.

Senin, 11 September 2023

Perkembangan Teori atom dan Nanoteknologi

Jenny Utamy Putry 
@Z19-JENNY

 Perkembangan Teori Atom dan Nanoteknologi

 

Abstrak

 

Pembahasan tentang nomormassa, nomor atom. Apa saja partikel penyusun suatu atom? Bagaimana cara membedakan karakteristik antar atom? Untuk apa kita mempelajari nomor atom dan nomormassa? Apakah atom unsur yang berbeda selalu mempunyai jumlah partikel dasar yang berbeda? Bagaimana sifat-sifat molekul atau struktur atom berukuran nanometer dapat membentuk sebuah teknologi.

Keywords

Partikel penyusun atom, nomor atom, nanoteknologi, model atom

 Pendahuluan  

          Filsuf Yunani bernama “Demokritus” adalah yang pertama kali mengemukakan istilah kata dari atom.Konsep mengenai atom terus berkembang dimulai dengan model atom Dalton yang menyatakan bahwa atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi. model atom Thomson yang memperbaiki model atom Dalton dengan menyatakan bahwa atom merupakan bola pejal yang terdiri atas materi bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron seperti roti kismis. Selanjutnya model atom Thomson diperbaiki lagi oleh Rutherford dengan model atomnya yang menyatakan bahwa atom terdiri atas inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Model atom Rutherford mempunyai kelemahan, dan diperbaiki oleh Bohr dengan model atomnya yang mengemukakan tentang tingkat energi (kulit) dalam atom. Kemudian model atom terus berkembang sampai model atom mekanika kuantum yang mengemukakan gagasan tentang orbital.

        Apasajakah partikel penyusun atom dan perbedaan apa yang terdapat didalamnya.Teknologi apa yang sudah dapat ditemukan dan digunakan sebagai pesawat/alat yang berdasar pada partikel atom.Apa saja yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dari sebuah partikel atom.Karakteristik antar atom dan perubahan berkala sesuai dengan banyaknya percobaan penelitian teori-teori yang sudah ada.

Pembahasan

1. Partikel atom

1)     Atom tersusun atau terdiri dari tiga partikel dasar yaitu proton, elektron dan neutron. Proton dan neutron berada dalam inti atom sedangkan elektron berada disekeliling inti atom sebagai kulit atom. Proton adalah partikel atom yang bermuatan positif ditemukan oleh Eugen Goldstein pada tahun 1886.

Bentuk notasi atom dalam suatu unsur:

 

Elektron adalah partikel atom yang bermuatan negatif ditemukan oleh J.J. Thomson pada tahun 1897. Neutron adalah partikel atom yang tidak bermuatan ditemukan oleh James Chadwick tahun 1932.

  2.  Nomor atom dan Massa atom

Setiap atom memiliki karakteristik tersendiri, yang berarti mempunyai jumlah proton, jumlah elektron dan jumlah neutron yang berbeda-beda. Nomor atom ada untuk menyatakan jumlah proton di dalam inti atom Karena atom bersifat elektronetral maka jumlah proton suatu atom sama dengan jumlah elektronnya.Nomor atom juga menyatakan jumlah elektron.Nomor atom diberi notasi z.

1 nomor atom(z) = jumlah proton = jumlah elektron

Karena proton dan neutron berada didalam inti atom dan pusat massa atom(A) terdapat di inti atom, maka massa(A) atom menyatakan jumlah proton + jumlah neutron.

Secara umum nomor atom, massa atom dan lambang atom dituliskan sebagai berikut:

 z X A dimana:

 z = nomor atom

 X = lambang atom

A = massa atom

 

1)      3.Nanoteknologi

Secara sederhananya, teknologi nano merupakan teknologi yang berbasis pada rekayasa material dalam skala nanometer (1-100 x 10-9 meter). Konsep teknologi nano pertama kali diperkenalkan oleh fisikawan Richard Feynman pada tahun 1959 melalui presentasinya yang berjudul “There's Plenty of Room at the Bottom”.

Atau bisa diartikan juga bahwa Nanoteknologi merupakan suatu teknologi yang dihasilkan dari pemanfaatan sifat-sifat molekul atau struktur atom apabila berukuran nanometer. Jadi apabila molekul atau struktur dapat dibuat dalam ukuran nanometer maka akan dihasilkan sifat-sifat baru yang luar biasa.

Teknologi nano sangat bermanfaat dibanyak bidang salah satunya adalah bidang pertanian.Contoh produk hasil teknologi nano dibidang pertanian sebagai berikut:

§     Pupuk Nano

      Benih Nano

§      Sensor Nano

§     Pestisida Nano

Teknologi nano masih dapat terus dikembangkan dan akan lebih banyak mencakup banyak bidang dengan alat sekecil itu tentunya akan sangat memudahkan untuk mengatasi banyak permasalahan.

 

Penutup

 

Teori atom akan terus mengalami perubahan seiring dengan banyaknya percobaan dan penelitian lebih lanjut mengenai atom dan strukturnya, ada banyak manfaat yang dihasilkan dari nanoteknologi atau nanomaterial dan berpotensi semakin banyak kesempatan sebagai sebuah solusi suatu masalah dari banyak bidang.Proton, neutron, dan elektron merupakan partikel susunan dari atom.

soal

1.Siapa dan tahun berapa elektron ditemukan?

2.Apa notasi dari nomor atom?

jawab

1. J.J.Thomson pada tahun 1897

2. z


Daftar Pustaka

 

Petrucci, Ralph H – Suminar. 1999. Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern. Jakarta: Erlangga.

Purba, Michael. 1997. Ilmu Kimia untuk SMU kelas 1 jilid 1A dan 1B. Jakarta: Erlangga.

Sudarmo, Unggul. 2004. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sunarya, Yayan. 2003.Kimia Dasar 2: PrinsipPrinsip Kimia Terkini. Bandung: Alkemi Grafisindo Press.

Syukri. 1999. Kimia Dasar 1. Bandung: Penebit ITB.

 

 







1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.