.

Minggu, 15 September 2019

Sumber Energi Terbaru

Sumber Energi Terbaru














Oleh : Widy Hartono (@P21-WIDY) kode proyek (P02)

Abstrak

Energi merupakan kebutuhan dasar manusia, yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupannya. Bahan bakar minyak/energi fosil merupakan salah satu sumber energi yang bersifat tak terbarukan (non renewable energy sources) yang selama ini merupakan andalan untuk memenuhi kebutuhan energi di seluruh sektor kegiatan.

Kata Kunci : Energi,  energi terbaru, alternative energy.

I.      Pendahuluan

Permintaan energi dunia terus meningkat sepanjang sejarah peradaban umat manusia. Proyeksi permintaan energi pada tahun 2050 hampir mencapai tiga kali lipat. Tampaknya masalah energi akan tetap menjadi topik yang harus dicarikan solusinya secara bersama-sama. Pemanfaatan energi telah berkembang dan meningkat sesuai dengan perkembangan manusia itu sendiri.

Usaha-usaha untuk mendapatkan energi alternatif telah lama dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya minyak bumi. Pemanfaatan minyak bumi diperkirakan akan habis dalam waktu yang tidak lama jika pola pemakaian seperti sekarang ini yang justru semakin meningkat dengan meningkatnya industri maupun transportasi.


II.      Permasalahan

Apa yang dimaksud dengan energy terbarukan? Manfaat apa yang didapat dengan menggunakan energy terbarukan?

III.      Pembahasan

Energi terbarukan adalah energi non fosil yang dapat diperbarui dan dikelola dengan baik. Oleh karena itu, sumber daya energi terbarukan akan berkelanjutan. Mereka yang bisa diklasifikasikan sebagai energi terbarukan adalah energi panas bumi, energy air, sel bahan bakar, dan nuklir. Dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif, menggantikan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak, yang semakin terbatas baik jumlah dan cadangannya

Potensi Sumber Energi Terbarukan yang terdiri dari :

1.    Energi panas bumi
Berdasarkan penelitianyang telah dilakukan di sepanjang jalur Indonesia, terdapat 217 daerah prospek panas bumi. Potensi energi panas bumi total adalah 19.658 MW. Sumber panas bumi yang sudah dimanfaatkan saat ini adalah 803 MW. Penggunaan energi panas bumi juga bisa dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik panas bumi atau PLTP sebagai manfaat pembangkit listrik sederhana.

2.    Energi Air
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA )adalah salah satu teknologi yang sudah terbukti (proven), tidak merusak lingkungan, menunjang diversifikasi energi dengan memanfaatkan energi terbarukan, menunjang program pengurangan pemanfaatan BBM, dan sebagian besar memakai kandungan lokal. Besar potensi energi air di Indonesia adalah 74.976 MW, sebanyak 70.776 MWada di luar Jawa, yang sudah termanfaatkan adalah sebesar 3.105,76 MW sebagian besar berada di Pulau Jawa.

3.    Sel Bahan Bakar (“Fuel Cell”)
Bahan baku utama sebagai sumber energi sel bahan bakar adalah gas hidrogen. Gas hidrogen dapat langsung digunakan dalam pembangkitan energi listrik dan mempunyai kerapatan energi yang tinggi. Beberapa alternatif bahan baku seperti methane, air laut, air tawar, dan unsur-unsur yang mengandung hidrogen dapat pula digunakan namun diperlukan sistem pemurnian sehingga menambah jumlah system cost pembangkitnya.

4.    Energi Nuklir
            Kebutuhan energi nasional dari tahun ke tahun semakin meningkat, terutama kebutuhan  energi listrik. Untuk memenuhi kebutuhan energi nasional tidak cukup hanya mengandalkan sumber energi yang ada, karena sumber energi kita sudah banyak terkuras selama beberapa tahun terakhir. Energi nuklir adalah energi baru yang perlu dipertimbangkan karena energi ini bisa menghasilkan energi yang dalam order yang besar sampai ribuan megawatt, tetapi harus memerhatikan beberapa aspek. Aspek itu antara lain aspek keselamatan, sosial, ekonomi, teknis, sumber daya manusia, dan teknologi.

IV.     Kesimpulan

1.    Kondisi atau keadaan energi saat ini sekali lagi mengajarkan kepada kita bahwa usaha serius dan sistematis untuk mengembangkan dan menerapkan sumber energi terbarukan guna mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil perlu segera dilakukan.

2.    Penggunaan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan juga berarti menyelamatkan lingkungan hidup dari berbagai dampak buruk yang ditimbulkan akibat penggunaan BBM.

3.    Terdapat beberapa sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan yang bisa diterapkan segera di tanah air, seperti bioethanol, biodiesel, tenaga panas bumi, tenaga surya, mikrohidro, tenaga angin, dan sampah/limbah.

Daftar Pustaka
Hidayat, A A., Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
Kholiq, imam pemanfaatan energy alternative sebagai energy terbarukan untuk mendukung subtitusi bbm  Vol.19 No. 2, Desember 2015
Widodo, D.A, Dkk Pemberdayaan energy matahari sebagai energy listrik lampu pengatur lalu lintas Vol. 2 No.2 Juli - Desember 2010
Lubis, abubakar energy terbarukan dalam pembangunan berkelanjutan Vol.8 no.2, Mei 2007
https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbarukan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.