.

Jumat, 14 Februari 2020

PENGARUH KIMIA TERHADAP PENCEMARAN UDARA DI ERA TEKNOLOGI


OLEH : AULYA ANINDYA PUTRI (@Q12-Aulya)
                                                                 

ABSTRAK
PENGARUH KIMIA TERHADAP PENCEMARAN UDARA

Masalah pencemaran udara pada era teknologi pada masa ini telah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Udara yang telah tercemar oleh zat-zat polutan bukan saja mempengaruhi kesehatan manusia tetapi seluruh makhluk hidup dan lingkungan juga akan terkena efek dari pencamaran udara tersebut.
Pada manusia akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti gangguan pernapasan yang bisa mengakibatkan kematian. Pencemaran udara ada yang dapat dilihat secara langsung, ada juga yang tidak dapat dilihat, ada yang memiliki bau dan ada juga yang tak berbau. Banyak masyarakat awam yang belum paham akan pentingnya menjaga udara bersih dan resiko akan diakibatkan oleh pencemaran udara. Dalam pengenalan proses terjadinya penyebaran pencemaran udara kepada masyarakat umum bisa dilakukandengan memberikan contoh secara langsung proses pencemaran udara seperti asap polutan yang keluar dari cerobong asap pabrik. Selain secara langsung proses penyebaran pencemaran udara juga bisa dijelaskan dengan melakukan simulasi atau sebuah pemodelan untuk melihat sebaran polutan. Simulasi atau pemodelan yang dilakukan dapat dilakukan dengan menggunakan model dispersi Gauss untuk memodelkan proses sebaran dari konsentrasi polutan.
Kata kunci: Pencemaran Udara, Polutan, Kesehatan, Dispersi Gauss

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya dari pencemaran udara. Pencemaran udara menyebabkan udara bersih terkontaminasi oleh berbagai zat-zat berbahaya yang berupa partikel berbentuk padat, cair dan gas. Zat yang terkontaminasi di udara dengan berbagai bentuk ini disebut polutan. Bahaya polutan di udara seringkali tidak disadari oleh masyarakat.Padahal polutan udara dapat mengganggu kesehatan sampai menyebabkan kematian. Sehingga untuk menjelaskan proses penyebaran polutan kepada masyarakat dengan 2 cara yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Untuk secara langsung, masyarakat bisa dibawa ke dekat sumber emisi contohnya cerobang pabrik atau di lokasi kebakaran hutan.Tentunya secara langsung dapat dilihat bagaimana polutan menyebar ke udara bebas.Sedangkan untuk secara tidak langsung, dengan melakukan sebuah pemodelan penyebaran polusi udara dengan menggunakan model dispersi Gauss yang bersumber dari cerobong pabrik
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.    Menjelaskan  pengertian pencemaran udara
2.    Menjelaskan solusi pencemaran udara
3.    Penjelasan mengenai dampak & cara mengatasi pencemaran udara
C.       Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah :
1.      Untuk memperoleh gambaran tentang pandangan terhadap pencemaran udara
2.     Agar mampu menjelaskan dan memahami dampak & solusi pencemaran udara
3.      Agar mengetahui solusi yang harus diambil

1.      Pencemaran Udara & Polutan Udara
Menurut catatan Salim (2002), pencemaran udara adalah masuknya zat atau energi ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia.
Namun, faktnya terdapat 10 bahan yang menimbulkan pencemaran udara yang berdampak paling membahayakan (Woodford, 2014), yaitu :
·         Sulfur Dioksida
·         Karbon Monoksida
·         Karbon Dioksida
·         Nitrogen Oksida
·         Senyawa Organik Volatil (VOC)
·         Partikulat
·         Ozon
·         Chlorofluorocarbons (CFC)
·         Pembakaran Hidrokarbon yang tidak sempurna
·         Logam Berat


PENYEBAB PENCEMARAN UDARA
Kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran ,yaitu :
·         Proses peleburan
·         Pertambangan & penggalian
·         Proses pengolahan & pemanasan
·         Pembuangan limbah
·         Proses kimia
·         Proses pembangunan
·         Proses pencobaan atom atau nuklir


DAMPAK PENCEMARAN UDARA
·         Kesehatan Manusia
·         Dampak terhadap pertanian
·         Terjadinya hujan asam
·         Efek rumah kaca
·         Kerusakan lapisan ozon


SOLUSI PENCEMARAN UDARA

1.       Solusi Teknologi
Sebagai contoh ialah pembuatan mobil listrik sebagai ganti mobil yang menggunakan bahan bakar listrik
2.       Peraturan Perundang-undangan
Dibuatkan peraturan atau perundang-undangan dan diterapkan disetiap wilayah. Sebagai contoh Perda Nomor 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara yang sedang diterapkan di DKI Jakarta
3.       Meningkatkan Kesadaran & Mengubah Perilaku
Dalam hal ini teknologi bersih dapat menggantikan teknologi kotor dan hukum dapat mengatur dan memberikan sanksi terhadap para pelanggar. Semua tidak akan berhasil jika tidak adanya kesadaran pada perilaku manusia.

KESIMPULAN
Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Kesimpulan yang dapat diambil adalah pengaruh dari tinggi efektif emisi (H) sangat berpengaruh. Ketika tinggi H 30 m penyebaran konsentrasi sangat tinggi di jarak 480 m dan jarak jangkauannya cuma sampai sejauh 7400 m tetapi ketika nilai H nya dinaikkan maka terjadi perubahan. Jadi untuk mengatasi efek dari penyebaran konsentrasi polutan diharuskan cerobong pabrik dibuat tinggi.

SARAN
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih dapat dipertanggung jawabkan.

DAFTAR PUSTAKA
1.       Afia Hidayat, Atep dan Muhammad Kholil .2018. Kimia dan Pengatahuan Lingkungan Industri, Yogyakarta:Wahana Resolusi
2.       https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara (Akses 02 Februari 2020)
4.       www.jurnal.lapan.go.id (Akses 02 Februari 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.