.

Sabtu, 03 Februari 2018

Langkah Cermat Menangani Pencemaran Lingkungan, Simak Yuk !

Oleh: Marselina Umasugi (@F13-Marselina)


Abstrak
Di Indonesia, ada banyak kasus keracunan dan pencemaran lingkungan yang sulit diungkapkan, terutama karena data yang tidak mencukupi untuk membuktikan penyebab kasus tersebut, yaitu BuyatCase, kasus keracunan penduduk di Magelang, kematian Munir (Hak Asasi Manusia Aktivis), dan keracunan makanan yang sering terjadi di Indonesia. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman akan adanya penyebutan untuk membuat kesimpulan tentang kasus-kasus yang berkaitan dengan keracunan dan pencemaran lingkungan membuat strategi pengumpulan data seringkali salah. Melalui toksikologi forensik, mekanisme dan nasib zat beracun pada organisme hidup dan nasib lingkungannya bisa disayangkan, dan mempermudah penyelidikan, dan penyebab utama keracunan atau polusi dapat terjadi. Biomonitoring adalah salah satu ilmu yang mendukung penyelidikan bukti ilmiah inForensic Toxicology. Dengan penentuan biomarker, kita bisa menggambarkan pemaparan zat-zat kimiawi kepada seseorang, populasi atau spesies di lingkungan, dan juga bisa menggambarkan zat toksik yang menyebabkan keracunan atau polusi. Perhatian utama dalam toksikologi forensik bukanlah keluaran aspek hukum dari penyelidikan toksikologi, namun ini adalah teknologi dan tehnik yang diperoleh dan hasil intepreting. Dengan memahami toksikologi dan dukungan dari ilmu pengetahuan terkait, strategi dan langkah penting dan tepat dapat diambil untuk membuat kesimpulan yang benar dalam menangani kasus keracunan dan pencemaran lingkungan.


Kata Kunci : Pencemaran, Pencemaran Lingkungan

Isi
Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah utama pada zaman sekarang, maraknya pencemaran mempengaruhi banyak terhadap produktivitas dari bumi itu sendiri.
Karena efek dari pencemaran alam sendiri sangat lah berbahaya bukan hanya untuk keselamatan bumi bahkan juga keselamatan umat manusia. Banyak pencemaran yang marak dalam kehidupan sehari-hari yang kita temui seperti pencemaran udara, air, tanah. Semua dari pencemaran tersebut terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebab dari pencemaran itu sendiri sangatlah banyak salah satunya merupakan dari proses alam, manusia, dan faktor yang lain.

Definisi
Pengertian pencemaran lingkungan sendiri adalah masuknya atau tercampurnya mahluk hidup, zat energi maupun komponen lain kedalam alam atau lingkungan.
Yang dapat merubah tatanan lingkungan, penyebab terjadinya perubahan tersebut disebabkan oleh proses alam ataupun kegiatan manusia sendiri. Efek dari faktor tersebut merupakan penurunan dari kualitas lingkungan dan bahkan bisa menjadikan ketidak fungsian lagi dari lingkungan itu sendiri.

Macam – Macam Pencemaran Lingkungan
1.      Pencemaran Air
Pencemaran air merupakan kerusakan yang terjadi pada air yang disebabkan adanya perubahan kandungan dalam air baik itu di danau, sungai maupun laut. Pencemaran air ini banyak disebabkan oleh adanya zat kimia maupun polutan yang masuk ke dalam air.
2.      Pencemaran Tanah
Ini juga adalah salah satu pencemaran yang sering berada di lingkungan kita. Salah satunya adalah sampah, penggunaan sampah yang berlebihan yang tidak bisa di daur ulang adalah salah satu contoh besar pencemaran lingkungan di tanah.
3.      Pencemaran Udara
Polusi udara adalah salah satu pencemaran yang paling parah dan mengakibatkan banyak korban. Pencemaran lingkungan yang satu ini memiliki banyak penyebab salah satunya merupakan pembakaran hutan secara ilegal dan juga asap kendaraan maupun asap pabrik.

Penyebab Pencemaran Lingkungan
Ada banyak sekali penyebab pencemaran lingkungan, tetapi yang paling besar merupakan hasil dari perbuatan manusia . Pencemaran yang sering terjadi yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara.
Dalam konteks lain alam sebenarnya bisa mengembalikan atau memurnikan kondisi air yang sudah tercemar. Karena jumlahnya sangat banyak dan melebihi batas, alam pun tidak bisa memurnikanya dengan maksimal dan tidak mampu mengembalikan keadaan seperti sedia kala.
Karena sebab alam menjadi kehilangan kemampuanya untuk memurnikan pencemaran, di tambah lagi adanya sampah plastik dan deterjen tidak ramah terhadap lingkungan.
Menjadikan semakin parah kerusakan yang di ciptakan oleh polutan ini.

Nah! Ini Adalah Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan
  1. Pemilihan tempat untuk daerah industri atau pabrik yang strategis yang jauh dari daerah pemukiman.
  2. Pengaturan atau pemfilteran limbah perindustrian yang akan dibuang, bertujuan agar tidak mencemari lingkungan.
  3. Pengawasan terhadap unsur-unsur atau zat kimia yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  4. Penggencaran gerakan penghijauan lahan dan reboisasi hutan gundul.
  5. Penindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
  6. Membuang sampah sesuai kandunganya dan jangan sembarangan.
  7. Memberi penyuluhan kepada masyarakat terkait lingkungan hidup.
  8. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan.
Kesimpulan
Dari beberapa fakta diatas kita bisa menyimpulkan bahwa perawatan alam dan lingkungan sangatlah penting untuk keberlangsungan kehidupan dunia.
Karena sulitnya penanaman pola pikir masyarakat yang masih begitu acuh tak acuh terkait pencemaran ini, kita harus sering mengadakan penyuluhan agar terciptanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri.
Selain itu juga penanaman pohon adalah salah satu sarana kita untuk memperkecil pencemaran lingkungan terutama pencemaran akibat asap pabrik dan membeludaknya CO2.
Indonesia merupakan salah satu negara yang pemilik jantung dunia karena hutan di Indonesia masihlah sangat banyak. Oleh karena itu kita harus menjaganya dan berusaha untuk mengkampanyekan hidup sehat bebas pencemaran.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau.Jakarta: Pantona Media

Anonim. 2016. Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Tanah, Air dan Udara). http://www.berpendidikan.com/2016/02/cara-menanggulangi-dan-mengatasi-pencemaran-lingkungan-tanah-air-dan-udara.html diakses tanggal 03 Februari 2018

Zen. 2017. Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan | Dampak, Penyebab Beserta Pengertian Pencemaran Lingkungan. https://hamparan.net/pencemaran-lingkungan/ diakses tanggal 03 Februari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.