.

Selasa, 13 Desember 2016

Urgensi dan Definisi Pencemaran Air

Oleh: Siti Sarah Rizkiya

Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air,  yaitu: melalui penguapan, hujan dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara)  menuju laut.

Selain di bumi, sebagian besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan(es),cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.

Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C).

Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Dalam bentuk ion, air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi.

Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu, mamalia seperi lumba-lumba dan ikan paus juga hidup di dalam air. Hewan-hewan seperti amfibi menghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Tumbuhan seperti alga dan rumput laut menjadi sumber makanan ekosistem perairan.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air,. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air.

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.

Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit, dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya. Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari. Sekitar 90% dari kota-kota Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Ditambah lagi selain polusi air merupakan masalah akut di negara berkembang, negara-negara industri/maju masih berjuang dengan masalah polusi juga. Dalam laporan nasional yang terbaru, kualitas air di Amerika Serikat, 45% dari mil sungai dinilai, 47% dari danau hektare dinilai, dan 32% dari teluk dinilai dan muara mil persegi diklasifikasikan sebagai tercemar.

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, kebinasaan ikan, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.
Ciri-ciri air tercemar adalah:
1.    Adanya Perubahan Suhu
2.    Adanya Perubahan pH
3.    Adanya Perubahan Warna, Bau, dan Rasa Air
4.    Adanya Endapan atau Bahan Terlarut
5.    Adanya Mikroorganisme

Ada beberapa jenis pencemaran menurut ahli sebagai berikut:

1.  Pencemaran Mikroorganisme Air

Bukan hanya limbah yang dapat dilihat oleh kasat mata saja yang mampu mencemari air namun juga beberapa mikoorganisme yang tidak kasat mata. Beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri, kuman, protozoa dan parasit kerap kali juga mampu membuat pencemaran pada air. Berbagai mikroorganisme tersebut terdapat di dalam air sebagai hasil dari buangan limbah padat lainnya seperti limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah rumah sakit, limbah industri dan limbah lainnya. adanya berbagai kuman di dalam air ini sangat berbahaya bagi orang yang menggunakan air tersebut karena sangat rawan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Adapun berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air tersebut diantaranya adalah tifus, kolera dan juga disentri.
2.  Pencemaran dari Bahan Arnorganik Nutrisi Tanaman
Saat ini para pelaku pertanian sudah banyak menggunakan pupuk berbahan kimia sebagai pengusir hama dan penyubur tanaman. Hal ini sudah dilakukan sejak lama dan oleh banyak petani. Memang penggunaan pupuk kimia ini mampu meningkatkan jumlah hasil panen dari pertanian tersebut namun disisi lain ada dampak negatifnya yaitu dapat mencemari air di sungai, danau hingga laut dengan menggunakan zat fosfat yang ada di dalam pupuk tersebut. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus maka akan semakin banyak pihak yang mengalami kerugian terutama bagi mereka yang tidak mengerti asal-usul dari pencemaran tersebut. Oleh karena itu sebaiknya anda untuk mempertimbangkan penggunaan pupuk kimia dan pestisida supaya lebih bijak lagi.
3, Pencemar Bahan Kimia Anorganik
Adanya berbagai baha kimia organic di dalam air dapat membuat rasa dari air tersebut berubah dan sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Bahan kimia anorganik tersebut misalnya saja logam, garam dan asam. Biasanya ikan yang berada pada air yang mengandung zat tersebut akan mati dan bukan hanya ikan saja namun juga mandeknya pertumbuhan dari berbagai jenis tumbuhan yang dilalui oleh air tersebut. Ini tentunya tidak baik bagi kelangsungan kehidupan kita.
4. Pencemar Bahan Kimia Organik

Bahan kimia organic yang sering digunakan oleh banyak orang misalnya saja deterjen, minyak, pestisida, larutan pembersih dan pestisida jika terlarut dalam air juga bisa menyebabkan kematian pada ikan yang hidup di air tersebut. Setidaknya terdapat sekitar 700 jenis bahan kimia organic yang terdapat di dalam permukaan air dan jika terus dikonsumsi tanpa ada pemasakan yang benar akan menimbulkan berbagai jenis penyakit misalnya saja ginjal, berbagai jenis kanker dan juga menyebabkan cacat pada kelahiran.

Daftar Pustaka:

Ardiansyah, Rizky. Urgensi Air. 2015. http://rizky14052.blogspot.co.id/2015/01/presentasi-sub-bab-pencemaran-air.html. (diakses tgl 13 Desember 2016)

 

Sari, Maya. Pencemaran Air : Pengertian, Sumber, Jenis dan Akibat. 2016.

http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air. (diakses tgl 13 Desember 2016)

 

Sakti, Zein. Ciri-Ciri Air yang Tercemar Lengkap. 2016. http://awalilmu.blogspot.co.id/2015/10/ciri-ciri-air-yang-tercemar-lengkap.html. (diakses tgl 13 Desember 2016)

 

27 komentar:

  1. @A02-RAHMAT
    POIN : 3

    Artikel dibuat rapi dan mind map nya menarik utk dilihat

    Apa yang terjadi jika semua sumber air tercemar? Dan apa solusinya?

    BalasHapus
  2. @A01-RIKA
    Point 3
    Ok bagus.
    Pertanyaannya
    Jika air sudah tercemar bagaimana cara anda untuk mengembalikan air menjadi layak untuk dimanfaatkan?

    BalasHapus
  3. @A28-ZAKI

    POIN 3

    sudah baik artikel dan mindmapnya

    Apa yg dimaksud urgensi ??

    BalasHapus
  4. @A38-Farida
    Poin 3
    Artikelnya sangat menarik.
    Pada pH berapa air tergolong tercemar?

    BalasHapus
  5. @A21-SYAFIQ

    POINT 3

    Mindmapnya menarik

    Apa contoh pencemar bahan kimia organik ?

    BalasHapus
  6. @A37-ANDIKA
    POINT : 3
    Isi artikelnya menarik

    Bagaimana.. jika air telah limbah kimia organik ?

    BalasHapus
  7. @A12-ZARICA
    Poin 3
    Artikelnya bagus
    Kalau hanya terdapat salah satu ciri2 pencemaran di suatu air, apakah air tersebut termasuk tercemar??

    BalasHapus
  8. @A42-emy , point 3

    apakah pencemaran air bisa di atas dengan cepat?

    BalasHapus
  9. @A24 - TANIA

    POIN 3

    Artikel sudah baik dan bermanfaat

    apa danpak negatif dr pencemaran air?

    BalasHapus
  10. @A39-JOSEPHINE
    POIN 3
    Mindmapnya sudah bagus dan materinya jelas
    Bagaimana cara kita agar dapat mengatasi pencemaran mikroorganisme air?

    BalasHapus
  11. @A07-RONA

    Poin 3

    Mind map dan artikelnya sangat membuat saya paham

    Bagaimana cara memanfaatkan hasil pencemaran air agar bermanfaat?

    BalasHapus
  12. @A05-RAMADHON
    POIN3

    Artikel dan mindmapnya bagus

    Jelaskan pencemaran air apa yg biasanya terjadi didanau dan sungai?

    BalasHapus
  13. @A09-RIZKY

    Poin 3

    Good artikel

    Urgensi itu apa sih??

    BalasHapus
  14. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Mind map sudah bagus

    Apakah udara dapat mencemari air?

    BalasHapus
  15. @A29-Fauzi

    Point 3

    Bagaimana cara menanggulangi pencemaran air?
    Artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
  16. @A32-Varatri

    poin 3

    mind map nya bagus

    BalasHapus
  17. @A13-RIFKA
    POINT 3
    Komentar: bagus dah
    Pertanyaan: gmn caranya kita bisa tau air berubah ph nya?

    BalasHapus
  18. @A17-DHICO
    Poin 3
    Artikelnya sangat bagus
    Apa yang dimaksud dengan urgensi? Dan bagaimana penanggulangan pencemaran air?

    BalasHapus
  19. @A27-RINALDI

    POIN 3

    Artikel bagus dan mindmapnya mudah dipahami

    BalasHapus
  20. @A25-PUTRI

    POIN 3

    Artikel dan mindmap menarik

    Berapakah ph normal air?

    BalasHapus
  21. @A31-ALAM

    POIN 3

    komentar :Artikel dan mind maap nya sangat baik mudah di mengerti

    BalasHapus
  22. @A31-ALAM

    POIN 3

    komentar :Artikel dan mind maap nya sangat baik mudah di mengerti

    BalasHapus
  23. @A31-ALAM

    POIN 3

    komentar :Artikel dan mind maap nya sangat baik mudah di mengerti

    BalasHapus
  24. @A11-DINDA

    POIN 3

    Artikel dan Mindmapnya sangat menarik

    Bagaimana cara kita untuk mengetahui apakah air yang ada dirumah kita sudah tercemar atau tidak?

    BalasHapus
  25. @A06-ANUGGRAH
    Poin 3
    Bagus
    Bagaimana air yg tercemar bisa berubah suhunya?

    BalasHapus
  26. @A15-Raniyah

    Poin 3

    1. Artikel dan Mindmapnya sudah bagus dan jelas

    2. Apakah jika air sudah tercemar bahan kimia anorganik bisa dikembalikan lagi?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.