.

Selasa, 18 Desember 2018

Teknologi industri hijau

TEKNOLOGI INDUSTRI HIJAU

Mau tidak mau atau siap tidak siap, pelaku industri mudak menerapkan standar tersebut, meskipun untuk mencapai hal tesebut tidak mudah. Arryanto mengatakan bahwa beberapa permasalahan di sektor industri antara lain adanya sebagian teknologi maupun mesin-mesin industri yang tidak mampu lagi menghasilkan produktivitas dengan efisiensi tinggi dan menyebabkan daya saing produk menjadi lemah. "Pembangunan industri memang memberikan dampak positif bagi perekonomian, namun menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.(arryanto.2015)

Sektor industri bersifat dinamis seiring dengan perubahan yang terjadi di dalam sektor industri itu sendiri maupun di luar lingkungan industri. Sifat dinamis ini penting agar sektor industri dapat selalu beradaptasi dan berkembang. Salah satu faktor yang telah terbukti dan diakui memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan sektor industri nasional di masa depan adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi tersebut akan berpengaruh pada perkembangan sektor industri nasional sehingga perlu disiapkan sistem serta strategi alih teknologi dan inovasi teknologi yang sesuai. Strategi yang dapat dilakukan adalah sinergi antara pemerintah, industri, lembaga Litbang, serta perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan (tjandra.2017)

Menurut fong kai hung(2017),bahwa Teknologi Hijau merupakan teknologi yang banyak mengandung sisi positifnyadan manfaatnya banyak di dapat untuk kehidupan sehari-hari. Teknologi inibiasanya membuat orang menjadi “fresh” dan menghasilkan banyakkeuntungan contohnya komputer, kulkas, kipas angin dan lain-lain. Salah satucontoh di terapkannya Teknologi Hijau yaitu harus di terapkan di setiap sekolah,kantor, maupun tempat kerja lainnya. Karena hal tersebut dapat membantu ataumeringankan beban kerja dan belajar mereka. Teknologi Hijau sama artinyadengan satu orang satu pohon ( one man one tree ).

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto(2016) , proses industri hijau tidak hanya memperbaiki efisiensi dan efektivitas industri dalam penggunaan sumber daya. Pengakuan atas proses industri hijau juga bisa menjadi faktor penguat daya saing industri di pasar domestik maupun ekspor.

Menurut nonie(2017), Pemerintah akan menerapkan sejumlah prinsip di antaranya transparansi dan keterbukaan, konsensus dan tidak memihak, efektif dan relevan, koheren, serta berdimensi pengembangan.

Jadi menurut saya Teknologi industri hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Daftar pustaka
Kemenperin. 2015. Harian ekonomi neraca. Dalam http://www.kemenperin.go.id/artikel/6301/Teknologi-Jadi-Tantangan-Industri-Hijau. (Diunduh 18 desember 2018).
 Setiadi, tjandra. 2017. Peran teknologi ramah lingkungan untuk mendukung industri hijau. Dalam http://sntih.kemenperin.go.id. (Diunduh pada 18 desember 2018).
 Fong kai hung. 2017. Teknologi hijau. Dalam https://www.scribd.com/doc/161551472/Teknologi-Hijau. (Diunduh pada 18 desember 2018). Harris. 2016. Jurnal asia. Standar industri hijau diterapkan bertahap. Dalam https://www.jurnalasia.com/bisnis/standar-industri-hijau-diterapkan-bertahap/. (Diunduh pada 18 desember 2018).
Nonie. 2017. Standar induatri hijau wajib diterapkan. Dalam https://petrominer.com/standar-industri-hijau-wajib-diterapkan/. (Diunduh pada 18 desember 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.