.

Sabtu, 10 Oktober 2020

KIMIA LINGKUNGAN

 KIMIA LINGKUNGAN

Oleh : Marlina Christiaji (S14 - Marlina)



ABSTRAK

Ilmu kimia merupakan dasar ilmu yang dapat menghubungkan semua ilmu pengetahuan Alam, seperti fisika, biologi, geologi bahkan astronomi. Kimia memiliki cakupan yang sangat luas, dalam kegiatan sehari – hari manusia selalu berhubungan dengan ilmu kimia. Penerapan ilmu kimia dalam kehidupan manusia sangat banyak, hampir seluruh kegiatan manusia tanpa disadari berhubungan dengan kimia. masyarakat menggunakan produk yang pada pembuatannya merupakan pengimplentasian dari ilmu kimia, baik kimia terapan ataupun penggabungan kimia dengan ilmu pengetahuan alam lainnya. Namun, banyak masyarakat yang hanya menilai kimia sebagai zat yang berbahaya dan hal yang merusak lingkungan. Kimia dalam beberapa penerapannya memang memiliki dampak yang tidak baik, banyak zat – zat kimia yang berbahaya dan beracun, zat –zat kimia digunakan beberapa orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat produk yang berbahaya, dan ada zat – zat kimia yang dapat merusak lingkungan. Adanya penerapan ilmu kimia yang berbahaya tidak seharusnya membuat masyarakat memandang kimia sebagai sesuatu hal yang berbahaya, banyak sekali manfaat ilmu kimia yang berpengaruh bagi masyarakat yang juga berpengaruh bagi lingkungan. Manfaat kimia lingkungan sangat banyak dan sangat berdampak bagi kehidupan manusia.

Keywords : ilmu kimia, kimia lingkungan, dampak kimia terhadap lingkungan

 

PENDAHULUAN

           Ilmu kimia yang berkembang seiring dengan perkembangan zaman memiliki banyak dampak bagi kehidupan manusia juga bagi lingkungan. Manfaat dari kimia sangat banyak namun hal itu tidak menutup kemungkinan akan bahaya – bahaya yang ditimbulkan. Semakin majunya teknologi yang mempermudah masyarakat dalam mengakses segala suatu hal, masyarakat lebih mudah mempelajari segala ilmu pengetahuan termasuk ilmu kimia sehingga pengetahuan masyarakat akan sekmakin banyak, namun disamping itu zat – zat kimia banyak yang berbahaya untuk manusia juga untuk lingkungan.

Ilmu kimia memiliki banyak sekali cabang ilmu, salah satunya adalah kimia lingkungan. Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang proses kimia yang terjadi di lingkungan dan dampaknya bagi aktivitas manusia. Kimia lingkungan mempelajari tentang fenomena kimia dan biokimia yang erjadi di atmosfer bumi. Ilmu kimia lingkungan memiliki peranan yang sangat penting agar manusia mengetahui tentang polutan, efek rumah kaca, pencemaran, efeknya terhadap lingkungan, cara mengurangi efek tersebut dan langkah – langkah untuk mencegahnya. Segala bentuk aktivitas yang memiliki dampak bagi lingkungan dibahas didalam kimia lingkungan.            

Kimia lingkungan mempelajari efek bahan kimia terhadap lingkungan, termasuk pembentukan senyawa, bagaimana bahan kimia masuk ke lingkungan, perubahan yang terjadi pada bahan kimia tersebut setelah menyebar ke lingkungan, jumlah bahan kimia di lingkungan dan bagaimana mereka memasuki organisme dan hal-hal lain dari lingkungan dan kerusakan yang ditimbulkannya.


PERMASALAHAN

            Perkembangan zaman yang berdampak pada perkembangan teknologi mempermudah manusia untuk mempelajari hal – hal baru termasuk ilmu kimia yang terkadang disalahgunakan dan menjadi berbahaya bagi kehidupan manusia serta bagi lingkungan. Zat – zat yang digunakan dapat merusak lingkungan dan membuat lingkungan terkontaminasi dan polusi. Setiap segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan negatif.

a.)    Dampak merugikan bahan kimia bagi lingkungan.

b.)    Manfaat mempelajari kimia lingkungan bagi kehidupan.

 

PEMBAHASAN

            Pengetahuan yang semakin meningkat membuat manusia mudah melakukan segala sesuatunya, banyaknya pengetahuan yang dapat diakses mempermudah manusia menciptakan suatu inovasi baru. Inovasi baru yang tercipta terkadang memiliki dampak negatif untuk lingkungan. Dampak negatif adalah dampak yang menurunkan kualitas/kenyamanan hidup. Dampak ini tidak diharapkan karena menimbulkan masalah yang harus diatasi. Banyaknya zat-zat berbahaya kimia terkadang digunakan manusia tanpa mengetahui dampaknya.

Dampak negatif bahan kimia terhadap lingkungan:

1.        Penggunaan pupuk kimia yang awalnya dibuat dengan tujuan meningkatkan hasil panen dan mengatasi hama dan ternyata pupuk kimia tersebut membawa dampak negative bagi lingkungan, seperti mengakibatkan terikatnya unsur zat hara yang ada dalam tanah oleh molekul-molekul kimiawi sehingga regenerasi humus tidak dapat berlangsung lagi.

2.      Penggunaan alumunium foil dengan tujuan menjaga makanan agar tetap panas, berdampak negatif bagi lingkungan karena alumunium dapat terakumulasi pada tanaman. aluminium dapat merusak akar pohon ketika berada di tanah.

3.     Penggunaan deterjen untuk membersihkan pakaian, bahan aktif dalam deterjen merupakan bahan kimia yang sulit terurai oleh mikroorganisme sehingga menyebabkan pencemaran air dan tanah.

4.     Penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan pencemaran udara, kondisi udara di dalam atmosfer tidak pernah ditemukan dalam keadaan bersih, melainkan sudah tercampur dengan gas-gas lain dan partikulat-partikulat yang tidak kita perlukan.

            Dampak yang ditimbulkan dari zat-zat kimia yang membuat rusak lingkungan dapat diatasi dengan mempelajari kimia lingkungan. Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang proses kimia yang terjadi di lingkungan dan dampaknya bagi aktivitas manusia dan berperan penting agar manusia mengetahui tentang polutan, efek rumah kaca, pencemaran, efeknya terhadap lingkungan, cara mengurangi efek tersebut dan langkah – langkah untuk mencegahnya.

Manfaat mempelajari kimia lingkungan:

1.     Dengan mempelajari kimia lingkungan manusia akan lebih mengerti tentang lingkungan hidup, dengan seluruh gejala kimia yang terjadi baik yang terjadi secara alamiah ataupun yang disebabakan oleh aktivitas manusia.

2.   Kimia lingkungan dapat membantu manusia melakukan penanggulangan terhadap pencemaran dan dapat pula mencegah terjadinya pencemaran.

3.     Kimia lingkungan menjelaskan tentang unsur-unsur dan bentuk aktivitas yang memiliki dampak bagi lingkungan.

KESIMPULAN

       Seiring perkembangan zaman ilmu pengetahuan pun semakin berkembang hal itu didukung dengan kemajuan teknologi masa kini. Perkembangan ilmu pengetahuan juga berpengaruh dengan ilmu kimia yang dimiliki manusia saat ini. Berkembangnya ilmu kimia membawa dampak baik bagi manusia tetapi ada juga bahan-bahan kimia yang berdampak buruk bagi lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut manusia memiliki peranan yang sangat penting, kimia lingkungan sebagai cabang ilmu kimia yang membahas tentang segala unsur-unsur dan bentuk aktivitas yang memiliki dampak bagi lingkungan juga pencegahan dan penanggulangannya, ilmu kimia lingkungan dapat membantu manusia untuk tetap menggunakan unsur-unsur kimia tanpa merusak lingkungan.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

            Sodhi, GS. 2015. Konsep Dasar Kimia Lingkungan Edisi 3. Jakarta : EGC

            Luthfi, Achmad. 2004. Kimia lingkungan. Jakarta.

           Achmad, Rukaesih. 2004. Kimia Lingkungan. Yokyakarta: Andi.

          Sanjaya, Aldy. 2016. Kimia Lingkungan dan Kimia Kehidupan Dalam Konsep Peranan Terumbu Karang Pada Proses Kehidupan Biota Laut. Makalah Universitas Riau. 1:5 Pekan Baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.