.

Rabu, 07 Februari 2018

Memperbaiki Penanggulangan Sampah Guna Mengurangi Polusi Udara

Oleh : Yehezkiel Theo Parlindungan M, (@F19-Yehezkiel)




ABSTRAK
Pencemaran udara tak lain merupakan kerusakan yang terjadi secara sistematis pada salah satu bagian atmosfer, tepatnya lapisan troposfer. Polutan yang dilepaskan dari permukaan Bumi akan masuk langsung ke lapisan troposfer sebagai bagian atmosfer yang bersinggungan langsung dengan permukaan Bumi.

Kata Kunci : Pencemaran udara, Pembakaran Sampah, Penanggulangan Sampah
ISI
            Menurut Akhadi (2013) dalam Hidayat (2017), pencemaran udara tak lain merupakan kerusakan yang terjadi secara sistematis pada salah satu bagian atmosfer, tepatnya lapisan troposfer. Polutan yang dilepaskan dari permukaan Bumi akan masuk langsung ke lapisan troposfer sebagai bagian atmosfer yang bersinggungan langsung dengan permukaan Bumi. Selanjutnya dikemukakan, bahwa kegiatan pembangunan yang berkembang pesat, terutama karena penerapan teknologi modern dalam aktivitas industry, telah menyebabkan perubahan kondisi lingkungan secara dramatis, diantaranya komposisi udara.

Menurut Hidayat (2017), pencemaran udara sangat membahayakan kehidupan manusia, urgensinya ialah berkaitan dengan sistem pernafasan dan kualitas kesehatan manusia secara keseluruhan yang sangat membutuhkan oksigen.

Menurut paparan Hart (2015) dalam Hidayat (2017), bahwa sel-sel kanker tidak dapat tumbuh dalam lingkungan yang kaya oksigen.

Sampah mengandung berbagai bahan beracun seperti logam berat, insektisida, dan sebagainya, sehingga manusia yang kontak langsung dengan sampah dapat berisiko mengalami gangguan pencernaan kronik. Oleh karena itu, menurut Burhanudin (2008) dalam Mulasari (2016), perlu berhati-hati terhadap sampah yang banyak dan menumpuk terutama pengangkut sampah yang memegang atau mengalami kontak langsung dengan sampah sebaiknya menggunakan alat pelindung diri (APD). Pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai salah satu bentuk pelayanan publik, yaitu dengan membuat kebijakan dalam pengelolaan sampah.

Menurut Mulyana (2016), daur ulang (Recycle) sampah plastik adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce,and Recycle).

Menurut Sahil (2016), salah satu faktor yang mempengaruhi sistem pengelolaan sampah perkotaan ialah budaya sikap dan perilaku masyarakat. Hal ini berkaitan dengan masyarakat yang merupakan sumber (produsen) sampah.

Menurut Mulyana (2016), beberapa keunggulan daur-ulang sampah anorganik yang berkaitan dengan penanggulangan pencemaran lingkungan antara lain adalah sebagai berikut: a. Mendaurulang 1 ton kertas koran akan menyelamatkan 17 pohon dan menggunakan kertas daur-ulang dapat mengurangi 74% pencemaran udara, 34% pencemaran air, dan menghemat energi hingga 67%. b. Usaha daur-ulang sampah anorganik seperti kaca, plastik, kertas koran, kaleng, besi, dapat mengurangi tumpukan sampah kota hingga 25%.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil, 2017, Kimia Industri dan Teknologi Hijau, Pantona Media Jakarta.

Mulasari, Surahma Asti; Adi Heru Husodo dan Noeng Muhadjir, Januari 2016, Analisis Situasi Permasalahan Sampah Kota Yogyakarta dan Kebijakan Penanggulangannya, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 11, No 2, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=443541&val=5652&title=ANALISIS%20SITUASI%20PERMASALAHAN%20SAMPAH%20KOTA%20YOGYAKARTA%20DAN%20KEBIJAKAN%20PENANGGULANGANNYA

A., Destin Putri; Nandang Mulyana dan Nurliana Cipta Apsari, 2016, Penanggulangan Sampah di My Darling, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 3, No 3, Universitas Padjadjaran. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=489942&val=9993&title=PENANGGULANGAN%20SAMPAH%20DI%20MY%20DARLING


Sahil, Jailan; Mimien Henie Irawati Al Muhdar; Fachtur Rohman dan Istamar Syamsuri, 2016, Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate, Bioedukasi, Vol 4, No 2, Universitas Khairun. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=455472&val=9589&title=Sistem%20Pengelolaan%20dan%20Upaya%20Penanggulangan%20Sampah%20Di%20Kelurahan%20Dufa-%20Dufa%20Kota%20Ternate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.