.

Sabtu, 03 Februari 2018

KIMIA DAN PERKEMBANGAN NYA

KIMIA DAN PERKEMBANGAN NYA
Oleh : Kevin Reinier (@G19-kevin)


Abstrak: 


Kimia berasal dari bahasa arab(kimiya=perubahan benda/zat) atau bahasa yunani(khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hinggamolekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.Kimia juga sering disebut sebagai ilmu pusat karena dapat menggabungkan berbagai ilmu lain.seperti:fisika,geologi,kedokteran,biologi,dll.contohnya,di dalam ilmu fisika melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materipada tingkat atom dan molekul.
               

ISI:

 Ada beberapa ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap kimia, antara lain diartikan sebagai ilmu alam yang secara khusus mempelajari tentang perubahan materi, yang meliputi perubahan secara kimia dan fisika. Dalam hal ini perubahan materi  dapat dipelajari melalui perubahan energi yang menyertai perubahan materi. Namun ada juga ahli yang mendefinisikan kimia itu ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang di alaminya. Adapun pemahaman tentang materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa.Dengan demikian kimia juga sebagaimana cabang ilmu lainnya yang mengupas tentang suatu obyek hingga mendalam. Dalam perspektif Kimia materi dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau lebih kompleks.  Hal itu karena materi meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran).
                Akar ilmu kimia dapat dilacak hingga fenomena pembakaranApi merupakan kekuatan mistik yang mengubah suatu zat menjadi zat lain dan karenanya merupakan perhatian utama umat manusia. Adalah api yang menuntun manusia pada penemuan besidan gelas. Setelah emas ditemukan dan menjadi logam berharga, banyak orang yang tertarik menemukan metode yang dapat mengubah zat lain menjadi emas. Hal ini menciptakan suatu protosains yang disebutAlkimia. Alkimia dipraktikkan oleh banyak kebudayaan sepanjang sejarah dan sering mengandung campuran filsafatmistisisme, dan protosains.
                Perubahan kimia atau yang sering disebut dengan istilah reaksi kimia memungkinkan terbentuknya suatu zat yang sebelumnya belum pernah ada atau belum dikenal.Hal ini menjadi suatu peluang untuk berbagai kepentingan industri,pertanian,kontruksi,dll. . Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.

Daftar pustaka:
http://infostudikimia.blogspot.co.id/2016/07/kimia-dan-perkembangannya.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.