.

Sabtu, 05 Oktober 2019

Kesetimbangan kimia


ABSTRAK

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu konsep dalam kimia yang bersifat kompleks dan sulit untuk dipelajari. Materi kesetimbangan kimia mencakup konsep terdefinisi, konsep abstrak, hitungan matematis dan grafik. Dalam mempelajari kesetimbangan kimia dituntut untuk menguasai beberapa konsep lain yang berkaitan seeperti konsep tantang konsentrasi, gas, konsep mol dan stoikiometri.

I.PENDAHULUAN

Reaksi kesetimbangan merupakan reaksi reversible di mana zat-zat hasil reaksi dapat bereaksi kembali membentuk zat zat pereaksi, Reaksi ini akan berlangsung bolak balik terus menerus tidak pernah berhenti, inilah yang disebut sebagai Reaksi Kesetimbangan Dinamis, Keadaan setimbang adalah suatu keadaan dimana laju reaksi ke arah kanan (pembentukan hasil reaksi) sama dengan laju reaksi ke arah kiri (pembentukan zat-zat pereaksi). 
Digambarkan : mA + nB ⇄ pC + qd

II. PERMASALAHAN


  1. Apa itu kesetimbangan kimia?
  2. Faktor apa saja yang mempengaruhi kesetimbangan kimia?
  3. Bagaimana cara menghitung kesetimbangan kimia?


III.PEMBAHASAN

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA
Asas le chatelier : Bila suatu kesetimbangan diberikan suatu aksi/tindakan, maka sistem tersebut akan mengadakan reaksi yang cenderung mengurangi aksi tersebut. Factor factor yang menyebabkan pergeseran kesetimbangan  kimia adalah sebagai berikut :

Perubahan Konsentrasi zat
Pada reaksi kimia jika konsentrasi suatu zat ditambah atau dikurangi, akan menyebabkan pergeseran pada kesetimbangannya. Jika konsentrasinya ditambah, kesetimbangan akan bergerak menjauhi zat yang ditambahkan konsentrasinya. Begitu pula sebaliknya, jika konsentrasi zat dikurangi maka kesetimbangan akan bergerak mendekati zat yang dikurangi konsentrasinya.

Perubahan tekanan dan volume 
Tekanan dan volume mempengaruhi kesetimbangan kimia. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa tekanan dan volume merupakan dua hal yang berbanding terbalik dalam kesetimbangan kimia. Namun keduanya dapat menyebabkan pergeseran kesetimbangan kimia. Pengaruh tekanaan dan volume terhadap kesetimbangan yaitu:


  • Jika pada suatu sistem tekanan ditambahkan dan volumenya diperkecil, akan menyebabkan reaksi kesetimbangan mengalami pergeseran ke arah zat yang jumlah molekulnya lebih kecil, Pergeseran terjadi kearah kanan.
  • Jika pada suatu sistem tekanan diperkecil dan volume diperbesar akan  menyebabkan reaksi kesetimbangan bergeser ke arah yang jumlah molekulnya lebi besar, Pergeseran terjaadi kearah kiri.


Perubahan temperatur
Temperatur akan menyebabkan pergeseran kesetimbangan. Temperatur ini berkaitan dengan kalor, sehingga arah pergeseran kesetimbangan kimia adalah pada zat yang menerima (membutuhkan) kalor dan zat yang melepaskan kalor. Jika temperatur dinaikkan pergesaran kesetimbangan kimia akan menuju ke arah reaksi yang membutuh kalor. Sebaliknya, jika temperatur diperkecil, pergeseraan kesetimbangan kimia akan menuju ke arah reaksi yang melepaskan kalor.

CIRI – CIRI KESETIMBANGAN KIMIA

Ciri-ciri keadaaan setimbang adalah sebagai berikut:

  • Reaksi terjadi dalam tempat atau wadah tertutup dengan suhu dan tekanan yang tetap.
  • Merupakaan reaksi yang bersifat dinamis (terjadi secara terus menerus).
  • Reaksi terjadi dalam dua arah yang berlawanan.
  • Laju reaksi ke reaktannya sama dengan laju reaksi ke produknya.
  • Produk dan reaktan memiliki konsentrasi yang sama.
  • Merupakan reaksi yang terjadi secara mikroskopik (reaksi pada tingkat partikel zat).

Macam-macam KesetimbanganBerdasarkan  fase  dari  zat-zat  yang  terlibat  dalam  reaksi  kesetimbangan,  maka  kesetimbangan dibedakan sebagai :

1.Kesetimbangan homogen
 Kesetimbangan homogen adalah jenis kesetimbangan dimana semua zat-zat yang terlibat dalam reaksi kesetimbangan tersebut memiliki fase yang sama, misalnya :

a.Reaksi peruraian N2O4

N2O4(g) ⇄ 2NO2(g) Disini baik N2O4 maupun NO2 berada pada fase gas

b.Reaksi sintesis NH3

N2(g)+ 3H2(g) ⇄ 2NH3(g)

2.Kesetimbangan heterogen 

Kesetimbangan  heterogen adalah  jenis  kesetimbangan  dimana  semua  zat-zat  yang  terlibat dalam reaksi kesetimbangan tersebut memiliki fase yang berbeda, misalnya :

a.Pemanasan CaCO3dalam wadah tertutup

CaCO3(s) ⇄ CaO(s)+ CO2(g)

b.Pelarutan endapan perak kromat

Ag2CrO4(s) ⇄ 2Ag(aq)+ CrO42-(aq)

HUKUM KESETIMBANGAN MENURUT GULDBERG DAN WAAGE
Besarnya konstanta kesetimbangan dalam suatu reaksi (Kc) adalah hasil kali konsentrasi zat-zat hasil reaksi dipangkatkan koefisiennya dibagi hasil kali konsentrasi zatzat pereaksi dipangkatkan koefisiennya.

TETAPAN KESETIMBANGAN
Tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi: Reaksi : pA + qB ⇄ mC + nD

Kc = (〖(C)〗^m  〖(D)〗^n)/(〖(A)〗^p  〖(B)〗^q )

(Harga Kc dipengaruhi oleh suhu) Untuk kesetimbangan heterogen, hanya zat yang berfase gas (g) dan larutan (aq), karena konsentrasi zat padat atau cairan murni adalah konstan.

DERAJAT DISOSIASI

Pada reaksi penguraian, banyaknya zat yang terurai dapat diketahui dari derajat penguraiannya (derajat disosiasi). Derajat disosiasi ( α ) dapat dinyatakan dalam fraksi atau dalam persentase, dengan rumus:

α = (mol terurai)/(mol mula mula)  atau  (mol terurai)/(mol mula mula) x 100%

TETAPAN KESETIMBANGAN (Kp)
Tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan parsial (Kp)

Reaksi : pA + qB ⇄ mC + nD

Kp = (〖(PC)〗^m   〖(PD)〗^n)/(〖(PA)〗^p  〖(PB)〗^Q )

HUBUNGAN ANTARA Kc DAN Kp

Kp = 〖Kc (RT)〗^∆n

Ketetrangan =
R = tetapan gas ideal = 0,082 L.atm.mol-1 K-1
T = suhu (K)
∆ n = jumlah koefisien zat-zat hasil - reaksi–koefisien zat-zat pereaksi

Contoh soal =
Dalam suatu ruang 1 liter pada suhu T°C terdapat dalam keadaan setimbang 2 mol NH3, 1 mol O2, dan 2 mol H2 menurut persamaan reaksi:

Tentukan harga tetapan kesetimbangan Kc pada suhu tersebut!
Pembahasan
Tetapan kesetimbangan reaksi di atas


Karena volumnya adalah satu liter, maka konsentrasinya tinggal masukkan molnya masing-masing.


IV.  KESIMPULAN

kesetimbangan akan terjadi bila suatu reaksi kimia dapat berlangsung dua arah. (ada saat kesetimbangan tercapai, kecepatan reaksi ke kiri adalah samadengan kecepatan reaksi ke kanan. sistem kesetimbangan homogen terjadi bila dalam sistem terdapat satu fasa. sedangkan jika fasa komponen zat lebih dari satu atau berbeda disebut kesetimbangan heterogen. Kp atau Kc merupakan tetapan pada temperatur tertentu yang tetap dan hanya berlaku untuk gas. Dengan demikian, kesetimbangan reaksi dipengaruhi oleh konsentrasi, tekanan, volume, dan temperatur.

DAFTAR PUSTAKA


Tri yunita maharani, effendi,yahmin. Vol.1 . 2016. Mengatasi meskonsepsi kesetimbangan kimia. http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Tri-Yunita-705-714.pdf
Susanto budiono. 2011. Kesetimbangan kimia. https://docplayer.info/29596396-Modul-ii-kesetimbangan-kimia.html
Mega fratiwi. 2019. Kesetimbangan kimia. https://www.academia.edu/11157238/Makalah_kesetimbangan_kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.