.

Sabtu, 03 Februari 2018

Fases ayam sebagai vitamin tomat


oleh : @F24-Setiawan, @Proyek D03, 

Abstrak

     Kusnandar, Uya (2013) menyatakan bahwa Pupuk Anorganik adalah Pupuk hasil proses rekayasa secara kimia, fisik dan atau biologis dan merupakan hasil industri atau pabrik pembuat pupuk. Dan Pupuk Organik adalah Pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat dibentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik, memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

     Menurut atep dan kholil (2017) dalam (ECI, 2013) mengatakan bahwa Industry kimia dasar dengan bahan dasar senyawa anorganik digunakan untuk manufactur dan pertanian, diproduksi dalam jumlah yang sangat besar( dapat mencapai jutaan ton per tahun). Sebagai contoh bahan dasar klorin, natrium hidroksida, sulfat dan asam nitrat, serta dan bahan kimia lainya untuk pupuk.

Kata kunci : pupuk organic dan anorganik

Isi pembahasan

     Luthvyrakhman, haveel dan anas D. susila (2013) bahwa Kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan  dan  kesulitan  untuk  mendapatkan  serta mahalnya  harga  pupuk  anorganik  pada  kalangan petani  mengarahkan  penelitian  kepada  pemanfaatan limbah  organik  yang  murah,  tersedia  dan  ramah lingkungan  yang  bisa  digunakan  sebagai  pupuk organik. Salah  satu  sumber  pupuk  organik  yang  umum adalah  pupuk  kandang  ayam. Luthvyrakhman, haveel dan anas D. susila (2013) dalam Odoemena (2006),  pupuk  kandang  ayam  merupakan  sumber  yang baik  bagi  unsur-unsur  hara  makro  dan  mikro  yang mampu  meningkatkan  kesuburan  tanah  serta  menjadi substrat  bagi  mikroorganisme  tanah  dan  meningkatkan aktivitas  mikroba,  sehingga  lebih  cepat  terdekomposisi dan  melepaskan  hara. 

     Aplikasi  pupuk  kandang  ayam juga  diyakini  memperbaiki  sifat  fisik  tanah  dan meningkatkan  daur  hara  seperti  mengerahkan  efek enzimatik  atau  hormon  langsung  pada  akar  tanaman sehingga mendorong pertumbuhan tanaman. Luthvyrakhman, haveel dan anas D. susila (2013) dalam Kandil  and  Gad  (2010) bahwa pada  tanah lempung  berpasir  dan  tingkat  kesuburan  yang  rendah pemupukan  dengan  kotoran  ayam  bisa  meningkatkan pertumbuhan  vegetatif  dan  kualitas  hasil  panen. Urutan  perlakuan  yang  berpengaruh  dari  yang  paling besar  adalah  pemberian  kotoran  ayam,  farmyard manure,  pupuk  NPK  mineral,  kompos  hasil  pertanian. Kotoran  ayam  dan  farmyard  manure  memberikan pengaruh  yang  nyata  terhadap  bobot  basah  dan  kering brangkasan,  produktivitas  dan  kualitas  buah  tomat dibandingkan kontrol berupa perlakuan pupuk NPK



Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil.2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media :  Jakarta

Kusnandars, Uyat (2013)  Apaitu pupuk anorganik, apa itu pupuk organic, apa itu pupuk berimbang http://uyatkusnandars.blogspot.co.id/2013/01/apa-itu-pupuk-anorganik-apa-itu-pupuk.html   ( diunduh 03 febuary 2018)

Optimasi Dosis Pupuk Anorganik dan Pupuk Kandang Ayam pada Budidaya Tomat Hibrida (Lycopersicon esculentum Mill. L.)


http://download.portalgaruda.org/article.php?article=5292&val=197&title=Optimasi%20Dosis%20Pupuk%20Anorganik%20dan%20Pupuk%20Kandang%20Ayam%20pada%20Budidaya%20Tomat%20Hibrida%20%20(Lycopersicon%20esculentum%20Mill.%20L.)         ( diunduh 03 febuary 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.