.

Minggu, 02 Februari 2020

Minyak Bumi Sebagai Sumber Energi

Minyak Bumi
Oleh : Andyka Febriyansyah


Abstrak

Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang tergolong tidak dapat di perbarui, sumber daya alam tersebut mudah terbakar dan untuk menjangkaunya haris menggalis hingga ke lapisan kerak bumi. Secara bentuknya, minyak bumi ini memiliki bentuk yang kental dan agak coklat.
Minyak bumi ini meruapakan salah satu bahan bakar fosil yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia dalam sehari-hari.

Kata Kunci : Minyak bumi, Manfaat minyak bumi

Pendahuluan

Latar Belakang

Menurut Georgius Agricola, Kata minyak bumi Secara harfiah adalah “Minyak batu” yang merupakan berasal dari bahas latin petra yaitu “Batu” dan oleum “Minyak” untuk pertama kali digunakan pada tahun 1556 dalam risalah yang sudah diterbitkan oleh ahli mineral di Jerman.
Minyak bumi adalah salah satu kebutuhan manusia yang tidak dapat dihindarkan kehadirannya. Karena dalam sejarah manusia energy sudah menjadi kunci utama dalam sebuah kehidupan, mengapa demikian karna hidup di era zaman dulu yang menjadi kunci utama dalam kehidupan manusia era dulu adalah dengan membakar kayu untuk memasak maupun untuk penerangan. Hingga sekaran sudah muncul minyak bumi yang menggantikan peran kunci utama dari kayu tersebut
Pembahasan.

Pengertian Kimi Kontekstual

Kimia kontekstual adalah ilmu yang berkaitan dari berbagai aspek kehidupan manusia. Dalam pembahasanya sangat tergantung pada isu atau masalah apa yang sedang terjadi dan yang sedang banyak dibicarakan.
Pembelajaran kimia kontekstual ini dapat berupa dalam mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena dan proses kimia yang terjadi di dalam kehidupan manusia sehari-hari dan yang berkaitan tersebut seperti yakni:
a. Industri
b. Lingkungan
c. Energi
d. Pangan
e. Obat
f. Polimer

Serta dengan begitu kita dapat memahami secara teori bahwa kimia adalah ilmu pengetahuan yang sntral dan dapat menunjukan keterkeitannya ilmu kimia terhadap ilmu yang lainnya.

Pembahasan

https://www.google.co.id/url?

Pengertian minyak bumi

Minyak bumi adalah suatu campuran kompleks hidrokarbon yang terjadi di bumi dalam bentuk cair, gas, ataupadat. Minyak bumi juga dapat kita sebut sebagai minyak mentah, tetapi dengan begitu minyak bumi juga mencakup gas alam yang memiliki bentuk kental atau padat dan sering dikenal sebagai bitumen yang dapat ditemukan di pasir tar. Fase cair dan gas dari minyak bumi ini merupakan salah satu yang paling penting dari bahan bakar fosil primer. Minyak bumi juga dalam istilah luas adalah mengelompokan kombinasi cairan dan gas organic yang akan terbentuk setalh kerogen itu dipanaskan dan di kompresi dalam jangka waktu yang cukup lama, komponen gas utama dari minyak bumi itu sendiri ialah gas alam.

Manfaat Minyak bumi

Minyak bumi merupakan gas alam yang sangat penting bagi manusia terutama dalam kegiatan sehari-hari yang tentunya akan selalu berkaitan dengan minyak bumi. Maka dari itu minyak bumi itu sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari seperti berikut ini:

1. sebagai alat untuk bahan bakar
hampir semua produk yang berasalkan dari minyak bumi dan gas alam ini dimanfaatkan maupun dipergunakan sebagai bahan bakar. Bahan bakar sendiri sudah menjadi kebutuhan manusia yang cukup penting terutama untuk kebutuhan rumah tangga dan untuk kebutuhan kendaraan. Bahan bakar yang sering digunakan unutk kebutuhan rumah tangga seperti minyak tanah dan juga gas LPG, sedangkan bahan bakar untuk kebutuhan kendaraan motor, mobil, maupun pesawat menggunakan bahan bakar jenis bensin dan minyak solar.

2. Sebagai alat untuk bahan baku industry
Minyak bumi sangat memiliki manfaat yang banyak untuk kegiatan industry, beberapa produk yang dihasilkan dengan menggunakan minyak bumi dapat digolongkan dalam kategori seperti plastic, karet yang sintetis, plarut, puput, hingga obat dan beberapa vitamin yang dimanfaatkan dari minyak bumi itu sendiri sehingga minyak bumi ini cukup membantu dalam kehidupan manusia.

Hasil olahan dari minyak bumi

1. LPG, LPG ini merupakan hasil olahan dari minyak bumi yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kehidupan sehari hari. Didalam gas lpg ini terdapat berbagai komponen seperti etana, propane dan pentane yang setalah itu ditambahkan sedikit komponen senyawa merkaptan atau komponen pembau dengan tujuan aga dapat mengantisipasi jika sewaktu-waktu gas bocor.

2. avtur, avtur ini sendiri merupakan salah satu bahan bakar dari kendaraan pesawat, tetapi avtur ini hanya untuk pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin dengan bahan dasar kerosin. Avtur ini memiliki keuntungan yang sangat berguna karna dapat mencegah hilangnya bahan bakar dalam jumlah banyak dalam artian bahan bakar avtur ini hemat digunakan, selain itu avtur ini memiliki kualitas bahan bakar yang sangat baik sehingga sangat bermanfaat untuk penerbangan jarak jauh

3. Bensin, tentu hasil olahan bensin ini sudah tidak asing lagi karna sudah menjadi kebutuhan wajib untuk kendaraan bermotor mau pun mobil yang sering digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bensin ini memiliki komponen yang sangat penting yaitu adalah oktana dan n-heptana, tetapi agar bilangan otan lebih banyak untuk menghasilkan kualitas bensin perlu ditambahkan senyawa khusus seperti TEL dan MTBE

4. Solar, solar ini tidak hanya untuk kendaraan melainkan solar dapat dimanfaatkan untuk proses pembakaran mesin diesl untuk industry. Kelebihan pada solar ini tidak mudah menguap dan memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi dari pada bahan bakar lainnya.

5. aspal, aspal ini merupakan hasil bahan olahan minyak bumi yang memiliki sifat kental, melekat dan memiliki unsur klor, sulfur dan oksigen yang tinggi sehingga aspal tahan terhadap air dan mampu menyerap air dengan baik sehingga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari pembahasan minyak bumi tersebut bahwasanya minyak bumi sudah menjadi sumber daya alam yang sangat penting dan berguna serta bermanfaat juga bagi kehidupan manusia sehari-sehari, sehingga tidak dapat ditoleransikan lagi keberadaan minyak bumi ini. Dampak dari adanya minyak bumi bisa memberikan hasil devisa untuk negara menjadi lebih meningkat selain itu juga terdapat dampak negatif yakni seperti hujan asam, kabut asap bahakan hingga pemanasan global

Daftar Pustaka

Yusron, 2019. "Pengertian Minyak Bumi" https://belajargiat.id/minyak-bumi/ (Diakses Tanggal 2-2-2020).
Thegorbalsla. "Minyak Bumi : Proses Pembentukan, Manfaat, Komposisi, Pengertian" https://thegorbalsla.com/minyak-bumi/ (Diakses Tanggal : (2-2-2020).
Salamadian, 2018. "Pengertian Minyak Bumi : Sejarah, Komposisi, Pengolahan & Proses Pembentukan" https://salamadian.com/pengertian-minyak-bumi/ (Diakses Tanggal : 2-2-2020)
"Manfaat Minyak Bumi dan Gas alam untuk kehidupan" http://direktoritraining.com/manfaat-minyak-bumi-dan-gas-alam-untuk-kehidupan/ (Diakses Tanggal : 2-2-2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.