.

Senin, 11 September 2023

PERKEMBANGAN INDUSTRI KIMIA DI INDONESIA

 PERKEMBANGAN INDUSTRI KIMIA DI INDONESIA

oleh : Reva Liandri (@Z17-REVA)


Abstrak

Industri kimia adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan. Industri kimia merujuk pada suatu industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri kimia dinilai sebagai salah satu sektor yang siap memasuki era industri 4.0 karena otomasi yang sudah lama digunakan. Sektor ini merupakan salah satu pemain unggulan Indonesia dalam perkembangan industri di kawasan ASEAN. Dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta jiwa dan ketersediaan sumber daya yang melimpah, Indonesia berpeluang menjadi yang terdepan dalam perkembangan industri kimia. Perkembangan industri kimia di Indonesia cenderung naik dan akan terus mengalami peningkatan permintaan  pasar dari tahun ke tahun. Kompetensi yang tinggi dan kinerja rata-rata pertahun karyawan yang naik secara signifikan tidak menjamin karyawan tersebut dapat di promosikan dari jabatannya. Hal ini dapat dilihat dari karyawan yang telah lama bekerja lalu tidak dipromosikan dari jabatannya dibandingkan dengan karyawan baru.

Kata kunci : lingkungan, industri, kimia, kinerja, kompetensi

 

Pendahuluan

Menurut para ahli, industri kimia adalah cabang kimia yang menerapkan proses fisik dan kimia menuju transformasi pembuatan bahan baku menjadi produk yang bermanfaat bagi umat manusia. Industri ini dimulai dari bahan mentah yang diperoleh melalui penambangan, pertanian, dan sumber–sumber lain, menjadi material, zat kimia, serta senyawa kimia yang dapat berupa produk akhir atau produk antara yang akan digunakan di industri lain. Industri kimia di indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan industri kimia juga harus di imbangi dengan upaya untuk memastikan praktik yang dilakukan ramah lingkungan. Limbah industri dalam skala apapun adalah ancaman bagi keberlangsungan makhluk hidup dan ekosistem. Sehingga kita tidak boleh menganggap sepele penanganan limbah industri, jika tidak kerugian yang lebih besar akan terjadi. Kesadaran tentang bahaya limbah industri ini harus dimiliki oleh siapapun, baik pemilik modal yang mendirikan industri, birokrasi yang memberikan ijin dan juga masyarakat di manapun mereka berada.

 

Rumusan Masalah

1.      1. Apa itu industri kimia?

2.     2.   Bagaimana perkembangan industri kimia di Indonesia?

3.     3.   Apa dampak limbah dari industri kimia terhadap lingkungan?

 

Tujuan

1.     1. Untuk mengetahui apa itu industri kimia

2.     2. Untuk mengetahui perkembangan industri kimia di Indonesia

3.    3.   Untuk mengetahui dampak limbah dari industri kimia terhadap lingkungan

 

Pembahasan

1.       1. Pengertian Industri Kimia

Industri kimia adalah kegiatan industri yang melibatkan zat kimia, dalam prosesnya melalui reaksi kimia untuk membentuk zat baru. Industri ini dimulai dari bahan mentah yang diperoleh melalui penambangan, pertanian, dan sumber–sumber lain, menjadi material, zat kimia, serta senyawa kimia yang dapat berupa produk akhir atau produk antara yang akan digunakan di industri lain. Industri kimia memiliki sektor yang luas, sehingga industri kimia dipecah menjadi 8 kategori, yaitu :

·         Industri petrokimia atau produk turunan minyak bumi

·         Industri bahan kimia dasar

·         Industri produk plastik

·         Industri farmasi

·         Industri cat dan tinta

·         Industri produk karet

·         Industri deterjen dan perlengkapan mandi

·         Lainnya

 

 

Bukan hanya industri kimia yang bertanggung jawab atas adanya pemanasan global. Sebaliknya, industri kimia dapat memproduksi banyak produk yang membuat kehidupan lebih mudah. Bahan baku dapat dikonversi menjadi produk yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari berkat industri kimia. Berikut adalah beberapa contoh produk industri kimia:

·         Plastik dan Poliner

Contoh: pakaian, elektronik, dekorasi rumah, furniture, dan kabel

·         Pestisida dan Pupuk

Pestisida dan pupuk ini sangat membantu dalam pembangunan dan pertanian. Produk ini paling penting yang di produksi oleh industri kimia, karena akan menghasilkan panen yang meningkat dan terlindungi dari serangan hama.

·         Produk dan Peralatan Mandi Pribadi

Perlengkapan yang dihasilkan dari industri kimia ini beragam seperti peralatan mandi dan barang-barang pribadi, contohnya parfum, deodoran, kosmetik, dan sabun.

·         Makanan

Industri kimia memiliki peran penting dalam industri makanan. Ini karena bahan kimia banyak digunakan dalam makanan sebagai pengawet, perasa, dan penambah rasa. Ini membantu dalam meningkatkan umur simpan makanan dan membantu membuatnya dimakan.

 

2.       2. Perkembangan Industri Kimia

Industri kimia di indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan industri kimia juga harus di imbangi dengan upaya untuk memastikan praktik yang dilakukan ramah lingkungan.Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai perkembangan ini:

·         Produk pertanian

·         Industri makanan dan minuman

·         Penelitian dan inovasi

·         Petrokimia (bahan bakar fosil)

 

 

 

3.      3.  Dampak Limbah Industri Kimia

Industri kimia dan bahan bangunan dapat menjadi ancaman serius bagi keberlangsungsan makhluk hidup, bisa dalam skala besar ataupun skala kecil. Contohnya, untuk memproduksi alkohol, dibutuhkan air dalam jumlah yang cukup besar. Sama seperti yang terjadi dalam industri sandang, limbah dari produksi alkohol jelas berupa limbah cair dengan jumlah yang besar. Dalam limbah cair ini pasti terkandung senyawa organik, anorganik dan mikroorganisme serta bahan berbahaya lainnya. Sementara itu keracunan air raksa, asbes, timbal, arsen dan lain sebagainya dampaknya akan terasa dalam jangka panjang setelah menumpuk dalam tubuh. Limbah industri dalam skala apapun adalah ancaman bagi keberlangsungan makhluk hidup dan ekosistem. Sehingga kita tidak boleh menganggap sepele penanganan limbah industri, jika tidak kerugian yang lebih besar akan terjadi. Kesadaran tentang bahaya limbah industri ini harus dimiliki oleh siapapun, baik pemilik modal yang mendirikan industri, birokrasi yang memberikan ijin dan juga masyarakat di manapun mereka berada. Hal ini untuk menumbuhkan sinergi yang baik untuk mencari solusi bagaimana industri tidak terhambat pertumbuhannya, namun juga tidak mencemari lingkungan. Berikut adalah beberapa dampak utamanya :

·         Pencemaran air

·         Kerusakan tanah

·         Kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya

·         Kerusakan lingkungan

 

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan diatas industri kimia adalah kegiatan industri yang melibatkan zat kimia, dalam prosesnya melalui reaksi kimia untuk membentuk zat baru, yang mampu menerapkan proses fisik dan kimia menuju transformasi pembuatan bahan baku menjadi produk yang bermanfaat bagi umat manusia. Sehingga hal ini menimbulkan sinergi yang baik untuk mencari solusi bagaimana industri tidak terhambat pertumbuhannya, namun juga tidak mencemari lingkungan.

 

Daftar Pusaka

https://repository.widyatama.ac.id/server/api/core/bitstreams/33e8d8a3-31b3-4066-99a8-dc0896464012/content

https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kimia_industri

https://www.pakarkimia.com/kimia-industri/#:~:text=Pengertian%20Kimia%20Industri%20Menurut%20Para,yang%20bermanfaat%20bagi%20umat%20manusia

https://www.academia.edu/ 


1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.