.

Minggu, 06 Oktober 2019

Kesetimbangan Kimia


Abstrak
Hukum Kesetimbangan Kimia dikemukakan oleh Guldberg dan Waage pada tahun 1866. Hukum kesetimbangan kimia ini dikenal juga dengan istilah Hukum Aksi Massa. Dalam hukum tersebut dikemukakan bahwa pada suhu dan tekanan tertentu perbandingan hasil kali konsentrasi zat-zat disebelah kanan persamaan reaksi akan sama dengan dengan konsentrasi zat-zat sebelah kiri yang masing-masing dipangkatkan dengan koefesien reaksinya adalah tetap. Zat-zat di sebelah kanan adalah zat hasil reaksi sedangkan zat-zat di sebelah kiri adalah zat pereaksi.

Kata Kunci: Kesetimbangan


I.                     Pendahuluan:
Pengertian kesetimbangan, dapat dilihat dari asal katannya. Kesetimbangan berasal dari kata setimbang. Dalam bahasa Indonesia setimbang dapat diartikan sebagai suatu kedaan dimana dua benda memiliki berat dan kedudukan serta berada dalam posisi yang sama. Sedangkan berdasarkan ilmu kimia kimia setimbang merupakan dua proses memiliki keadaan yang berlawanan arah. Proses tersebut berlangsung secara terus menerus dan bersifat simultan. Namun, pada kesetimbangan tersebut tidak terdapat perubahan yang dapat diamati dan di ukur.. kesetimbangan kimia dapat diartikan sebagai suatu keadaan reaksi bolak-balik dengan kesamaan laju reaktan dan laju terbentuknya produk serta konsentrasinya tetap. Reaksi tersebut terjadi secara bolak balik (memiliki dua arah yang berbeda) dan berlangsung secara terus menerus.
II.                   Permasalahan
·       Apa itu kesetimbangan kimia
·       Perbedaan kesetimbangan homogen dengan kesetimbangan heterogen
·       Bagaimana penerapan kesetimbangan kimia pada bidang industri

III.                 Pembahasan
Pengertian kesetimbangan kimia.
Kesetimbangan kimia adalah ilmu yang mempelajari semua proses yang dapat berlangsung dua arah, artinya proses atau reaksi yang dapat balik. Pada saat keadaan setimbang, tidak akan terjadi perubahan secara makrokopis, artinya perubahan yang dapat diamati atau diukur, tetapi reaksi terus berlangsung dalam dua arah dengan kecepatan yang sama. Jadi kesetimbangan kimia bersifaat dinamis, jika ion  dan  dicampur, laju perubahan  dan  setiap saat selalu berubah.
Perbedaan antara kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen:
a.       Tetapan kesetimbangan
Kesetimbangan homogen adalah suatu kesetimbangan yanghanya terdiri atas satu fasa atau reaksi dalam dimana semua spesies pereaksi ada dalam fase yang sama

b.       Kesetimbangan Heterogen
Sistem kesetimbangan heterogen adalah suatu sistemkesetimbangan yang komponen zatnya mempunyai fasa berbeda atau lebih dari satu.


Penerapan Reaksi Kesetimbangan Di Industri
1.       Pembentukan amonia dengan proses Haber Bosch
Proses Haber Bosch dalam bidang industri contohnya pada pembuatan ammonia (NH3) merupakan senyawa nitrogen yang sangat penting bagi kehidupan, terutama sebagai bahan pembuatan pupuk adan sebagai pelarut yang baik untuk berbagai senyawa ionic dan senyawa polar. Amonia dibuat berdasarkan reaksi antara gas nitrogen dengan hydrogen.
2.       Pembentukan belerang trioksida pada proses kontak
Reaksi ini menyerupai sintesis ammonia karena reaksi yang terjadi adalah eksoterm dan terjadi penurunan volume untuk mengatasi SO3 yang optimum operasi atau reaksi dilakukan pada temperature rendah, tekanan tinggi, dan gas oksigen berlebihan, tetapi proses tidak ekonomis karena laju reaksinya rendah.
3.       Pembentukan Nitrogen Oksida
Reaksi pembentukan NO merupakan reaksi eksoterm, maka jika temperatur dinaikkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah penyerapan kalor atau ke arah reaksi endoterm. Dengan demikian, pembentukan NO akan bertambah pada kenaikan temperatur. Selain itu, hasil NO semakin bertambah bila gas N2 dan O2 berlebihan.
4.       Asam Sulfat digunakan pada industri baja untuk menghilangkan karat besi sebelum baja dilapisi timah atau seng. Pada pembuatan zat warna, obat-obatan pada proses pemurnian logam dengan cara elektrolisis pada industri tekstil, zat, plastik, akumulator, bahan peledak,dan lain-lain. Pendeknya, banyaknya pemakaian asam sulfat di suatu negara telah dipakai sebagai ukuran kemakmuran negara tersebut.

Kesetimbangan Dinamis dalam Kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari banyak hal di alam yang mengalami kesetimbangan dinamis. Contoh beberapa proses yang termasuk ke dalam proses kesetimbangan dinamis yaitu sebagai berikut :
  • ·       Proses pemanasan air dalam wadah tertutup
  • ·       Proses pelarutan zat padat dalam air
  • ·       Proses pada penguapan air dari permukaan bumi


IV.                Kesimpulan
Kesetimbangan kimia berlangsung dua arah dan perubahannya dapat diamati atau diukur, tetapi reaksinya terus berlangsung dalam dua arah dengan kecepatan yang sama. Sistem kesetimbangan homogen terjadi bila dalam system terdapat satu fasa. Sedangkan jika fasa komponen zat lebih dari satu atau berbeda disebut kesetimbangan heterogen. Reaksi kesetimbangan dapat digunakan pada industry.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.