.

Minggu, 08 November 2020

PENCEMARAN UDARA DI KOTA JAKARTA

Oleh : Tasya Reviana Azhari (@R17-Tasya)


Abstrak

        Manusia setiap hari tidak terlepas dari yang namanya udara. udara merupakan hal terpenting bagi kehidupan di dunia ini karena didalam udara terdapat sekitar 21% oksigen. Tetapi, jika udara telah tercemar dengan berbagai zat yang berbahaya akan berdampak buruk bagi setiap orang yang menghirupnya. Jakarta merupakan salah satu kota yang termasuk dalam kota yang memiliki polusi udara tertinggi di indonesia. Penyebab dari polusi udara di jakarta itu sebagian besar berasal dari kendaraan tetapi ada penyebab lain yaitu pembangunan infrastruktur, asap rokok, dan limbah rumah tangga. Dampak yang ditimbulkan dari polusi udara dapat berdampak bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Untuk mengurangi dampak polusi udara terdapat beberapa hal yang harus dilakukan salah satunya adalah mengurangi kendaraan bermotor. Oleh karena itu, jaga lingkungan sekitar dan mengurangi hal-hal yang dapat menyebabkan polusi terlebih polusi udara agar udara di Jakarta menjadi lebih baik.

Kata kunci : polusi udara, Jakarta, dampak, penanggulangan.


PENDAHULUAN

 


        Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi. Jakarta sebagai pusat bisnis, politik, kebudayaan dan juga tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekertariat swasta dan luar negeri. Karena itu setiap hari kota jakarta selalu ramai dengan kendaraan baik itu kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Banyaknya kendaraan yang ada di kota Jakarta membuat kualitas udara jakarta menjadi buruk. Pada tanggal 8 november 2020 dilihat dari www.aqiair.com kualitas udara di Jakarta tergolong udara yang tidak sehat bagi kelompok sensitif dan berada di peringkat ke 3 udara terburuk di Indonesia karena indeks kualitas udaranya adalah 124 AQI US dan polutannya adalah PM2.5. 


PERMASALAHAN

1. Apa itu pencemaran udara ?

2. Apa saja peyebab pencemaran udara di kota Jakarta ?

3. Dampak apa saja yang dapat didapatkan oleh masyarakat jika tidak segera menanggulangi polusi udara di jakarta ?

4. Bagaimana cara menanggulangi polusi udara yang ada di jakarta ?


PEMBAHASAN


PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA

        Pencemaran udara menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 41 Tahun 1999 atau PP41/1999 pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi dan/atau komponen lain kedalam udara ambien oleh kegiatan manusia sehingga mutu udara ambien turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

        Menurut Salim yang dikutip oleh Utami (2005) pencemaran udara diartikan sebagai keadaan atmosfir, dimana satu atau lebih bahan-bahan polusi yang jumlah dan konsentrasinya dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup, merusak properti, mengurangi kenyamanan di udara. Berdasarkan definisi ini maka segala bahan padat, gas dan cair yang ada di udara yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman disebut polutan udara.

        Sedangkan menurut Mukono (2006), yang dimaksud pencemaran udara adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat dideteksi oleh manusia (atau yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material karena ulah manusia (man made).

        Jadi, pencemaran udara adalah masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.


PENYEBAB PENCEMARAN UDARA DI JAKARTA

1. Kendaraan 

Jumlah kendaraan dari tahun ke tahun di Jakarta selalu meningkat. Penambahan jumlah kendaraan berbanding lurus dengan pemakaian kendaraaan. Hal ini berhubungan langsung dengan polusi udara di Jakarta yang semakin meningkat. Karena semua kendaraan pasti menggunakan bahan bakar yang mengandung senyawa hidrokarbon yang kemudian dibakar menjadi karbondioksida dan air. Hasil pembakaran tidak sempurna dari kendaraan akan menghasilkan karbonmonoksida yang merupakan gas beracun. Nitrogen oksida dan senyawa volatil. Zat-zat tersebut menjadi zat polutan yang mempengaruhi kualitas udara.

2. Pembangunan infrastruktur 

Pembangunan infrastruktur juga salah satu penyebab polusi di Jakarta. Proses pembangunan infrastruktur memberi kontribusi penyebab polusi udara. Selain itu sampah-sampah yang tidak diolah dengan baik juga akan menambah polusi udara.

3. Asap rokok

Meski asap rokok tidak sebesar dari asap kendaraan, tetapi asap pembakaran rokok juga turut berkontribusi dalam memperparah kualitas udara di Jakarta. Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Limbah rumah tangga

Produk rumah tangga banyak yang mengandung emisi yang dapat menipiskan lapisan ozon seperti sabun, sampo, deodoran, dan penyegar udara yang mengandung sekitar 38% terhadap emisi VOC (senyawa organik volatil).


DAMPAK PENCEMARAN UDARA

Dampak terhadap lingkungan 

1. Pemanasan Global

Perubahan suhu yang ada disekitar menjadi panas sehingga meningkatnya air laut karena mencairnya es yang ada di kutub utara.

2. Hujan Asam

Gas berbahaya seperti nitrogen oksida dan sulfur oksida yang akan dilepaskan ke atmosfer. Saat hujan, teteasan air akan bergabung dengan polutan udara ini menjadi asam dan kemudian jatuh ke tanah dalam bentuk hujan asam. Hujam asam dapat menyebabkan kerusakan besar pada manusia, hewan, dan tanaman.

3. Menipisnya Lapisan Ozon

Ozon ada di stratosfer bumi dan berfungsi melindungi manusia dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Jika lapisan ozon menipis akan mengakibatkan tembusnya sinar UV ke bumi dan menyebabkan masalah kulit dan mata.


Dampak terhadap kesehatan

1. Menimbulkan gangguan pernapasan

Partikel-partikel polusi udara dan debu dapat menimbulkan gangguan pernapasan seperti asma.

2. Dapat menimbulkan kanker paru paru

Zat zat berbahaya yang terdapat diudara jika dihirup juga dapat menimbulkan kanker paru-paru.

3. Meningkatkan resiko sakit jantung

Zat berbahaya seperti karbon hitam dan nitrogen oksida, yang terdapat pada asap kendaraan, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Mudah terkena infeksi

Polusi udara bisa meningkatkan kejadian infeksi paru-paru, terutama pada anak-anak.

5. Bisa menghambat perkembangan anak

Paparan terhadap udara yang berkualitas buruk, bisa menghambat perkembangan paru-paru pada anak. Akibatnya, paru-paru tidak bisa berfungsi dengan optimal saat dewasa.

6. Membuat jaringan di paru-paru meradang

Dampak pencemaran udara ini bisa menyerang orang yang paru-parunya sehat, maupun individu dengan riwayat asma dan penyakit paru lainnya.

7. Meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada janin

Paparan polusi udara pada ibu hamil, bisa meningkatkan risiko berat badan lahir rendah, hingga kematian bayi.

8. Bisa menimbulkan penyakit paru lainnya

Dampak pencemaran udara yang paling umum, seperti batuk dan sesak napas bisa terjadi. Namun, kondisi lain seperti penyakit paru obstruktif kronis juga bisa bertambah parah, dengan adanya udara yang kotor.

9. Bisa mempercepat kematian 

Jika tubuh terpapar udara yang kotor secara terus-menerus dalam jangka panjang, maka angka harapan hidup juga akan semakin pendek.

Oleh karena itu agar tidak terdampak polusi udara sebaiknya jika keluar rumah menggunakan masker untuk mengurangi menghirup udara kotor.


CARA MENANGGULANGI POLUSI UDARA

1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Asap yang timbul dari kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang polusi udara paling besar. Karena itu, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor bisa menjadi langkah yang signifikan untuk mengurangi pencemaran yang terjadi.

2. Menanam pohon lebih banyak disekitar rumah

Dengan adanya pohon dapat membatu mengurangi karbondioksida yang ada di udara. Karena pohon dapat mengolahnya menjadi oksigen.

3. Menggurangi atau menghentikan kebiasaan merokok

Asap rokok merupakan salah satu penyebab polusi udara di dalam ruangan yang paling umum. Sehingga, menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi polusi udara yang ampuh.

4. Tidak membakar sampah

Membakar sambah dapat menyumbangkan pencemaran udara yang ada disekitar, sebaiknya sampah yang sudah tidak digunakan dibuang pada tempat pembuangan sampah atau bisa dikubur.

5. Membatasi penggunaan listrik dan penggunaan produk rumah tangga yang mengandung emisi.

Dengan mengurangi penggunaan listrik dan produk rumah tangga yang mengandung emisi dapat mengurangi polusi udara dan menghambat penipisan lapisan ozon sehingga tidak terjadi pemanasan global.


KESIMPULAN 

        Pencemaran udara adalah masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran udara disebabkan dari berbagai hal dan dapat berdampak bagi lingkungan sekitar serta berdampak bagi kesehatan diri sendiri. Oleh sebab itu, untuk mengurangi polusi udara yang terdapat di Jakarta sebaiknya menjaga lingkungan sekitar serta mengurangi pemakaian kendaraan dan produk rumah tangga yang menyebabkan pencemaran udara.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2013. Makalah pencemaran udara 

https://kanalispolban.wordpress.com/chemlib/makalah/makalah-pencemaran-udara/

Nina Hertiwi Putri. 2019. 9 Dampak Pencemaran Udara untuk Kesehatan yang Perlu Diwaspadai. 

https://www.sehatq.com/artikel/dampak-pencemaran-udara-untuk-kesehatan-perlu-diwaspadai

Nina Hertiwi Putri. 2020. Mulai Dari Sendiri, Ikuti Cara Mengatasi Polusi Udara Ini.

https://www.sehatq.com/artikel/mulai-dari-sendiri-ikuti-cara-mengatasi-polusi-udara-ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.