyo)










Abstrak
Pencemaran air atau polusi air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai dan air tanah akibat aktivitas manusia. Namun ternyata air selain menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup terutama manusia bahwa air juga dapat menjadi sumber marabahaya bagi kehidupan.

Kata Kunci : Pencemaran air, Manusia, Polutan

Isi :

            Manusia dengan alam lingkungan pada awalnya hanyalah dianggap sebagai dua entitas yang berjalan berdampingan, dimana masing-masing saling menjalani siklusnya sendiri-sendiri. Sepertinya tak perlu untuk mencari dan mempersoalkan hubungan timbal balik antara keduanya. Namun sejalan dengan perkembangan budaya manusia, semakin disadari bahwa hubungan antara kedua entitas tersebut menempati prioritas utama, bila hendak berbicara soal kelang-sungan hidup di bumi ini.

            Menurut Pramono (2008), Suatu badan air yg tercemar akan mengalami kemerosotan kualitas fisik. Hal ini tampak dari perubahan-perubahan kriteria fisik tersebut. Temperature dapat berubah secara drastis dari kisaran optimumnya.

Beberapa kriteria pencemaran air :

  • ·         Warna perairan yg semakin gelap menandaskan tingkat pencemaran yang semakin tinggi.
  • ·         Rasa dan bau biasanya bersifat subyektif. Namun air yg berkualitas buruk akan timbul rasa
          dan bau yg asam atau busuk.
  • ·         Kekeruhan atau turbidit adalah manifestasi dari kandungan partikel-partikel padat yang 
           terdapat di dalam air.

Dampak dari pencemarain air sebagai berikut :

  1.  Berkurangnya air bersih.
  2.  Menimbulkan berbagai penyakit.
  3.  Mematikan ekosistem perikanan.

Menurut Hidayat (2017), menjelaskan bahwa pencemaran air merupakan awal dari kerusakan ekosistem laut, akan terjadi penyumbatan pada bagian insang ikan, sehingga menimbulkan kematian secara masal.

Ada banyak pendapat yang menggema disekitar masalah pengendalian pencemaran ini. Dari pendapat yang paling ringan untuk menanggulanginya dengan tindakan preventif sampai pendapat revolusioner dengan mengusulkan diberlakukannya zero growth bagi pertumbuhan penduduk dunia.


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau.Jakarta: Pantona Media

Pramono, Susantyo Adhi. PENCEMARAN AIR DAN DAMPAKNYA TERHADAP DUNIA PERIKANAN. (Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=338797) Diakses tanggal 10 Februari 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.