.

Jumat, 28 Februari 2020

MENGATASI PEMANASAN GLOBAL DENGAN TEKNOLOGI HIJAU



Oleh : Jessica Chresstella

ABSTRAK


Teknologi hijau merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada alam sekitar. Salah satu unsur dalam polutan yang menyebabkan terjadinya pemanasan global adalah CO2. Peningkatan CO2 memiliki dampak negative bagi bumi. Peningkatan konsentrasi gas CO2 di atsmosfer menyebabkan semakin banyak pemantulan gelombang panas dari bumi dan diserap oleh atsmofer. Hal ini tentu saja akan menyebabkan terjadinya kenaikan suhu permukaan bumi . Setiap negara sedang berlomba –lomba dalam menemukan mengembangkan serta meneraokan teknologi hijau sebagai salah satu upaya dalam mengatasi pemanasan global. Namun pengembangan teknologi hijau ini pun harus diiringi dengan  memperhatikan faktor lain seperti kenyaman social, ekonomis dan ramah lingkungan.

Kata Kunci: Teknologi Hijau, Ramah Lingkungan, Pemanasan Global

PENDAHULUAN


Teknologi hijau (greentech) adalah pengembangan dan penerapan produk, peralatan dan sistem yang digunakan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya, yang digunakan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya , yang meminimalkan dan mengurangi dampak negative dari aktivitas manusia terhadap lingkungan (Hidayat, Atep. 2018).

Prinsip Utama Teknologi Hijau:

1.      Kenyaman Sosial, pengembangan teknologi menumbuhkan kenyamanan yang berkelanjutan
2.      Ekonomis, penerapan teknologi hijau semaksimal mungkin rendah biaya dengan manfaat yang optimal
3.      Ramah Lingkungan, teknologi yang dikembangkan bersifat ramah lingkungan dengan meminimalkan dampak terhadap kerusakan lingkungan

Ruang Lingkup Teknologi Hijau:

1.      Energi Hijau, Energi yang terbarukan dan tidak mencemari lingkungan
2.      Bagunan Hijau (green building), Bangunan yang bersahabat dengan prinsip kelestarian lingkungan
3.      Kimia Hijau (green chemistry),  Memaksimalkan proses dengan menghilangkan pengunaan bahan berbahaya
4.      Nanoteknologi Hijau (green nanotechnology),  penggunaan teknologi nano untuk membuat produk ramah lingkungan berbasis skala nanometer.


Pemanasan Global
Sumber Gambar : https://karyapemuda.com/pemanasan-global/


PEMBAHASAN


Dampak pemanasan global yang akan terjadi antara lain (Ginting, N. T., 2018):

a.      Musnahnya berbagai jenis keanekaragaman hayati.
b.      Meningkatnya frekuensi dan intensitas hujan badai, angin topan, dan banjir.
c.       Mencairnya es dan glasier di kutub.
d.      Meningkatnya tanah kering yang potensial menjadi gurun karena kekeringan yang berkepanjangan.
e.      Kenaikan permukaan laut hingga menyebabkan banjir yang luas. Pada tahun 2100 diperkirakan permukaan air laut naik hingga 15 – 95 cm.
f.        Kenaikan suhu air laut menyebabkan terjadinya pemutihan karang (coral bleaching) dan kerusakan terumbu karang di seluruh dunia.
g.      Meningkatnya frekuensi kebakaran hutan.
h.      Menyebarnya penyakit-penyakit tropis, seperti malaria ke daerahdaerah baru karena bertambahnya populasi serangga (nyamuk).
i.        Daerah-daerah tertentu menjadi padat karena terjadinya arus pengungsian.

Enam tindakan manusia yang dikenal sebagai “Tragedy of Commons” sebagai penyebab utama perubahan iklim global adalah: (Gany, A.H.A, 2008)

1.      Meningkatnya kadar karbon dioksida (CO2) di atmosfir.
2.      Perubahan terhadap siklus bio-kimia global dari nitrogen dan elemenelemen lainnya.
3.      pembentukan dan pelepasan komponen organik secara terus menerus seperti chlorofluorocarbon.
4.      Perubahan besar-besaran dalam tataguna lahan dan vegetasi tutupan permukaan.
5.      Perburuan dan perambahan sejumlah besar sumber daya alam dan kehidupan predator dan konsumen.
6.      Invasi keanekaragaman hayati oleh species asing.

Ø  Teknologi Pelestarian Sumber Air, Taman Biologi (Bio – Park)

Bio-Park merupakan salah satu teknologi hijau yang digunakan untuk memperbaiki kualitas sumber-sumber air yang tercemar seperti air saluran, sungai dan danau.

Ø  Teknologi Pengolahan Air Limbah Domestik, Ecological Sanitation

Ecological sanitation (Ecosan), merupakan teknologi hijau yang diharapkan menjadi revolusi baru untuk peningkatan kesehatan masyarakat melalui upaya pengolahan limbah domestik.

Ø  Taman Buangan Air Limbah, (Wastewater Garden)

Wastewater Garden (WWG) adalah teknologi hijau yang digunakan untuk mendaur ulang sisa zat pencemar dari unit pengolahan limbah perumahan, hotel, restoran, atau perkantoran. WWG merupakan 100% ekologis, murah dan mudah dalam pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaannya.

Ø  Sanitasi Taman, (SANITA)

Sanitasi Taman (SANITA), adalah Teknologi Hijau untuk memperbaiki kualitas effluent tangki septik konvensional agar tidak mencemari air tanah.

Teknologi Hijau
Sumber Gambar : https://id.lovepik.com/image-500419240/green-science-and-technology-for-environmental-protection.html


KESIMPULAN DAN SARAN


Teknologi Hijau merupakan salah satu upaya adaptasi dan mitigasi dampak Pemanasan Global yang sejalan dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Berbagai Teknologi Hijau di bidang pelestarian sumber air dan pengolahan air limbah telah tersedia untuk diterapkan dalam pembangunan.Perlu adanya upaya pemerintah dan masyarakat untuk mengkampanyekan penggunaan teknologi hijau secara luas.


DAFTAR PUSTAKA


Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Linngkungan Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi

Ginting, N. T. (2008). Mitigasi dan Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Melalui Penerapan Teknologi Hijau. Jurnal Permukiman3(2), 129–136. ( http://jurnalpermukiman.pu.go.id/index.php/JP/article/download/201/174 diakses 28 Februari 2020 )

Gany, A.H.A, 2008, Implikasi Multi Dimensional Perubahan Iklim Global Menyongsong Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, makalah kunci pada Kolokium Hasil-Hasil Litbang Sumber Daya Air, Bandung 23 -24 Juli 2008.





1 komentar:

  1. @Q04-Adesita
    Apakah selain teknologi Yang telah disebutkan diatas ada lagi teknologi Hijau lain yang bisa menghambat terjadinya pemanasan global ?

    Untuk penulisan Daftar Pustaka sudah sesuai dengan standar APA

    Artikel sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.