.

Senin, 25 September 2023

PREDIKSI SIFAT UNSUR DENGAN TABEL PERIODIK

Nabila Alya Mukhbita (41623010026)

ABSTRAK

Sistem periodik unsur merupakan pengelompokan unsur-unsur dalam tabel yang dilakukan para kimiawan untuk menemukan keteraturan sifat dari unsur (Musal wahyuni dkk, 2017: 125). Sistem periodik unsur merupakan materi yang abstrak karena mencakup pembahasan materi yang ukurannya terlalu kecil (Ika Mawarni, 2017: 3). Materi sistem periodik unsur memiliki banyak istilah dan kosa kata baru, meliputi pokok bahasan mengenai golongan, periode, sifat-sifat keperiodikan unsur yaitu jari-jari atom atau ion, energi ionisasi, keleektronegatifan dan afinitas elektron serta sifat fisik dan sifat kimia unsur. Materi ini paling mendasar dalam ilmu kimia sehingga siswa harus menguasai dengan matang agar materi kimia selanjutnya tidak mengalami kesulitan

PENDAHULUAN

Klasifikasi Sistem Periodik Unsur Kimia

Pada sistem periodik unsur kimia, golongan merupakan kolom vertikal yang terdapat pada tabel periodik kimia. Golongan sangat penting untuk metode pengklasifikasian unsur-unsur. Golongan berisi unsur-unsur yang memiliki susunan elektron terluar yang sama. Karena memiliki elektron yang sama, unsur-unsur tersebut memiliki sifat kimia yang sama dan ditulis dengan urutan bilangan romawi.

Sifat dalam Sistem Periodik Unsur Kimia

Berikut ini adalah sifat-sifat yang terkandung dalam sistem periodik unsur kimia:

Sifat Unsur

Berdasarkan sifat unsur-unsur, sistem periodik unsur kimia terbagi ke dalam tiga jenis yaitu logam, nonlogam, dan metalloid. Logam memiliki sifat yang cenderung melepaskan elektron dari nonlogam untuk membentuk ion positif. Sedangkan nonlogam cenderung menerima elektron dari logam. Lain halnya dengan unsur metalloid, yang memiliki kedua sifat seperti logam dan nonlogam.

Jari-Jari Atom

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke orbital elektron terluar yang stabil dalam suatu atom dalam keadaan setimbang. Jarak tersebut dapat diukur dalam satuan pikometer atau angstrom. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom cenderung membesar setara dengan pertambahan pada kulit elektron.

Kereaktifan

Kereaktifan sebuah unsur pada tabel periodik dalam satu periode dari kiri ke kanan bertambah hingga golongan VIIA.

Energi Ionisasi

Energi ionisasi pertama adalah energi yang diserap untuk melepas satu elektron dari sebuah atom. Sedangkan energi ionisasi atom kedua adalah energi yang diserap untuk melepas elektron kedua dari sebuah atom, dan seterusnya.

Afinitas Elektron

Afinitas elektron adalah jumlah energi yang dilepaskan ketika sebuah elektron ditambahkan ke dalam kolom atom netral untuk membentuk ion negatif. Sifat nonlogam memiliki nilai lebih tinggi pada afinitas elektron daripada sifat logam. Dan afinitas elektron secara umum terus meningkat sepanjang periode.

Keelektronegatifan

Keelektronegatifan merupakan kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap ataupun menarik kembali elektron dari atom lainnya.







RUMUSAN MASALAH

1. Bagaiman cara menentukan sifat unsur melalui tabel periodik?

2. Apa sifat-sifat yang terkandung dalam sifat unsur kimia?


PEMBAHASAN

Cara Memprediksi Sifat Unsur Menggunakan Golongan & Periode: Langkah

Langkah 1: Identifikasi 'Nomor Golongan' unsur tertentu dalam tabel periodik. Nomor Golongan suatu unsur sama dengan jumlah elektron pada kulit terluarnya.

Jumlah elektron pada kulit terluar (valensi atom tersebut) memberikan sifat kimia/fisika umum dari unsur-unsur tersebut.

Langkah 2: Identifikasi 'Periode' elemen. Periode menunjukkan jumlah orbit (kulit elektron) pada atom tersebut yang berarti seberapa jauh jarak elektron valensi dari inti. Jarak tersebut menentukan keelektronegatifan suatu atom.

Langkah 3: Prediksikan sifat-sifat unsur tertentu dengan bergerak ke bawah dalam golongan dan melintasi periode sesuai dengan tren periodik.







Sifat-sifat suatu unsur dapat diprediksi dengan menggunakan tabel periodik. Kita dapat melihat banyak pola sifat fisik dan kimia unsur-unsur saat kita mengelompok atau bergerak melintasi suatu periode dalam Tabel Periodik. Tren periodik dapat dijelaskan berdasarkan jumlah elektron dan konfigurasi elektron pada tingkat energi.

Tabel Periodik: Tabel periodik adalah susunan unsur-unsur menurut nomor atom, konfigurasi elektron, dan sifat kimianya.







Periode: Baris-baris dalam tabel periodik disebut Periode. Ada tujuh baris dalam tabel periodik.

Golongan: Kolom-kolom dalam tabel periodik disebut Golongan. Ada delapan belas kolom dalam tabel periodik. Dalam satu golongan, semua unsur mempunyai jumlah elektron valensi yang sama, sehingga menunjukkan sifat kimia yang serupa.

Di sisi kiri tabel periodik, golongannya terdiri dari logam, dan di sisi kanan adalah nonlogam.

Nomor Atom: Nomor atom suatu unsur adalah jumlah proton yang terdapat dalam inti setiap atom unsur tersebut. Nomor atom unik untuk setiap unsur. Untuk atom yang tidak bermuatan, nomor atom sama dengan jumlah elektron pada kulitnya.

Nomor atom tercantum pada Tabel Periodik di atas lambang unsur.

Valensi: Jumlah elektron yang ada pada kulit terluar suatu atom disebut valensinya. Valensi menentukan daya reaksi suatu unsur.

Jari-jari Atom: Jarak antara pusat inti atom dengan kulit terluar suatu atom. Ketika Jari-jari Atom tinggi, inti berada jauh dari elektron terakhir. Oleh karena itu, gaya tarik menarik antara inti dan elektron terakhir semakin lemah. Hal ini memudahkan atom melepaskan elektron sehingga meningkatkan reaktivitasnya.

Jari-jari atom berkurang dari kiri ke kanan dalam satu periode. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah proton dan elektron dalam suatu periode.

Jari-jari atom bertambah dari atas ke bawah dalam satu golongan.

Keelektronegatifan: Kemampuan atom dalam senyawa kimia untuk menarik elektron bersama disebut keelektronegatifan. Itu bukanlah kuantitas yang bisa diukur. Hal ini berkaitan dengan sifat logam suatu atom.

Afinitas elektron: Ini adalah jumlah energi yang dilepaskan ketika sebuah elektron ditambahkan ke atom netral.

Energi ionisasi: Energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron dari atom netral.

Keelektronegatifan, afinitas elektron, dan energi ionisasi memiliki tren serupa dalam tabel periodik.


SOAL

1.Gunakan Tabel Periodik yang ditunjukkan untuk mengidentifikasi sifat-sifat Kalium, simbol K 







jawab:

Langkah 1: Jumlah Kelompok Kalium=1

Kelompok1ada di sisi kiri tabel periodik. Unsur-unsur golongan ini disebut Logam Alkali karena jika bereaksi dengan air akan menghasilkan basa.

Valansi=1. Jadi reaktivitasnya tinggi

Karena mereka sangat reaktif, kita harus menjauhkannya dari udara dan air.

Langkah 2: Periode Kalium=4.

Kalium memiliki empat orbit/kulit elektron.

Keelektronegatifannya rendah.

Jari-jari atomnya tinggi

Langkah3:

Prediksi: Kalium adalah logam dan reaktivitasnya tinggi serta elektronegativitasnya rendah.

2. Apa saja sifat yang terdapat dalam Sistem Periodik Unsur Kimia

jawab:

sifat unsur,jari-jari atom,kereaktifan,energi ionisasi,afinitas elektron,keelektronegatifan


DAFTAR PUSTAKA

https://study.com/skill/learn/how-to-predict-properties-of-elements-using-groups-periods-explanation.html

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/sistem-periodik-unsur-klasifikasi-dan-sifat-unsur-dalam-tabel-periodik

https://images.app.goo.gl/v7pGW5E98L6wk92o7

https://etheses.uinsgd.ac.id/38763/4/4_bab1.pdf

5 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.