.

Jumat, 14 Februari 2020

Atmosfer : Pelindung Bumi Yang Tercemar


Dibuat Oleh : Ryan Hidayat Viery Hakim (Q08-Ryan)


Abstrak
Bumi saat ini masih menjadi satu-satunya planet di tata surya yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Salah satu penyebabnya ialah dikarenakan bumi dilapisi dengan beberapa gas salah satunya adalah ozon. Dan lapisan ini disebut sebagai atmosfer.
Inilah faktor penopang kehidupan makhluk hidup di bumi, tanpa adanya atmosfer dilangit maka Bumi akan menjadi sangat dingin sehingga mustahil di Bumi ini ada kehidupan. Tetapi gas-gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil meningkatkan efek ini. Pada pertengahan abad ke-21, suhu rata-rata Bumi diyakini 1,5-4,5 derajat celsius lebih tinggi dari sekarang.
Zaman sekarang lapisan ozon mulai menipis, bumi semakin panas. Keseimbangan bumi makin menurun, hal ini disebabkan oleh pencemaran dimana mana. Mulai dari dari aktivitas manusia, yang menyebabkan efek rumah kaca, pemanasan global, kontaminasi udara, penghancuran sabuk ozon, dan hujan asam. Efek ini terutama disebabkan oleh perkembangan industri dalam 2 abad terakhir.

Kata Kunci : Pencemaran Udara, Pencemaran Atmosfer, Menipisnya lapisan ozon

Pengertian
Atmosfer merupakan merupakan lapisan gas atau udara yang menyelimuti planet, termasuk planet bumi. Atmosfer berasal dari kata Amos yang berarti uap air dan Sphaira yang berarti selimut. Lapisan tersebut mengandung empat unsur gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan argon.
Atmosfer bumi merupakan selubung gas yang menyelimuti permukaan padat dan cair pada bumi. Selubung itu membentang ke atas (vertikal) sejauh beratus-ratus kilometer, dan akhirnya bertemu dengan medium antar planet yang berkerapatan rendah dalam sistem tata surya, yang sebaliknya dapat dianggap sebagai perluasan korona matahari
Atmosfer terdiri dari 3 macam partikel halus dan ringan diantaranya adalah udara kering, uap air dan aerosol. Komposisi  partikel inilah penyebab terjadinya perubahan cuaca  dan iklim.
Fenomena Atmosfer
Atmosfer selain menjadi pelindung bumi. Tapi atmosfer juga memiliki banyak keindahan didalamnya. Berikut fenomena-fenomena yang disebabkan oleh atmosfer.
a.       Pelangi
Pelangi salah satu peristiwa alami yang terbentuk karena pantulan cahaya matahari yang menembus partikel partikel air sehingga menyebabkan pembiasan dan menghasilkan spektrum warna yang terdapat pada sinar matahari.
b.      Aurora
Aurora biasanya hanya terjadi di dekat kutub selatan maupun kutub utara. Fenomena ini menghasilkan gradasi-gradasi warna yang mengkilau nan indah, apalagi disaat malam hari. Fenomena ini nampak seperti kilauan-kilauan cahaya yang menyala-nyala.
Fenomena ini terjadi akibat ionosfer dari sebuah planet karena adanya interaksi antara medan magnetik planet bumi dengan partikel-partikel bermuatan listrik dari bintik-bintik matahari.
c.       Fatmorgana
Seperti halnya pelangi fenomena ini terjadi disebabkan oleh pembiasan. Namun dalam hal yang dibiaskan berbeda. Bilamana pelangi akibat pembiasaan cahaya matahari terhadap partikel air dan terciptanya pelangi. Sedangkan fatamorgana ialah ilusi optik hasil pembiasan cahaya melalui kerapatan massa udara yang renggang, sehingga membuat sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi seolah-olah ada. Fatamorgana ini biasanya berupa kemunculan genangan air, danau, atau kota.

Dampak Penipisan Atmosfer
Saat ini  pencemaran udara yang disebabkan kan oleh industri yang melepaskan limbah asap dan dilepaskan ke udara sehingga mecemari atmosfer. Bilamana atmosfer tercemar dan menyebabkan menipisnya dinding atmosfer akan mengancam semua kehidupan di bumi ini. Mulai dari cuaca ekstrim, suhu panas meningkat, bahkan timbulnya penyakit seperti kanker kulit.
Dampak Penipisan atmosfer :
a.       Pemanasan global
Meningkatnya suhu di bumi baik dilaut maupun di darat adalah gejala pemanasan global yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca menjadi salah satu komponen gas yang ada di atmosfer.
Dampak dari gejala ini bisa sangat mengancam terjadinya pasangnya air laut naik kepermukaan. Itu disebabkan jika pemanasan tersebut terus berlangsung, maka semua es yang ada di kutub akan mencair.
b.      Perubahan Iklim
Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam distribusi pola cuaca secara statistik sepanjang periode waktu.
Di lansir dari National Geographic, terdapat beberapa dampak perubahan iklim bagi kehidupan, di antaranya:
·         Berkurangnya sumber air
Semakin bertambahnya penduduk maka permintaan air semakin tinggi. Terjadi penyedotan sumber air secara besar-besaran. Naiknya permukaan air laut membuat batas antara air tanah dan air laut semakin jauh ke dataran. Sehingga dapat mencemari sumber air minum.
·         Siklus tidak sehat
Meningkatnya suhu dan bertambahnya penduduk akan meningkatkan penggunaan energi. Energi yang digunakan akan menghasilkan emisi yang menyebabkan perubahan iklim.
c.       Penipisan Lapisan Ozon
Lapisan ozon adalah lapisan yang ada di seluruh permukaan bumi dan mengandung molekul ozon. Molekul terdiri dari tiga molekul okesigen.
Beberapa dampak negatif dari menipisnya lapisan ozon adalah:
·         Menyebabkan pemanasan global
·         Mencairnya es di kutub-kutub bumi
·         Naiknya permukaan air laut karena es yang mencair
·         Menyebabkan kanker kulit pada manusia karena paparan sinar ultraviolet matahari secara langsung.
·         Menyebabkan katarak pada mata

Kesimpulan
Pencemaran udara banyak jenisnya mulai dari udara, darat dan air. Namun penceamran udara terhadap atmosfer ini begitu penting untuk kita ketahui. Sebab, atmosfer inilah yang selama ini menjaga bumi dari benda benda asing yang masuk ke bumi bahkan sinar matahari. Maka kita perlu ketahui apa saja yang perlu kita perhatikan mulai dari dampak penipisan lapisan ozon hingga terjadinya fenomena aurora.
Saran
Kita sebegai manusi penghuni bumi ini. Kita harus ikut merawat dan memperbaiki yang sudah rusak dengan cara mengurangi pencemaran. Seperti halnya tidak membuang sembarang tempat, tidak merokok sembarang tempat, memilih berjalan kaki atau bersepeda dari pada menggunakan kendaran yang menimbulkan polusi. Banyak hal positif lainnya yang bisa kita lakukan dan dalam diri kita harus ada kesadaran akan pentingnya menjaga bumi ini baik yang ada di laut , di darat mapun dilangit.

Daftar pustaka :

Ami, Eka (2019) 6 Fakta Menarik Atmosfer, Selimut Gas yang Penting bagi Kehidupan Bumi
Rosalia, (2017) Ini Fenomena Unik di Atmosfer yang Harus Kamu Tahu!
Muppy, Rssma (2014) PENCEMARAN KESEHATAN LINGKUNGAN “MASALAH PENCEMARAN UDARA”
https://www.academia.edu/9194281/Makalah_Pencemaran_Udara (Diakses Tanggal : 14 Februari 2020)

Anonim, KARAKTERISTIK ATMOSFER DAN KLIMATOLOGI BOSSCHA SERTA AS-SALAM TERHADAP VISIBILITAS HILAL
http://eprints.walisongo.ac.id/1070/4/092111130_Bab3.pdf (Diakses Tanggal : 14 Februari 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.