.

Selasa, 14 November 2017

KRISIS AIR BERSIH

 @D15-Lutfi, @ProyekB07
Oleh Lutfi Bayhaqi


Air merupakan unsur yang vital dalam kehidupan manusia. Seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa air, karena itulah air merupakan salah satu penopang hidup bagi manusia. Ketersediaan air di dunia ini begitu melimpah ruah, namun yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan air minum sangatlah sedikit. Selain itu, kecenderungan yang terjadi sekarang ini adalah berkurangnya ketersediaan air bersih itu dari hari ke hari. Semakin meningkatnya populasi, semakin besar pula kebutuhan akan air minum. Kekurangan air telah berdampak negatif terhadap semua sektor, termasuk kesehatan. Tanpa akses air minum yang higienis mengakibatkan 3.800 anak meninggal tiap hari oleh penyakit.

PBB memproyeksikan bahwa pada tahun 2025 banyak Negara akan mengalami krisis air. Meskipun Indonesia termasuk 10 negara yang kaya air, tetapi negeri kita ini terancam menderita krisis air juga sebagai akibat dari lemahnya sistem pengelolaan pembangunan sumberdaya air dan lingkungan pada umumnya. Hal ini tercermin dari semakin menurunnya kualitas air baik air permukaan ataupun air tanah, fluktuasi debit air sungai yang sangat besar, inefisiensi dalam penggunaan air, dan regulasi yang masih sangat kurang mewadahi.

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah.

Beberapa data menunjukkan bahwa ketersediaan air di Indonesia sangatlah melimpah yakni sekitar 15.000 m3/kapita/tahun, jauh diatas rata-rata dunia yang hanya 8.000 m3/kapita/tahun. Tetapi Pulau Jawa yang berpenduduk 65% dari total penduduk nasional dan luas daratannya hanya sekitar 7% dari luas daratan Indonesia, hanya memiliki ketersediaan air sekitar 1.750 m3/kapita/tahun, atau memiliki sekitar 4,5% dari total air tawar yang ada di Indonesia. Jumlah ini tentu saja akan semakin menurun karena meningkatnya penduduk yang sangat pesat.

Penyebab penyebab terjadinya Krisis Air bersih :

À      Kebiasaan Boros Air.
À      Pertambahan Jumlah Penduduk.
À      Tekanan Lingkungan dan Perilaku Konsumtif.
À      Intrusi Air Laut
À      Kerusakan Sumber Daya Air.
À      Distribusi Air Kurang Merata
À      Pengelolaan Air Kurang Optimal
À      Limbah kimia.
À      Limbah manusia.
À      Limbah radioaktif.
À      Limbah minyak
À      Limbah nutrisi

Untuk mengidentifikasi pencemaran air sehingga kualitasnya didketahui dan dapat dilakukan  melalui dua cara. Cara pertama denadgan mengambil sempel air, kemudian  mengukur konsentrasi bahan kimia yang terkandung didalamnya (indikator kimia kualitas air). Jika konsentrasi bahan kimia berbahaya teridentifikasi ddan melampaui standar baku air untuk keperluan tertentu, maka air dapat dinnyatakan tercemar. Sedangkan cara kedua dengan menganalisiskondisi kehidupan satwa seperti ikan, serangga dan hewan invertebrata yang habitatnya di sekitar perairan (woodford 2015)

Contoh krisis air di Indonesia:

PONOROGO, KOMPAS.com - Sebanyak empat desa di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. Krisis terjadi setelah musim kemarau yang melanda sebulan terakhir ini. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, 1.074 jiwa yang bermukim di empat desa itu mengandalkan bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo."Empat desa itu yakni Desa Duri di Kecamatan Slahung, Desa Suren di Kecamatan Mlarak, Desa Mrican di Kecamatan Jenangan, dan Desa Tulung di Kecamatan Sampung," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, Kamis (24/8/2017).Untuk membantu penyediaan air bersih, dalam sepekan terakhir, pihaknya mengirimkan air bersih secara bergiliran. Jumlahnya, disesuaikan dengan kebutuhan.


DAFTAR PUSTAKA

Rismayanti rini (2016) krisis air bersih. Dalam
Marulia (2014) pengertian dan penjelasan  krisis air dan pangan. Dalam
Patrick (2016) penyebab krisis air bersih di berbagai negara. Dalam
Kompas.com (24/08/2017) krisis air bersih melanda 4 desa ponorogo. Dalam

Hidayat,Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017. Kimia,Industri,dan Teknologi Hijau. Jakarta:Pantona Media

2 komentar:

  1. D17-Nabila
    menurut anda bagaimanakah cara agar negara Indonesia tidak terkena krisis air dilihat bahwa indonesia sendiri adalah negara yang kaya air

    BalasHapus
  2. @D14-Humairoh

    Banyaknya kegiatan industri saat ini menyebabkan krisis Air bersih, lalu bagaimana mencari air bersih jika daerah daerah ada kegiatan industri?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.