.

Selasa, 14 November 2017

BAHAYA RACUN TIMBAL


BAHAYA RACUN TIMBAL



                                                                                         Disusun Oleh:
                                                                                      @E03-Rayhan, @Proyek A07

 Timbal adalah unsur kelima kolom keempat belas dalam tabel periodik. Hal ini diklasifikasikan sebagai logam pasca-transisi, logam berat, dan logam miskin. Atom Timbal memiliki 82 elektron dan 82 proton dengan 4 elektron valensi di kulit terluar. Timbal dapat ditemukan di lapisan kulit bumi dalam bentuk bebas, tetapi sebagian besar ditemukan dalam bijih dengan logam lain seperti seng, perak, dan tembaga. Meskipun tidak ada konsentrasi timbal yang cukup tinggi dalam lapisan kulit bumi, sehingga cukup mudah untuk ditambang dan disaring. Terlalu banyak timbal dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan timbal. Timbal dapat terakumulasi dalam tulang dan jaringan lunak. Jika terlalu banyak terakumulasi timbal akan merusak sistem saraf dan dapat menyebabkan gangguan otak. Timbal adalah racun bagi banyak organ tubuh termasuk jantung, ginjal, dan usus. Terlalu banyak timbal dapat menyebabkan sakit kepala, kebingungan, kejang, dan bahkan kematian. Keracunan timbal sangat berbahaya pada anak-anak. Salah satu penyebab utama keracunan timbal adalah timbal dalam cat. Hari ini, cat timbal dilarang di Amerika Serikat.

SIFAT SIFAT TIMBAL
Timbal mempunyai nomor atom 82 dengan berat atom 207,20. Titik leleh timbal adalah 1740 0C dan memiliki massa jenis 11,34 g/cm3. Palar (1994) mengungkapkan bahwa logam Pb pada suhu 500-600 0C dapat menguap dan membentuk oksigen di udara dalam bentuk timbal oksida (PbO). Dibawah ini merupakan tabel yang menunjukkan beberapa sifat fisika yang dimiliki timbal.
BAHAYA TIMBAL UNTUK ANAK-ANAK
Belajar tentang toksikologi alias ilmu racun meracun ternyata sangatlah menarik. Saking menariknya kadang-kadang malah jadi bikin ngeri. Hari Sabtu kemarin salah satu kelompok di kelas mempresentasikan tentang pengaruh lead (timbal) terhadap perubahan perilaku pada anak. Presentasi ini menjadi sangat menarik karena rata-rata anggota kelas telah memilki anak usia balita.
Lead atau timbal merupakan salah satu logam berat yang terbukti menimbulkan pengaruh buruk pada manusia jika terpajan melebihi nilai ambang yang ditetapkan. Akibat yang mungkin ditimbulkan pada anak-anak adalah gangguan belajar, pertumbuhan yang terhambat, hiperaktivitas, gangguan pendengaran, dan mungkin juga terjadi kerusakan pada otak, jika pajanannya besar. Jika diketahui secara dini efek tersebut dapat diminimalkan dengan menghentikan pajanan atau dengan terapi medis.
DAMPAK KERACUNAN TIMBAL
  1. Jumlah sel darah merah menurun;
  2. Logam Fe di plasma darah bertambah;
  3. Kadar ALAD (Amino levulinic Acid Dehidrase) atau asam amino levulinat dehidrase dalam urin juga darah makin meningkat;
  4. Umur sel darah merah jadi pendek;
  5. Kadar protopporhin di sel darah merah jadi bertambah (meningkat).
EFEK TIMBAL BERPENGARUH PADA TUBUH
  1. Menurunnya kemampuan belajar;
  2. Postur tubuh jadi pendek;
  3. Pendengaran menurun;
  4. Berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang/turunnya kecerdasan;
  5. Merusak ginjal;
  6. Merusak sistem saraf;
  7. Mempengaruhi reproduksi;
  8. Tekanan darah tinggi
  9. Berpengaruh terhadap perkembangan otak;
  10. Ibu hamil dapat mengalami anemia
  11. Mempengaruh janin karena timbal dapat masuk lewat plasenta dan sifat timbal mampu meracuni organ.
TINGKAT BAHAYA TIMBAL
  Secara umum efek timbal terhadap kesehatan dapat dikelompokkan sebagai berikut:
     
     a)    Sistem syaraf dan kecerdasan
     Efek timbal terhadap sistem syaraf telah diketahui, terutama dalam studi kesehatan kerja dimana pekerja yang terpajan kadar timbal yang tinggi dilaporkan menderita gejala kehilangan nafsu makan, depresi, kelelahan, sakit kepala, mudah lupa, dan pusing. Pada tingkat pajanan yang lebih rendah, terjadi penurunan kecepatan bereaksi, memburuknya koordinasi tangan-mata, dan menurunnya kecepatan konduksi syaraf.
     Efek timbal terhadap kecerdasan anak telah banyak diteliti, dan studi menunjukkan timbal memiliki efek menurunkan IQ bahkan pada tingkat paparan rendah. Peningkatan kadar timbal dalam darah sebesar 10 µg/dl hingga 20 µg/dl dapat menurunkan IQ sebesar 2.6 poin. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa kenaikan kadar timbal dalam darah di atas 20 µg/dl dapat mengakibatkan penurunan IQ sebesar 2-5 poin.

     b)    Efek sistemik
     Studi menunjukkan hubungan antara meningkatnya tekanan darah dengan BLL paling banyak ditemukan pada kasus pajanan terhadap laki-laki dewasa. Schwartz (1995) dalam laporan WHO menunjukkan bahwa penurunan BLL sebesar 10 µg/dl to 5 µg/dl menyebabkan penurunan tekanan darah sebsar 1.25 mmHg. Pada wanita dewasa, hubungan antara BLL dengan tekanan darah tidak terlalu kuat dan jarang ditemukan. Efek sistemik lainnya adalah gejala gastrointestinal. Keracunan timbal dapat berakibat sakit perut, konstipasi, kram, mual, muntah, anoreksia, dan kehilangan berat badan.

    c)    Efek timbal terhadap reproduksi
    Efek timbal terhadap reproduksi dapat terjadi pada pria dan wanita dan telah diketahui sejak abad 19, dimana pada masa itu timbal bahkan digunakan untuk menggugurkan kandungan. Paparan timbal pada wanita di masa kehamilan telah dilaporkan dapat memperbesar resiko keguguran, kematian bayi dalam kandungan, dan kelahiran prematur. Pada laki-laki, efek timbal antara lain menurunkan jumlah sperma dan meningkatnya jumlah sperma abnormal.


DAFTAR PUSTAKA:
  Tedi Mulyadi Pengertian,ciri,sifat Timbal
http://budisma.net/2015/03/pengertian-ciri-dan-sifat-timbal.html
Alfi Potter Selasa23April2013 Bahaya Timbal
http://nurju.blogspot.co.id/
Pengertian, Ciri dan Bahayanya
https://pintarstudi.blogspot.co.id/2016/11/apa-itu-timbal-pb-pengertian-ciri-dan.html
22 Dampak Bahaya Keracunan Timbal Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
https://halosehat.com/farmasi/logam/dampak-bahaya-keracunan-timbal-bagi-kesehatan-tubuh-manusia
Timbal
http://bilangapax.blogspot.co.id/2011/02/timbal.html 





 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.