.

Senin, 04 Desember 2023

KINETIKA KIMIA


 KINETIKA KIMIA LAJU REAKSI DAN PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI


Oleh : ADHITIYA PUTRA WARDHANA

(@Z01-ADHITIYA)


Abstrak

            Kinetika kimia adalah bagian ilmu kimia fisika yang mempelajari laju reaksi kimia, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta penjelasan hubungannya terhadap mekanisme reaksi. Kinetika kimia disebut juga dinamika kimia, karena adanya gerakan molekul, elemen atau ion dalam mekanisme reaksi dan laju reaksi sebagai fungsi waktu. Mekanisme reaksi dapat diramalkan dengan bantuan pengamatan dan pengukuran besaran termodinamika suatu reaksi, dengan mengamatiarah jalannya reaktan maupun produk suatu sistem. Syarat untuk terjadinya suatu reaksi kimia bila terjadi penurunan energi bebas.

 

Pendahuluan

            Kinetika kimia adalah pengkajian laju dan mekanisme reaksi kimia. Besi lebih cepat berkarat dalam udara lembab dari pada dalam udara kering, makanan lebih cepat membusuk bila tidak didinginkan. Ini merupakan contoh yang lazim dari perubahan kimia yang kompleks dengan laju yang beraneka menurut kondisi reaksi. Laju atau kecepatan mengacu pada sesuatu yang terjadi dalam satu satuan waktu. Reaksi, laju reaksi yang mendeskripsikan seberapa cepat konsentrasi reaktan atau produk berubah dengan waktu.

Rumusan Masalah

1. Jelaskan apa yang dimaksud laju reaksi!

2. Jelaskan pengaruh suhu terhadap laju reaksi!

Tujuan

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang kinetika kimia laju reaksi serta pengaruh suhu terhadap laju reaksi.

Pembahasan

1. Laju Reaksi

            Laju Reaksi adalah berkurangnya jumlah pereaksi untuk satuan waktu atau bertambahnya jumlah hasil reaksi untuk setiap satuan waktu. Ukuran jumlah zat dalam reaksi kimia dinyatakan sebagai konsentrasi molar atau molaritas (M), dengan demikian maka laju reaksi menyatakan berkurangnya konsentrasi pereaksi atai bertambahnya konsentrasi zat hasil reaksi setiap satu satuan waktu. Satuan laju reaksi dinyatakan dalam satuan mol dm-3 det -1 atau mol/liter detik.

            Laju Reaksi dianalogikan dengan kecepatan mobil. Jika posisi mobil dicatat pada dua waktu yang berbeda maka :



Dengan cara yang sama, laju reaksi rerata diperoleh dengan membagi perubahan konsentrasi reaktan atau produk dengan interval waktu terjadinya reaksi :



 

2. Pengaruh Suhu

            Pada umumnya reaksi akan berlangsung lebih cepat bila suhu dinaikkan. Dengan menaikkan suhu maka energi kinetik molekul-molekul zat yang bereaksi akan bertambah sehingga akan lebih banyak molekul yang memiliki energi sama atau lebih  besar dari Ea. Dengan demikian lebih banyak molekul yang dapat mencapai keadaan  transisi atau dengan kata lain kecepatan reaksi menjadi lebih besar. Secara matematis  hubungan antara nilai tetapan laju reaksi (k) terhadap suhu dinyatakan oleh formulasi.

            Ada kecenderungan bahwa pada suhu yang lebih tinggi, reaksi kimia berlangsung lebih cepat. Dengan menggunakan teori tumbukan daoat dijelaskan bahwa semakin tinggi suhu, maka molekul-molekul yang mencapai energi aktivasi makin banyak. Energi aktivasi bergantung pada jenis reaksi. Reaksi yang dapat berlangsung pada suhu rendah memiliki energi aktivasi rendah. Demikian sebaliknya.

           

Kesimpulan

            Berdasarkan uraian artikel diatas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu suatu larutan maka akan semakin cepat laju reaksi sehingga waktu yang diperlukan suatu larutan akan semakin singkat, begitu juga sebaliknya.

 

Daftar Pustaka

Erwani, M. (2012). PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI. Retrieved from mutiaraerwani.blogspot.com: https://mutiaraerwani.blogspot.com/2012/03/pengaruh-suhu-terhadap-laju-reaksi.html (Diakses pada 4 Desember 2023)

HAYATI, I. (2018). LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR II KINETIKA KIMIA. Retrieved from www.scribd.com: https://www.scribd.com/document/395575810/laporan-praktikum-kinetika-kimia (Diakses pada 2 Desember 2023)

Prastiwi, E. Y. (2011). Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi. Retrieved from estianayesie.blogspot.com: https://estianayesie.blogspot.com/2011/08/pengaruh-suhu-terhadap-laju-reaksi.html (Diakses pada 4 Desember 2023)

Rakhim, M. (2015). Laju Reaksi. Retrieved from www.academia.edu: https://www.academia.edu/37699693/Laju_Reaksi (Diakses pada 4 Desember 2023)

SIREGAR, T. B. (2008). KINETIKA KIMIA. Retrieved from www.academia.edu: https://www.academia.edu/32253129/KINETIKA_KIMIA (Diakses pada 2 Desember 2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.