.

Sabtu, 15 Februari 2020

SUMBER DAYA AIR PADA KEHIDUPAN


Disusun Oleh : Revy Kisworo

ABSTRAK

Pendayagunaan Sumberdaya Air adalah upaya penatagunaan, penyediaan, penggunaan, pengembangan, dan pengusahaan sumberdaya air secara optimal agar berhasil dan berdaya guna. Kesulitan pemanfaatan sumberdaya air dan layanan air bersih sudah sangat terasa terutama di pusat – pusat pertumbuhan kota yang terus mengalami pertumbuhan penduduk mengikuti laju deret ukur. Kurang efektifnya pengelolaan sumberdaya air dan debit sungai yang memiliki andal cukup besar. Selain itu, ada beberapa masalah terkait sumber daya air meliputi: polusi air, masalah banjir, kekeringan, dan kemunduran masalah kualitas air.

PENDAHULUAN

Sumberdaya Air adalah air, sumber air, dan daya air yang terkandung didalamnya, merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala bidang. Dalam menghadapi ketidakseimbangan antara ketersediaan air yang cenderung menurun dan kebutuhan air yang semakin meningkat, sumberdaya air wajib dikelola dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup, dan ekonomi secara selaras.

PEMBAHASAN

KUALITAS SUMBERDAYA AIR

Mengacu pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti terdahulu terhadap masyarakat di beberapa tempat di Indonesia, dimana didapat hasil bahwa kebutuhan air bagi masyarakat Indonesia berkisar antara 100 liter sampai dengan 145,2 liter per hari. Untuk mendapatkan hasil kualitas sesuai dengan Standar Kualitas yang dikeluarkan oleh Menkes yakni Kepmenkes 907 tahun 2002 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, maka sumberdaya air yang dipergunakan bagi kepentingan masyarakat harus dikelola dan disaring terlebih dahulu.

KEBUTUHAN AIR PADA MASA DEPAN
Air adalah sumber utama kehidupan. Segala bentuk kehidupan di alam ini mutlak memerlukan air dalam proses kehidupannya. Sekitar 70 persen bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 5 hari tanpa minum air. Dalam kehidupan sehari-hari, sumber daya air dipergunakan manusia antara lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti minum, mandi, memasak, mencuci, hiasan (kolam dan air mancur), usaha perikanan (ikan, kepiting, udang, kerang), sumber mineral (garam, kalium) dan sumber tambang (minyak bumi, timah, gas alam dan sejenisnya), tempat rekreasi (pantai dan danau yang indah), industri (pabrik dan pembangkit listrik), bertani dan bercocok tanam, peternakan, perdagangan (hotel dan restaurant) transportasi (pelayaran) dan lain-lain. Makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan juga memerlukan air untuk bertahan hidup, semua telah diatur dalam keseimbangan ekosistem yang baik di alam. Kebutuhan akan tersedianya air dan energi dengan harga yang terjangkau dalam jumlah dan mutu yang cukup, serta keamanan pangan akan menjadi tantangan utama yang bagi manusia karena bumi sedang mengalami krisis air yang sangat mengkhawatirkan. Walaupun sebagian besar permukaan bumi diselimuti air, hanya beberapa persen saja yang layak untuk dikonsumsi manusia. Ini menjadi masalah karena manusia tidak dapat hidup tanpa air.





KESIMPULAN
Ternyata kita sebagai masyarakat yang peduli akan pentingnya sumber daya air dalam negara Indonesia ini. Pengelolaan sumber daya air sangat menentukan bagaimana kita bisa menjaga dan merawat agar kelak menjadi sumber mata pencaharian untuk anak cucu kita nanti. Pengelolaan sumber daya air harus dilestarikan bukan malah untuk dirusak agar semua umat manusia di dunia dapat merasakan manfaatnya.

SARAN
Sebagai masyarakat yang mengerti betapa pentingnya melestarikan dan mengelola sumber daya air diharapkan pada semua lapiran masyarakat dapat melakukan partisipasi untuk menjaga dan mengelola supaya dapat tetap terjaga sampai nanti.

DAFTAR PUSTAKA
[Departemen PU Direktorat Sumberdaya Air]. (2006). “Inventarisasi Kondisi Sungai dan Muara di Belitung”, Provinsi Bangka Belitung..
https://readersblog.mongabay.co.id/rb/2014/04/17/air-dan-energi-tantangan-keberlanjutan-masa-depan/
M.R. Djuwansah. Pendugaan Potensi Sumberdaya Air di Wilayah Pesisir, Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.
https://www.pu.go.id/berita/view/12715/pembangunan-bendung-di-papua-untuk-mendukung-ketahanan-pangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.