.

Senin, 11 November 2019

Pencemaran Air



Disusun Oleh : Bagas Fadhlullah Akmal (@P25-BAGAS)

Abstrak
Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain kedalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran air dapat melalui atmosfer, tanah, limpasan, dan limbah. Pencemaran air tidak hanya terjadi pada air permukaan, tetapi juga pada air tanah. Penggunaan herbisida yang berlebihan untuk mengendalikan gulma, secara langsung menyebabkan kontaminasi terhadap air tanah

Kata kunci : Pencemaran air

I. Permasalahan
            Aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air. Bagaimana cara menangani adanya pencemaran udara ?

II. Pendahuluan
            Pencemaran air terjadi setiap saat, ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan dominan yang masuk, ada yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena bau yang menyengat, namun ada pula yang tidak tampak dan tidak berbau. Polutan yang masuk ke perairan bisa berasal dari satu sumber atau beberapa sumber. Dalam kondisi tertentu polutan bisa menyebar ke mana-mana

III. Pembahasan
            Pencemaran air dapat diartikan sebagai terjadinya kerusakan yang dialami oleh ekosistem perairan seperti lautan, sungai, danau, atau sumber air lainnya. Untuk mengidentifikasi pencemaran air dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan mengabil sampel air, kemudia mengukur konsentrasi bahan kimia yang terkandung di dalamnya ( indicator kimia kualitas air ). Jika konsentrasi bahan kimia berbahaya teridentifikasi dan melampaui standar baku air untuk keperluan tertentu, maka air dapat dinyatakan tercemar. Sedangkan cara kedua ialah dengan menganalisis kondisi kehidupan satwa yang habitatnya di sekitar perairan. Jika kondisi kehidupan satwa tersebut relative baik, sehat dan dapat berkembang biak, maka kualitas air relative baik. Jika disekitar badan sungai atau badan perairan lainnya tidak ditemukan kehidupan satwa, dapat diduga kualitas air sudah memburuk.
            Pencemaran air disebabkan karena kegiatan manusia seperti karena membuang sampah sembarangan atau limbah pabrik yang mencemari air. Akibat pencemaran air bisa membuat ikan dan organisme air menjadi mati serta merusak ekosistem air. Bagi manusia, pencemaran air bisa jadi sarang penyakit serta menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor.
Faktor – faktor penyebab pencemaran air adalah sebagai berikut:
1. Sampah organik dan anorganik
Sampah ini adalah salah satu penyebab pencemaran air. Hal ini dikarenakan banyak sekali sampah yang dibuang di sungai. Hal ini menyebabkan air sungai tercemar. Selain itu,

2. Limbah industri
Limbah industri menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu dapat mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum dibuang limbah di9olah terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

3. Pertambangan
Salah satu contohnya adalah pertambangan batubara. Hal ini dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri tersebut dapat kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga dapat mencemari air.

4. Bahan peledak untuk menangkap ikan
Bahan peledak dapat mencemari air laut serta dapat merusak ekosistem di dalamnya, salah satunya adalah ekosistem terumbu karang. Selain itu, dengan bahan peledak anda juga mematikan ikan kecil dan ikan besar sehingga dapat menghambat regenerasi ikan.

5. Peternakan dan perikanan
Limbah kotoran dan sisa – sisa makanan dari ternak jika dibuang di sungai dapat mencemari air. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk melakukan pengelolaan limbah tersebut.

6. Limbah pertanian
Limbah pertanian antara lain adalah jerami, sekam padi, sisa batang, ranting, buah busuk dan lain – lain.

7. Tumpahan minyak di laut
Tumpahan minyak di laut berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem di laut. Namun minyak yang tumpah di laut sering terjadi karena derasnya arus lalu lintas transport minyak.

8. Detergen
Detergen merupakan salah satu contoh limbah ruah tangga. Oleh karena itu, anda harus melakukan pengolahan limbah tersebut dengan baik agar tidak mencemari air di lingkungan sekitar anda.

9. Perusakan hutan
Perusakan hutan juga dapat menjadi penyebab pencemaran air karena jika banyak pohon yang ditebang maka tidak ada lagi yang mampu mengikat air di tanah. Hal ini berefek pada munculnya erosi tanah.

Dampak Pencemaran Air

1. Banjir
                Penumpukan sampah di sungai dan perairan tentu membuat air tersumbat. Efeknya akan terjadi banjir yang tentu merugikan masyarakat.
2. Tanah Longsor
                Tentu bencana tanah longsor sangat merugikan masyarakat karena bisa menyebabkan kerugian materi dan bahkan korban jiwa.
3. Menjadi Sarang Penyakit
            Perairan yang kotor dan tercemar tentu menjadi sumber wabah penyakit bagi manusia, sebut saja seperti kolera, hepatitis dan sebagainya.
4. Merusak Ekosistem Air
            Efek pencemaran air juga berdampak pada terganggunya ekosistem air. Kualitas air yang menurun membuat hewan air menjadi kesulitan bertahan hidup. Akibatnya rantai makanan di air juga menjadai terganggu dan akan merusak ekosistem air secara keseluruhan

Cara Mengatasi Pencemaran Air
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Melakukan pemisahan antara sampah organik dan anorganik
3. Melakukan pengolahan limbah industry, pertanian, peternakan dan perikanan
4. Mencegah terjadinya penggundulan hutan
5. Menempatkan industry pabrik di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk

IV. Kesimpulan
            Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain kedalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran air terjadi setiap saat, ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan dominan yang masuk, ada yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena bau yang menyengat, namun ada pula yang tidak tampak dan tidak berbau. Pencemaran air sangat merugikan masyarakat, salah satu dampak dari pencemaran air adalah banjir, cara menangani agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Daftar Pustaka
Anonim. 2015. Sebab dan Akibat Pencemaran Air serta Cara Mengatasinya. https://www.academia.edu/34926807/Sebab_dan_Akibat_Pencemaran_Air_serta_Cara_Mengatasinya. Diakses pada 10 November 2019
Hidayat, A A, Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri.
Zakky. 2018. Pencemaran Air | Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contohnya. https://www.zonareferensi.com/pencemaran-air/. Diakses pada 10 November 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.