.

Kamis, 05 September 2019

APAKAH ITU KIMIA



Oleh : Ivan Jati Purnomo, @P22-IVAN 


Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi.Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.
Ada beberapa ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap kimia ,antara lain diartikan sebagai ilmu alam yang secara khusus mempelajari tentang perubahan materi, yang meliputi perubahan secara kimia dan fisika.dalam hal ini perubahan materi dapat di pelajari melalui perubahan energi yang menyertai perubahan materi.

Ada juga pendapat yang menyatakan kimia bahwa kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya. Adapun pemahaman tentang materi ialah apapun yang dapat menempati ruangan mempunyai massa. Dengan demikian pada dasarnya kimia mengupas-tuntas mengenai materi dan perubahannya. Perubahan kimia atau lebih populer dengan istilah reaksi kimia memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal .Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari industri, pertanian, keodkteran, kontruksi, dan sebagai nya . Namun disisi lainya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, Banyak juga diantaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.

Kimia merupakan disiplin ilmu yang memepelajari sifat, komposisi, dan tranformasi materi. Kmia sebenarnya ilmu yang sangat penting dan begitu menarik Bagaimana tidak. Tubuh manusia saja tersusun atas beragam organ, Organ meliputi berbagai kelenjar, kelenjar terususun atas jaringan, jaringan meliputi sel, sel terbentuk oleh beragam komponen Amino, dan sebagainya.

Disisi lainnya manusia merupakan makhluk berfikir. Ternyata berfikir itu menggunakan organ yang namanya otak. Menurut berbagai pengkajian ternyata proses berfikir merupakan serangkaian proses bio kimia. Dalam hal ini ridak hern jika ada yang menghubungkan kedekatan antara kimia dan Psikologi.Perilaku Manusia turut dipengaruhi oleh beragam reaksi bio kimia terutama yang terjadi dalam organ otaknya. Oang bisa menjadi marah atau bahagia karena ada berkaitan dengan Hormon.Hormon adalah zat kimia yang terbentuk dalam suata organ atau bagian tubuh tertentu,lalu diabawa dalam aliran darah meunuju organ atau bagian tubuh tertentu dengan menghasilkan efek fungsional tertentu.

Sebagai contoh di bagian bawah otak terdapat kelenjar pituitari yang menghasilkan berbagai macam hormon seperti endorphin. Ternyata endorphin merupakan hormon kebahagiaan yang berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan semangat, memperkuat daya tahan tubuh, memperbaiki kreativitas, meremajakan sel otak,melawan penuaan, dan menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia. Sebuah studi menunjukan bahwa cara kerja hormon endorphin seperti morphine, dengan daya kerja sekitar 200 kali lebih besar. Temuan lainnya, ternyata dengan mengkonsumsi kopi dan coklat sebagai minuman dapat meningkatkan produksi hormon endorphin.

Terdapat reaksi kimia tertentu antara komponen yang ada dalam hormon endorphin dengan komponen yang terkandung dalam kopi atau coklat yang menimbulkan reaksi fisik dan psikis tertentu pada tubuh manusia. Kimia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjelaskan dan memberikan pemahaman mengenai berbagai hal yang ada dalam kehidupan manusia atau apapun di dunia ini. Dalam hal ini pengkajian kimia secara eksploratif dapat memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan sehingga berbagai aspek dalam kehidupan dan keberadaan dunia ini bisa lebih dipahami.

Pengertian ilmu kimia, Sejarah, Cabang, Manfaat dan Sifat : Adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat.
Ilmu Kimia, berasal dari bahasa Arab, yaitu al-kimia yang berarti perubahan materi, oleh ilmuwan Arab Jabir bin Hayyan(700-778M).

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat. Ilmu ini akan erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiaman pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Kimia analitik menggunakan pengamatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengidentifikasi dan mengukur sifat fisik dan kimia zat. Dalam arti, semua kimia itu analitis. Biokimia adalah studi tentang proses kimia yang terjadi pada organisme hidup. 

Ilmu kimia membahas semua materi tentang:


1. Susunannya dan strukturnya.
2. Sifatnya.
3. Perubahannya.
4. Energi yang menyertai perubahannya.
Misalkan kita membahas “air”. Maka secara sederhana yag dipelajari oleh ilmu kimia tentang air adalah mengenai:
1. Bagaimana atom-atom hidrogen dan oksigen tersusun dalam sebuah molekul air dengan membentuk struktur molekul.
2. Bagaimana sifat-sifat air dihubungkan dengan susunan dan struktur tadi.
3. Perubahan apa yang terjadi pada air (erat kaitannya dengan reaksi kimia).
4. Seberapa besar energi yang dihasilkan atau diserap pada perubahan tersebut.
Lalu, alkuna adalah senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang memiliki ikatan rangkap tiga pada molekulnya. Kemudian, isomer senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama (jumlah atom-atomnya sama) tetapi memiliki struktur molekul yang berbeda. Kemudian, kamu akan memahami hubungan senyawa hidrokarbon dan minyak bumi.
Hal-hal di atas merupakan konsep dasar, masih banyak hal yang harus kamu pelajari. Untuk mendukung proses belajar kamu, Wardaya College memberikan banyak video pembelajaran yang akan menjelaskan kamu mengenai materi ini. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan latihan berupa contoh soal kimia organik dari Wardaya College.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A A; Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.
Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia (diunduh 19 Agustus 2007)






                                                                                                           








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.