.

Selasa, 18 Desember 2018

Beralih ke Energi Alternatif


Bahan bakar minyak adalah bahan bakar yang jumlahnya terbatas dan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Bahan bakar minyak merupakan minyak bumi yang berasal dari fosil jutaan tahun lalu sehingga biasa disebut dengan bahan bakar fosil. Saat ini jumlah kendaraan semakin meningkat sehingga membutuhkan minyak yang semakin banyak dan menimbulkan pencemaran yang semakin parah. Oleh karena itu, bahan bakar alternatif saat ini harus mulai digunakan untuk mengurangi kebutuhan akan bahan bakar fosil yang semakin menipis. Menurut Mark Poulton (1994), increased use of renewable and alternative fuels can extend fossil fuel supplies and help resolve air pollution problems inherent in automotive use of conventional fuels.
Kata Kunci : Alternative Fuel
Bahan Bahan bakar fosil dapat digantikan dengan bahan bakar alami yang dapat diperbaharui. Dikutip dari dalam artikelnya yang berjudul “Bahan Bakar Alternatif Biodiesel” bahwa, ide penggunaan minyak nabati sebagai pengganti bahan bakar diesel didemonstrasikan pertama kalinya oleh Rudolph Diesel (±tahun 1900). Penelitian di bidang ini terus berkembang dengan memanfaatkan beragam lemak nabati dan hewani untuk mendapatkan bahan bakar hayati (biofuel) dan dapat diperbaharui (renewable). Perkembangan ini mencapai puncaknya di pertengahan tahun 80-an dengan ditemukannya alkil ester asam lemak yang memiliki karakteristik hampir sama dengan minyak diesel fosil yang dikenal dengan biodiesel.
Selain bahan bakar fosil untuk kendaraan, bahan bakar alternatif juga dapat berupa bentuk lain seperti briket arang. Briket ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan arang konvensional. Diantarannya adalah tidak berasap, tidak berbau dan lebih tahan lama. Menurut Feri, semakin banyaknya limbah pertanian berupa sekam padi, maka sangat menguntungkan jika limbah tersebut diolah menjadi bahan bakar alternative seperti briket.
            Selain bahan bakar untuk penggunaan kendarann bermotor, bahan bakar juga dipergunakan untuk pembangkit listrik, yaitu Batubara. Sebaiknya kita menggunakan pembangkit listrik tenaga air ataupun tenaga matahari. Menurut syaiful, Matahari adalah sumber energi utama yang memancarkan energi yang luar biasa besarnya ke permukaan bumi. Energi matahari dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara yang berlainan bahan bakar minyak adalah hasil fotosintesis, tenaga hidro elektrik adalah hasil sirkulasi hujan tenaga angin adalah hasil perbedaan suhu antar daerah dan sel surya (sel fotovoltaik) yang menjanjikan masa depan yang cerah sebagai sumber energi listrik.
            Adapun pengolahan limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai biogas. Salah satunya adalah limbah tahu yang diolah menjadi biogas di Grobogan Jawa Timur. Industry disana ada yang memanfaatkan limbah cair tahu sebagai bahan bakar biogas. Menurut sri,Dari beberapa alternatif teknik pengolahan limbah tahu disimpulkan alternatif yang paling sesuai dengan karakteristik industri tahu di lokasi perencanaan, sehingga limbah industri tahu yang dihasilkan dapat diolah menjadi biogas sebagai bahan bakar alternatif. Tahap akhir dari pekerjaan ini adalah tersusunnya rekomendasi berkaitan dengan pengelolaan limbah cair tahu menjadi biogas sebagai bahan bakar alternatif.

Daftar Pustaka
Poulton, Mark. 1994. Alternative Fuel for Road Vehicle. https://www.osti.gov/biblio/418713 (diunduh tanggal 18 Desember 2018)
Haryanto, Bode. 2002. Bahan Bakar Alternatif Biodiesel. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=bahan+bakar+alternatif&oq=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DOd_9eD2ZgGUJ (diunduh tanggal 18 Desember 2018)
Hartanto, Feri Puji.  http://eprints.undip.ac.id/36721/ (diunduh tanggal 18 Desember 2018)
Manan, Syaiful. 2009. ENERGI MATAHARI, SUMBER ENERGI ALTERNATIF YANG EFFISIEN, HANDAL DAN RAMAH LINGKUNGAN DI INDONESIA
http://eprints.undip.ac.id/1722/1/solarseeker.pdf (diunduh tanggal 18 Desember 2018)

Subekti, Sri. 2011. PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU MENJADI BIOGAS SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/241 (diunduh tanggal 18 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.