.

Sabtu, 14 September 2019


POLIMER


Disusun oleh : @N10-FATHAN











ABSTRAK

Pengetahuan yang dimiliki manusia terus menerus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ilmu pengetahuan manusia mendorong dihasilkannya teknologi-teknologi baru. Satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi baru adalah material material baru yang ikut menunjang perkembangan teknologi tersebut.

Kata kunci : Polimer

I . PENDAHULUAN

Sumber daya alam banyak menyediakan bergam jenis polimer, mulai dari protein, selulosa, katun dan wol. Semua bahan alami tersebut tergolong makromolekul. Berbagai hasil penelitian mengenai polimer telah terbukti dapat memperbaiki kesejahteraan hidup manusia, terutama melalui aplikasinya untuk bidang pertanian, kedokteran, dan industri.

II . PERMASALAHAN

Apa itu Polimer? Apa saja kegunaannya?

III . PEMBAHASAN

PENGERTIAN

Polimer berasal dari bahasa Yunani yaitu poli (banyak) dan meros (bagian). Istilah Polimer digunakan untuk menerangkan senyawa-senyawa yang memiliki berat molekul relatif besar dan dibentuk dari serangkaian monomer-monomer kecil dan sederhana. Contoh polimer sederhana adalah polietena yang terdiri atas unit-unit ulang etena. Polietena dibentuk dari reaksi polimerisasi yang terjadi pada molekul-molekul etena. Etena kemudian disebut sebagai monomer, prekursor dari polietena. Kebanyakan polimer adalah senyawa organik, dan tersusun atas molekul hidrokarbon. Molekul hidrokarbon penyusun polimer organik dapat berikatan tunggal, rangkap dua maupun rangkap tiga.

JENIS-JENIS POLIMER

Belakangan ini terdapat enam jenis polimer yang palin banyak digunakan (meliputi sekitar 98% dari seluruh polimer dan plastik  yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari) diantaranya :
·        Polyethylene
·        Polypropylene
·        Polyvinyl Chloride
·        Polyethylene Terephthalate
·        Polystyrene
·        Polycarbonate
Setiap jenis polimer memiliki sifat degradasi dan ketahanan panas, cahaya, dan kimia berlainan.

KEGUNAAN POLIMER DALAM KEHIDUPAN

Berdasarkan kegunaannya polimer dikelompokan menjadi :
1.      Elastomer sering disebut karet, bersifat dapat dipantulkan dan diulur, antara lain sebagai bahan pembuatan bola dan sarung tangan lateks.
2.      Fiber (serat) sering disebut sebagai tekstil, antara lain untuk bahan pembuatan baju dan karpet.
3.      Plastik (memiliki kemampuan untuk dicetak), meliputi jenis termoplastik dan termoseting, misalnya untuk pembuatan piring, mainan, dan sebagainya.

APLIKASI POLIMER

Berdasarkan aplikasinya polimer dikelompokan menjadi :
1.      Polimer Komersial (commodity polymers), dihasilkan di negara berkembang, harganya relatif murah dan banyak dipakai dalam kehidupan sehari hari. Contoh : Polietilen (PE), polipropilen (PP), polistirena (PS), polivinilklorida (PVC), melamin formaldehid.
2.      Polimer Teknik (engineering polymers), sebagian dihasilkan di negara berkembang dan sebagian lagi di negara  maju. Harganya relatif mahal dan canggih dengan sifat mekanik yang unggul dan daya tahan yang lebih baik. Contoh : Nylon, polikarbonat, polisulfon, dan polyester.
3.      Polimer Fungsional (functional polymers), dikembangkan di negara maju dan dibuat untuk tujuan khusus dengan produksinya dalam sekala kecil. Contoh : Kevlar, polimer peka cahaya, membrane, dan biopolymer.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, polimer memiliki sifat-sifat intrinsik yang amat berguna pada pembuatan produk-produk baru. Manfaat yang paling menonjol adalah berat jenis yang rendah sehingga memudahkan instalasi dan transportasinya, dan akhirnya dapat menurunkan biaya produksi. Selain itu, tentu saja ketahanannya pada korosi, yang amat diperlukan pada pembuatan benda atau bangunan yang didisain agar tahan lama. Kelebihan lainnya adalah luasnya spektrum variasi polimer dilihat dari sifat fisik dan mekanik, kemudahan untuk dibentuk, diisi, dan diwarnai.

DAFTAR PUSTAKA :


  • Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
  • Yuliani Galih. 2009. Gambaran Umum Tentang Polimer. Jurnal Kimia Polimer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.