.

Sabtu, 15 Februari 2020

Pencemaran CO dari Kendaraan Bermotor

Oleh: Agustina Retno Wahyuningrum @Q10-Agustina
Oleh : Agustina Retno Wahyuningrum (@10-Agustina)

Abstrak

Pencemaran udara memberi dampak negative bagi kesehatan manusia akibat polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.
Dari beberapa jenis polutan yang dihasilkan, CO merupakan salah satu polutan yang paling banyak yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Mengetahui tingkat polutan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua yang melintas di jalan raya. Dampak yang disebabkan gas yang dihasilkan oleh asap kendaraan memiliki dampak buruk bagi manusia lingkungan maupun ekonomi.

PENDAHULUAN

A.             Latar Belakang

Di bidang transportasi, khususnya didaerah perkotaan, kemajuan ini terlihat dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang ada dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Kemajuan dibidang industri transposrtasi membuat manusia susah menahan dirinya, misalnya saat ingin pergi dengan jarak dekat mereka menggunakan kendaraan pribadi mereka bukan menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki untuk mengurangi polusi udara. Dengan tidak adanya tingkat keseimbangan antara taman hijau dengan polusi kota saat ini menjadikan kota tampak gersang penuh polusi susah mendapatkan udara segar dan sejuk. Membuat udara semakin panas dan bahkan dapat merusak pernapasan paru- paru.
Karena gas yang dihasilkan oleh kendaraan berakibat buruk bagi kesehatan bahkan dapat membuat tingkat kematian akibat kekurangan udara bersih.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.       menjelaskan dampak pencemaran udara
2.      menjelaskan solusi pencemaran udara
3.      menjelaskan akibat pencemaran udara

C.       Tujuan
Tujuan penyusunan artikel  ini adalah :
1.       memahami dampak pencemaran udara
2.      memahami solusi pencemaran udara
3.      memahami akibat pencemaran udara

PEMBAHASAN

Pencemaran udara adalah kondisi udara rusak akibat terkontaminasi oleh zat - zat yang berbahaya dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan kesehatan makhluk hidup terganggu., yang dimaksud dengan pencemaran udara adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat dideteksi oleh manusia (atau dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi, dan material (Mukono, 2000). Menurut UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan atau aktivitas manusia atau proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkanya.


PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

Penyebab pencemaran udara yang terjadi di Kota besar ini, antara lain :

1. Kebakaran hutan
Kebakaran hutan merupakan fenomena yang dapat disebabkan oleh manusia atau alam. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh manusia yaitu seperti penebangan pohon secara liar dan pembukaan lahan baru. Sedangkan, yang disebabkan oleh alam yaitu seperti kekeringan saat musim kemarau.

2. Lalu lintas
Lalu lintas yang semakin padat dari tahun ke tahun juga dapat menyebabkan pencemaran udara. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat menjadi salah satu faktor penyebabnya, oleh karena semakin banyaknya kendaraan, maka semakin banyak kemacetan dan polusi yang dikeluarkan dari asap kendaraan yaitu Carbon Monoksida (Co) yang merupakan gas beracun.

3. Letusan gunung berapi
Letusan gunung berapi dapat mengakibatkan pencemaran udara, karena pada saat meletus gunung akan mengeluarkan abu vulkanik yang bertaburan dimana - mana sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari - hari dan mengganggu pernafasan. Kandungan dari abu vulkanik adalah timah, tembaga, seng, krom besi dan silika.

4. Industri atau pabrik
Pada zaman modern pabrik atau industri banyak berdiri di setiap kota atau daerah. Industri dan pabrik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara, karena asap yang dikeluarkan oleh pabrik atau industri mengandung Karbon monoksida, Hidokarbon dan senyawa organik yang dapat membuat udara menjadi tidak sehat.

5. Pertanian
Insektisida dan pestisida yang diberikan kepada tumbuhan dapat menyebabkan pencemaran udara, karena kandungan amonia atau NH3 yang dapat merusak dan membahayakan atmosfer. Amonia dapat menyebabkan penyakit yang mengganggu sistem pernafasan yaitu bronkitis.

6. Aktivitas rumah tangga
Aktifitas rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah kegiatan memasak yang masih menggunakan kayu bakar dan pembakaran sampah.


DAMPAK PENCEMARAN UDARA

Dampak pencemaran udara bagi kehidupan sangatlah tidak baik. Kandungan zat - zat berbahaya pencemaran udara sangatlah berbahaya. Pencemaran udara akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan sistem pernafasan. Selain mempunyai dampak untuk kesehatan, pencemaran udara juga akan berdampak pada lingkungan, yaitu menyebabkan pemanasan global dan efek rumah kaca yang semakin meningkat.

1. Dampak bagi kesehatan
Pencemaran udara sangatlah berpengaruh bagi kesehatan. Zat - zat berbahaya yang terkandung di dalam udara yang kotor akan menyebabkan beberapa penyakit yang akan menyerang sistem pernafasan, contohnya seperti bronkitis, ISPA, asma, flu, batuk, kerusakan sistem kardiovaskuler dll.

2. Pemanasan global
Pemanasan global diakibatkan karena suhu udara bumi yang terus meningkat. Salah satu faktor meningkatnya suhu di bumi adalah karena pencemaran udara.

3. Efek rumah kaca
Semakin panas nya bumi atau semakin meningkatnya suhu di bumi akan membuat efek rumah kaca juga semakin meningkat. Energi panas yang matahari yang dipantulkan ke bumi, akan terperangkap di permukaan bumi dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon.


CARA MENGATASI PENCEMARAN UDARA

Karena pencemaran udara adalah hal yang membahayakan kesehatan badan maupun lingkungan, maka dari itu perlu adanya pencegahan atau pengawasan pencemaran udara, diharapkan agar dapat meminimalisir atau bahkan menhilangkan pencemaran udara dan dampak - dampak buruknya. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi pencemaran udara, yaitu :


1.      Melakukan Reboisasi
2.      Penggunaan kendaraan umum
3.      Memanfaatkan Bahan bakar Biogas
4.      Mengurangi Jumlah kendaraan
5.      Memelihara taman kota

KESIMPULAN & SARAN

Mencegah pencemaran udara mulai dari diri kita sendiri mengurangi pemakaian kendaraan lebih mengutamakan pemakaian kendaraan umum untuk bepergian jarak dekat utamakan jalan kaki saja, agar udara di sekitar kita terjaga ramah lingkungan. Sampah lebih baik dikubur dalam tanah agar membaur daripada dibakar dan membuat udara tercemar dengan asap yang dihasilkan oleh pembakaran sampah. Menjaga udara bersih mulai dari kita merupakan salah satu cara membantu mengurangi polusi udara sama saja dengan menjaga paru-paru kita agar bebas menghirup udara bersih.


Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
SENGKEY, Sandri Linna; JANSEN, Freddy; WALLAH, Steenie E. Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 2011, 1.2.­­­­­­­

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.