.

Senin, 23 Oktober 2023

Komposisi Molekuler Zat Cair

 


Oleh: Santika Tria Ananda Saputri

(@Z21-SANTIKA)


Abstrak 

Suatu cairan akan mendidih jika jumlah molekulnya cukup energi untuk melepaskan diri dari sel molekul yang kemudian berubah menjadi uap. Ketika zat lain yang larut dalam udara, maka zat tersebut akan menjadi partikel, yang nantinya partikel tersebut akan mengikat partikel udara dan keluar ke dalamnya uap, dengan kata lain molekul udara akan membutuhkan energi yang lebih tinggi untuk mendidih.

Kata kunci: Molekul, zat cair, partikel.


Tujuan

Untuk mengetahui sifat-sifat zat cair dan memahami keadaan cair suatu zat berdasarkan tingkat molekulernya.


Pendahuluan

Sifat-sifat suatu larutan sangat dipengaruhi oleh komposisinya. Untuk menyatakan komposisi lingkungan  tersebut maka digunakan istilah konsentrasi larutan yang menunjukkan perbandingan  jumlah zat terlarut terhadap pelarut  (Khikmah, N.2015). Untuk jumlah terlarut  yang berbeda pada setiap lingkungan, maka  dibutuhkan energi panas yang berbeda pula, yang selanjutnya akan mempengaruhi titik-titik di lingkungan tersebut. Titik didih suatu  larutan merupakan suhu larutan pada saat tekanan uap jenuh larutan itu sama dengan  tekanan udara luar (tekanan yang diberikan  pada permukaan cairan) (Wolke, 2003). Sifat cairan, volumenya konstan, tetapi bentuknya mengikuti wadahnya. Hal ini disebabkan gaya Tarik antar molekul yang bekerja pada cairan jauh lebih besar dari bentuk gas, dan ini mengakibatkan molekul saling berdekatan. Untuk memahami secara lengkap keadaan cair suatu zat, diperlukan pemahaman tentang perilaku pada tingkat molekuler.


Rumusan Masalah

1. Apa maksudnya dengan Fungsi potensial antar molekul?

2. Apa maksudnya dengan Fungsi distribusi radial?

3. Sebutkan komposisi molekuler pada air!


Pembahasan

1. Fungsi potensial berpasangan, u , adalah bilangan positif besar untuk r kurang dari d , dengan asumsi nilai minimum di lokasi yang paling disukai dan berkurang menjadi nol ketika r mendekati tak terhingga .

2. Fungsi distribusi radial suatu cairan adalah perantara antara padatan dan gas, dengan sejumlah puncak kecil sebagai jarak pendek, ditumpangkan pada peluruhan tetap hingga nilai konstan pada jarak yang lebih jauh.

3. Air mempunyai rumus kimia H2O , satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang berikatan kovalen dengan satu atom oksigen.

Kesimpulan

Dari hasil pemaparan diatas diketahui bahwa sifat-sifat suatu lingkungan sangat dipengaruhi oleh susunan komposisinya dan suatu cairan akan mendidih jika jumlah molekulnya cukup energi untuk melepaskan diri dari sesama molekul yang kemudian berubah menjadi uap.


Contoh Soal 

1. Sebutkan ciri-ciri dari zat cair!

   Jawaban:

   •Bentuknya berubah-ubah.

   •Volumenya tetap.

   •Mengikuti bentuk wadahnya.

   •Pada Ikatan antar partikelnya lemah.

   •Pada Susunan partikelnya kurang tetatur dan renggang.


2. Sebuah benda terapung di atas permukaan udara yang dilapisi minyak dengan 50% volume benda berada di dalam udara, 30% volume benda berada di minyak, dan sisanya berada di permukaan minyak. Jika massa jenis minyak adalah 0,8 g/cm3 maka massa jenis benda tersebut adalah.... g/cm3

Jawaban:

ρ udara = 1 g/cm3VbTair = 50%

ρ Minyak = 0,8 g/cm3VbTminyak = 30%

Kasus ini dapat diselesaikan melalui hubungan antara gaya berat dan gaya apung. Adapun persamaannya sebagai berikut:

Fa = w

ρ . g .VbT= ρ . G . Vb

ρ .VbT= ρ . Vb

ρ udara .VbTair + ρ minyak . Vb minyak = ρb . Vb(1) . (50% Vb) + (0,8) . (30% Vb) = ρb . Vb

ρ = 0,5 + 0,24 = 0,74Jadi, massa jenis zat benda tersebut adalah 0,74 gram/cm3


Daftar Pustaka

Putri, Laili Mei Ari, Trapsilo Prihandono dan Bambang Supriadi. 2017. PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN TERHADAP LAJU KENAIKAN SUHU LARUTAN. FKIP Universitas Jember, Jember. (Diakses pada tanggal 23 Oktober 2023)

https://core.ac.uk/download/pdf/291838096.pdf

Rangkuti, Maksum. 2023. Ciri-Ciri Perubahan Kimia. Fakultas Teknik UMSU, Medan. (Diakses pada tanggal 23 Oktober 2023)

https://fatek.umsu.ac.id/2023/08/21/ciri-ciri-perubahan-kimia/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.