.

Sabtu, 03 Februari 2018

Masker Udara, Sebagai Upaya Pencegahan Primer Untuk Polusi

Oleh: Kurniyanto Bayu Anggoro
@ProyekD04




Kata Kunci: Pencemaran Udara
Abstrak
Setiap hari kita bernafas di bumi. Namun saat ini udara bumi sudah tercemar. Hal ini juga bisa disebut sebagai polusi udara. Bagaimana bentuk perlindungan diri untuk menghadapi hal ini?


Pencemaran Udara
Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidupzatenergi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. Sedangkan lebih khusus pencemaran udara adalah  kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Menurut Hidayat dan Kholil (2017) bahwa pencemaran udara merupakan yang paling berbahaya jika dibandingkan dengan jenis pencemaran lainnya.

Masker Udara, Sebagai Upaya Pencegahan Primer Untuk Polusi
Sumber:  http://toriolo.com/pencemaran-udara/

Setiap hari kita bernafas. Namun saat ini udara yang kita hirup sudah banyak tercemar, apalagi bagi masyarakat perkotaan. Bagaimanapun juga kita harus berusaha untuk melindungi diri dari pengaruh polusi udara ini. Salah satunya dengan menggunakan masker. Masker berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb). Penggunaan masker merupakan upaya pencegahan primer untuk melindungi diri dari polutan yang dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media

Pencemaran, https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran diakses tanggal 03 Februari 2018

Pencemaran Udara, https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara diakses tanggal 03 Februari 2018

Alat pelindung diri, https://id.wikipedia.org/wiki/Alat_pelindung_diri diakses tanggal 03 Februari 2018

Inilah Dampak Buruk Pencemaran Udara Bagi Kehidupan, http://toriolo.com/pencemaran-udara/ diakses tanggal 03 Februari 2018


Polusi Udara di Jakarta Mengkhawatirkan, https://metro.sindonews.com/read/1234007/171/polusi-udara-di-jakarta-mengkhawatirkan-1503715151 diakses tanggal 03 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.