.

Kamis, 20 Februari 2020

Pengaruh sumber daya air untuk sekarang dan masa depan

Pencemaran Air di lingkungan sekitar


Disusun Oleh : Andyka Febriyansyah


Abstrak

Air ini sudah menjadi komponen dan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan baik itu manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Dengan begitu kita sebagai penikmat sumber daya air tersebut harus bisa menggunakannya sebaik mungkin, agar terhindar dari dampak – dampak negative yang kita dapatkan, selain itu kita juga harus dapat mencegah dan mengatasi seandainya terjadi hal – hal yang tidak diinginkan akibat dari pencemaran air dari berbagai macam penyebab yang memungkinkan terjadinya pencemaran air tersebut.

Kata kunci : Pencemaran air, dampak negative, cara mengatasi dan mencegah, penyebab

Pendahuluan

Air adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan mahkluk hidup untuk melanjutkan kehidupan nya, melanjutkan kesejahteraan nya. Selain itu pencemaran air adalah suatu hal yang dapat merusak, memberikan dampak yang tidak baik terhadap manusia atau makhluk hidup lainnya. Menurut Kodoatie (2008), Air merupakan sumber kehidupan, semua makhluk membutuhkan air. untuk kepentingan manusia, makhluk hidup dan kepentingan lainnya, ketersediaan air dari segi kualitas maupun kuantitas mutlak diperlukan. 

Pembahasan

I.                    Dampak Pencemaran Air Terhadap Lingkungan Sekitar

a.       Terhadap Lingkungan

1.       Meningkatnya Hama
Salah satu dampak pencemaran lingkungan adalah memutus rantai makanan pada suatu ekosistem. Contohnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan banyak predator yang mati sehingga jumlah hama akan meledak.
2.       Punahnya Spesies
Pencemaran air dapat membuat banyak spesies ikan dan biota lain yang ada di lingkungan perairan punah. Hal ini sangat merugikan karena dapat menurunkan jumlah keanekaragaman dalam ekosistem air.
3.       Keseimbangan lingkungan terganggu
Keseimbangan lingkungan dapat terganggu saat terjadi perubahan interaksi dalam suatu ekosistem.

b.      Terhadap Kesehatan

Air menjadi saran untuk membawa penyakit karena air dapat berfungsi sebagai media tempat hidup mikroorganisme pathogen, sebagai sarang serangga penyebab penyakit salah satunya adalah nyamuk.
II.                  Penyebab Terjadinya pencemaran air terhadap lingkungan sekitar

1.       Limbah industry
Air limbah dari hasil pengolahan industry ini cenderung mengandung zat berbahaya. Biasanya industry dari pabrik tekstil atau pabrik kertas yang paling banyak menjadi polutan.
2.       Limbah rumah tangga terbagi atas bahan organic, anorganik, dan bahan berbahaya lainnya. Limbah organic seperti sisa makanan, kulit buah. Limbah anorganik seperti plastic, kaca, minuman kaleng. Limbah yang berbahaya itu seperti oli bekas yang  terdapat di bengkel-bengkel kendaraan setempat.
3.       Limbah pertanian
Limbah terhadap pertanian itu disebabkan dari beberapa factor seperti  penggunaan bahan kimia dan pupuk. Seperti bahan kimia insektisida yang berfungsi sebagai pembasmi hama yang mana bahan dasar nya itu dari obat – obatan sehingga jika bahan kimia tersebut belebihan dapat menyebabkan pertumbuhan kelenjar tiroid yang meningkat.
4.       Perusakan hutan
Perusakan hutan ini disebabkan dari 2 faktor yaitu dari ulah manusia yang mementingkan kepentingannya, dan terjadi akibat alam itu sendiri. Ulah manusia itu seperti adanya penebangan pohon secara liat, illegal, yang dapat merusak hutan. Ulah dari alam karna adanya perubahan musim menjadi kemarau yang mana jika terjadi  kemarau terus menerus kemungkinan besar akan menyebabkan hutan terbakar.

III.                Cara mencegah dan mengatasi permasalahan pencemaran air tersebut

1.       Penggunaan pupuk organic dan pemanfaatan musuh alami dalam memberantas hama
Dengan dilakukan nya penggunaan pupuk organic dan kompos dapat salah satu alternative untuk mengurangi pencemaran air oleh nitrat dan fosfat. Selain itu kompos dan pupuk organic dapat memulihkan kandungan mineral dalam tanah, memperbaiki struktur tanah serta mencegah eutrofikasi. Sedangkan dengan adanya pemanfaatn musuh alami dan parasitoid dapat membuat lingkungan lebih aman. Hama pengganggu populasi berkurang, tetapi tidak menimbulkan residu pestisida dalam tanah dan dalam tubuh tanaman.
2.       Tidak membuang limbah rumah tangga terutama seperti sabun, deterjen dengan sembarangan. Melainkan harus dengan standard nya dan sebaiknya kelola limbah rumah tangga denga baik dan benar.
3.       Limbah yang terjadi di lingkungan industry seperti limbah cair dari pabrik sudah seharusnya dikelola dengan baik, limbah dari pabrik tersebut sebaiknya disaring, diencerkan, diendapkan dan dinetralkan dulu sebelum dibuang ke sungai atau yang lainnya.
4.       Membuat gerakan penghijauan, reboisasi, mempertahankan areal resapan air. Dengan begitu dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan yang mana resapan air ini akan dapat mencegah terjadinya banjir.

IV.                Masa depan sumber daya air

Menurut Hidayat (2013), Aplikasi teknologi untuk industry dan aspek kehidupan manusia linnya banyak menyisakan polutan sehingga dapat merusak kondisi lingkungan. Ekosistem laut sebenarnya mampu mengurangi efek negative limbah kimia dan polutan lainnya namun akibat jumlah polutan dan bahan kimia yang tidak terkendali membuat daya pulih ekosistem terlampaui. Pencemaran minyak dapat merusak ekosistem laut, termasuk mengancam kelangsungan hidup flora dan fauna sekitar laut.
Pencemaran air sebenarnya dapat dikendalikan dan diatasi namun dengan begitu kita perlu partisipasi aktif semua warga  planet bumi. Hal itu karna sumberdaya air merupakan satu kesatuan, tidak mengenal batas wilayah atau batas kepemilikan. Bagaiamana pun manusia merupakan makhluk yang paling cerdas dan mampu untuk memperbaiki lingkungan, membangun lingkungan yang ideal bagi kehidupan, agar terciptanya masa depan sumber daya air dan kondisi lingkungan secara keseluruhan dapat pulih kembali.

Daftar Pustaka

Thegorbalsla, "Pencemaran Air : Pengertian , Penyebab , Dampak , Contoh" https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/ (Diakses Tanggal 20-02-2020).

Heryansyah, Tedy Rizkha (2018). " Penyebab , dampak, dan cara penanggulangan pencemaran air " https://blog.ruangguru.com/penyebab-dampak-dan-cara-penanggulangan-pencemaran-air (Diakses Tanggal 20-02-2020).

Setiawan, Hayan (2016). " Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan pencemaran air" https://ilmulingkungan.com/tindakan-pencegahan-dan-penanggulangan-pencemaran-air/ ( Diakses Tanggal 20-02-2020).

Hidayat, Atep Afia & Kholil, Muhammad (2018). " Kimia dan pengetahuan lingkungan industri". Yogyakarta, Penerbit : Penerbit wahana resolusi.

Fitriana, Dian (2013. " Pencemaran Air ". https://www.slideshare.net/iandttcaleuyy1/pencemaran-air-26010548 (Diakses Tanggal 20-02-2020)

1 komentar:

  1. @Q08-Ryan
    Aetikel ini mengajarkan kita cara mencegah pencemaran air dan dampak pencemaran

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.