.

Senin, 25 September 2023

Sifat Periodisitas Unsur : Warna dan Sifat Spektroskopis

 

Jenny Utamy Putry

41623010039








Sifat Periodisitas Unsur : Warna dan Sifat Spektroskopis

Abstrak

 

Unsur-unsur didapatkan dalam berbagai wujud dan dapat berupa atom, ion, serta senyawa. Suatu unsur dapat memiliki beberapa isotop dengan nomor atom yang sama. Bila unsur-unsur dikelompokkan atas dasar kemiripan sifat, baik sifat atom maupun senyawanya, dihasilkanlah sistem periodik. Kimia telah mencapai perkembangan yang sangat cepat dalam usaha memahami sifat semua unsur. Sistem periodik unsur telah memainkan peran yang sangat penting dalam penemuan zat baru, serta klasifikasi dan pengaturan hasil akumulasi pengetahuan kimia. Sistem periodik merupakan tabel terpenting dalam kimia dan memegang peran kunci dalam perkembangan sains material. Berdasarkan jenis penyusunan atomiknya senyawa anorganik diklasifikasikan atas senyawa molekular dan padatan.

Keywords

Periodik, unsur periodik, nomor atom, sifat periodisitas

Pendahuluan

 

Latar Belakang  

 

Keyakinan yang sudah lama ada, yakni bahwa semua zat terdiri atas atom, dilihat dari rentang waktu sejarah baru saja dibuktikan; walaupun unsur-unsur, seperti karbon, belerang, besi, tembaga, perak, emas, raksa, timbal, dan timah, telah lama dianggap berperilaku mirip atom. Tepatnya apa yang menyusun unsur telah dikenali dengan tumbuhnya kimia modern sejak masa


alkemi, dan sekitar 25 unsur telah dikenal di abad ke-18. Sekitar 60 unsur telah dikenali di      pertengahan abad ke-19, dan periodisitasnya telah diamati pula.

Salah satu tujuan penentuan kelimpahan unsur-unsur di alam semesta adalah dalam rangka mengungkap misteri mengenai asal usul unsur yang juga berarti asal usul alam semesta.


 

Rumusan Masalah:

1.      Apa itu sifat periodisitas unsur?

2.      Apa maksud dari sifat periodisitas unsur warna dan spektroskopis?

Tujuan:

1.      Mengetahui pengertian/penjelasan mengenai sifat periodisitas unsur

2.      Mengetahui penjelasan mengenai salah satu sifat periodisitas unsur yaitu warna  & spektroskopis

Pembahasan

 

1.      Sifat Periodisitas Unsur

Sifat periodik adalah sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikkan nomor atom, yaitu dari kiri ke kanan dalam satu periode, atau dari atas ke bawah sesuai golongan.

Henry Moseley pada tahun 1913 menyatakan bahwa sifat kimia unsur adalah fungsi dari nomor atom. Apabila unsur-unsur diurutkan sesuai dengan kenaikan nomor atom maka akan mengalami pengulangan sifat unsur secara periodik. Sifat periodisitas unsur adalah pola berulang yang membantu kita memahami bagaimana sifat-sifat unsur berubah sesuai dengan peningkatan nomor atom atau posisi unsur dalam tabel periodik.

Sifat periodisitas ini terkait dengan lokasi unsur dalam tabel periodik. Beberapa sifat periodis yang paling penting meliputi:

·         Ukuran Atom

·         Energi Ionisasi

·         Afinitas Elektron

·         Sifat Kimia

·         Reaktivitas

·         Titik didih dan Titik leleh

 

2.      Warna dan Sifat Spektroskopis berkaitan dengan sifat periodisitas unsur 

·        Warna unsur dalam keadaan padat atau dalam senyawa bisa bervariasi berdasarkan elektron-elektron dalam atom. Beberapa unsur dan senyawa tertentu memiliki warna yang khas atau karakteristik. Misalnya, unsur natrium (Na) memiliki cahaya kuning karakteristik saat terbakar. Warna ini disebabkan oleh perpindahan elektron-elektron dalam atom saat mereka berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi dan kemudian kembali ke tingkat energi yang lebih rendah. Ini menghasilkan pancaran cahaya dengan panjang gelombang tertentu, yang kita lihat sebagai warna.

·         Spektroskopi adalah teknik yang digunakan untuk memeriksa interaksi cahaya dengan materi, termasuk unsur-unsur. Dalam spektroskopi, cahaya (biasanya cahaya tampak atau cahaya elektromagnetik lainnya) diarahkan ke sampel, dan kemudian cahaya yang tersebar atau diserap oleh sampel dianalisis. Setiap unsur atau senyawa memiliki spektrum yang unik, yang berarti mereka akan menyerap atau mengemisikan cahaya pada panjang gelombang tertentu. Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi unsur atau senyawa dalam sampel.

Spektrum emisi adalah spektrum cahaya yang dipancarkan oleh unsur atau senyawa saat elektron-elektron mereka berpindah dari tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah. Ini sering digunakan dalam analisis spektroskopi untuk mengidentifikasi unsur-unsur dalam sampel.Spektrum serapan adalah spektrum cahaya yang diserap oleh unsur atau senyawa saat elektron-elektron mereka menyerap energi dan berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi. Ini juga digunakan dalam spektroskopi untuk menganalisis senyawa-senyawa kimia.

Sifat-sifat ini terkait dengan distribusi elektron dalam atom dan energi yang diperlukan atau dilepaskan saat elektron berpindah antara tingkat energi. Oleh karena itu, sifat periodisitas unsur seperti energi ionisasi, afinitas elektron, dan struktur elektronik juga dapat memengaruhi cara unsur berinteraksi dengan cahaya dan menciptakan spektrum cahaya yang unik. 


 Penutup

Sifat periodisitas unsur adalah pola perubahan yang teratur antara sifat-sifat kimia dan fisika,unsur-unsur kimia dalam tabel periodik. Ini adalah pola berulang yang membantu kita memahami bagaimana sifat-sifat unsur berubah sesuai dengan peningkatan nomor atom atau posisi unsur dalam tabel periodik. Keterkaitan diantara sifat periodisitas unsur dengan warna dan sifat spektroskopis ternyata dapat dikembangkan dan menjadi bahan penelitian baru bahwa kemungkinan bukan hanya warna dan spektroskopis yang memiliki keterkaitan dengan sifat periodisitas tentunya sesuatu yang memiliki atom bisa jadi berhubungan dengan sifat periodisitas unsur.

Daftar Pustaka

 

Taro S.2004.Buku Tes Kimia Anorganik Online.Iwamani shoten

Indayatmi.2021.Analisis Anorganik.Alif Gemilang Pressindo.

Suyanta.2019.Buku Ajar Kimia Dasar.UGM Press

Lestario N L.2017.Antosianin.UGM Press

H Sastrohamidjojo.2018.Dasar-dasar Spektoskopi.UGM Press

  Soal 

1. Apa tujuan memahami sifat-sifat periodisitas?

2. Berapa banyak unsur kimia dalam tabel periodik?

jawab

1.  Memprediksi sifat unsur, klasifikasi unsur, merancang reaksi kimia

2. Ada 118 unsur kimia yang telah diidentifikasi dan ditemukan hingga saat ini 

 

 

 

4 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.