.

Selasa, 06 Desember 2016

Senyawa Organik Volatil

senyawa organik volatil (VOC)

Senyawa organik volatil adalah senyawa yang memiliki tinggi kelarutan tekanan uap dan air rendah. Banyak VOCs adalah bahan kimia buatan manusia yang digunakan dan diproduksi pada manufaktur cat, obat-obatan dan refrigeran, misalnya. VOCs biasanya adalah pelarut industri, seperti trichloroethylene; bahan bakar oxygenates, seperti metil eter tert-butil (MTBE); atau produk sampingan yang dihasilkan oleh klorinasi dalam pengolahan air, seperti kloroform. VOCs yang sering komponen bahan bakar minyak bumi, cairan hidrolik, cat pengencer dan dry cleaning agen. VOCs adalah air common tanah kontaminan.
Voltile Organic Compound atau lebih dikenal dengan singkatan VOC adalah senyawa yang mengandung karbon yang menguap pada tekanan dan temperatur tertentu atau memiliki tekanan uap yang tinggi pada temperature ruang. VOC yang paling umum dikenal adalah pelarut (solvents), VOC jenis lainnya seperti monomer dan pewangi (fragrance). Kenapa VOC sangat berbahaya dan menjadi perhatian banyak kalangan, sehingga banyak Negara yang membuat peraturan khusus untuk mengurangi dampak dari VOC tersebut. Salah satu sebabnya adalah karena VOCs bereaksi dengan Nitrogen Oksida (NOx)  jika terkena sinar matahari membentuk ground level ozone dan asap atau kabut. Pada konsentrasi tertentu di udara, ozone dapat mempengaruhi kesehatan dan lingkungan.
VOC diatur dengan membatasi jumlah kandungannya didalam produk yang dapat teremisi selama proses atau penggunaan. Ada beberapa jenis peraturan yang mengatur pembatasan kandungan VOC seperti consumer product regulations, process regulations, facility regulations or facility permits. Salah satu regulasi yang banyak digunakan atau dijadikan acuanoleh berbagai industri di dunia adalah EPA (Environmetal Protection Agency)
VOC dapat teremisi sebagai gas dari bahan padatan atau cairan yang mengandung VOC. Efek yang ditimbulkan terhadap kesehatan oleh VOC bisa akut atau kronik tergantung dari jenis VOC yang teremisi. Konsentrasi VOC yang teremisi didalam ruangan jauh lebih tinggi jika dibandingkan diluar ruangan karena terjadi akumulasi VOC didalam ruangan tersebut. Misalnya emisi VOC oleh cat baru diaplikasikan didalam ruangan akan sangat terasa baunya bahkan bisa menyebabkan pusing atau perih dimata. Beberapa contoh produk yang mengemisi VOC dan digunakan didalam ruangan adalah cat, bahan pembersih, bahan bangunan dan furnish, mesin fotokopi, tinta, lem, spidol, dan lain-lain.
Efek kesehatan dari VOC diantaranya adalah iritasi pada mata, hidung dan tenggorokkan, sakit kepala atau pusing, kehilangan koordinasi, mual, kerusakan hati, ginjal, dan sistem saraf pusat. Beberapa organik dapat menyebabkan kanker pada hewan, beberapa dicurigai atau diketahui menyebabkan kanker pada manusia. Tanda-tanda kunci atau gejala yang berhubungan dengan paparan VOC termasuk iritasi konjungtiva, ketidaknyaman hidung dan tenggorokan, sakit kepala, reaksi kulit alergi, dispnea, penurunan kadar serum kolinesterase, mual, muntah, epistaksis, kelelahan, dan pusing.
Beberapa cara untuk mengurangi efek dari VOC adalah menambah ventilasi udara ketika terdapat emisi VOC, mengikuti pentunjuk penggunaan pada label, jangan menyimpan kemasan dalam keadaan terbuka, buang bekas kemasan VOC dan jangan menyimpan VOC melebihi kebutuhan.
Consumer products yang mengandung metilen klorida termasuk diantaranya adalah cat, adhesive remover dan cat semprot. Metilen Klorida diketahui dapat menyebabkan kanker pada hewan. Metilen klorida juga dapat terkonversi menjadi karbon monoksida didalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala seperti terpajan karbon monoksida. Berhati-hatilah jika menggunakan produk yang mengandung Metilen Klorida, baca instruksi penggunaan yang terdapat pada label atau MSDS secara hati-hati, dan gunakan produk tersebut pada ruangan terbuka.
Benzen juga merupakan salah satu VOC. Benzen dapat menyebabkan kanker pada manusia. Sumber emisi Benzen diantaranya adalah asap rokok, bahan bakar, cat, emisi dari mobil atau motor. Untuk menghindari emisi Benzen maka jangan merokok didalam ruangan atau tempat-tempat umum, siapkan ventilasi yang cukup pada saat pengecatan dan buang bekas kemasan cat atau bahan bakar.
 Dalam skala yang lebih luas, keberadaan VOC bahkan bisa menyebabkan ekosistem lingkungan terganggu dengan terbentuknya ozon.
Ozon di Stratosfer dan Ozon di Troposfer
Selama ini, ozon dikenal sebagai zat yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Seringkali terdapat kampanye yang berisi klaim semakin berlubangnya lapisan ozon yang mengganggu kelestarian alam. Ozon di stratosfer memang memiliki fungsi yang baik. Namun demikian, pada lapisan troposfer dimana kita hidup, ozon malah akan mengakibatkan gangguan pada kehidupan. Hal ini dikarenakan ozon atau O3 memang bisa menyebabkan proses biologis dalam tubuh makhluk hidup terganggu.
Volatile Organic Compounds adalah Salah Satu Faktor yang Meningkatkan Ozon di Troposfer
Salah satu bahaya Volatile Organic Compounds adalah peningkatan jumlah ozon di troposfer. Selain VOC, keberadaan ozon di troposfer juga dipicu oleh adanya sinar matahari dan nitrogen oksida. Nitrogen oksida banyak dihasilkan sebagai polusi bahan-bahan yang menggunakan minyak alami sedangkan Volatile Organic Compounds adalah bahan yang biasa dihasilkan oleh aktivitas industri seperti penggunaan cat berbasis minyak. Bertemunya VOC, Nitrogen oksida, dan sinar matahari akan menyebabkan terbentuknya ozon di troposfer. Efek yang diakibatkan oleh peningkatan ozon pada manusia adalah timbulnya gangguan pernafasan hingga serangan jantung iskemik. Sedangkan pada organisme lain, ozon juga bersifat toksik sehingga bisa mengakibatkan kelestarian ekosistem terganggu.
Oleh karena itu, penggunaan bahan-bahan pemicu ozon sebaiknya dikurangi. Penggunaan cat-cat berbasis minyak yang mengandung VOC tinggi bisa diganti dengan penggunaan cat-cat berbasis air. Cat berbasis air atau water-based paint hanya menggunakan pelarut air dalam produksi dan pengencerannya saat aplikasi sehingga sangat aman digunakan.
Incoming search terms:
  • volatile organic compounds adalah
  • bahaya volatile organic compounds (
  • bahaya senyawa volatil
  • formalin dan senyawa organik volatil (sov)
  • solvent benzene yang merupakan VOC
  • apa itu volatile organic compound
  • vocs adalh
  • pengertian volatile organic compound
  • volatil organik compount
  • bahaya bahan organik

    http://www.biopolish.com/volatile-organic-compounds-dan-bahayanya-280/
    http://healthsafetyprotection.com/voc/

25 komentar:

  1. @A10-LUKMAN

    Poin 3

    Apa yang dimaksud volatil?

    BalasHapus
  2. @A05-RAMADHON

    POIN 3

    Saran disetiap kalimatnya disertai paragraf

    BalasHapus
  3. @A09-RIZKY

    poin 3

    apa manfaat dari volatil?

    BalasHapus
  4. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya cukup menarik

    BalasHapus
  5. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    bagaimana volatil dapat meningkatkaan ozon?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. @A32-VARATRI

    POIN 2

    kok mindmapnya ada 2?

    BalasHapus
  8. @A16-SITI

    POIN 3

    artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  9. @A28-ZAKI

    POIN 3

    mantab gan jadi tau apa itu volatil

    BalasHapus
  10. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Terima kasih saya jadi cukup tau bahaya ozon mengenai volatil di troposfer

    BalasHapus
  11. @A02-RAHMAT

    POIN : 3

    Mind map tidak begitu jelas tetapi artikel nya cukup baik

    BalasHapus
  12. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : MANTAP JIWAAAA 😘

    BalasHapus
  13. @A25-PUTRI

    POIN 3

    cara menulis daftar pustakanya salah...

    BalasHapus
  14. @A29-Fauzi

    point 3

    bagus artikelnya

    BalasHapus
  15. @A12-ZARICA
    Poin 3
    Mind map nya kurang jelas karna background nya

    BalasHapus
  16. @A37-ANDIKA
    Point : 3
    ( Mindmapnya sudah rapi )goodluck

    BalasHapus
  17. @A24-TANIA

    Poin 3

    background mind mapnya membuat mind map tidak terlihat jelas

    BalasHapus
  18. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    mind mapnya kurang tetapi artikelnya sudah cukup bagus

    BalasHapus
  19. @A21-SYAFIQ

    POIN 3

    Terlalu banyak mindmap nya saya hitung ada 2

    BalasHapus
  20. @A17-DHICO

    Poin 3

    Artikel dan mind mapnya sangat bagus

    BalasHapus
  21. A30-YOSEPH
    POIN 3
    KALO DIRAPIHIN SEDIKIT PASTI AKAN MENJADI LEBIH BAIK

    BalasHapus
  22. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    apa dampak dan manfaat dari volatil?

    BalasHapus
  23. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    Sudah rapih, lanjutkan !!!!

    BalasHapus
  24. @A11-DINDA

    POINT 3

    Artikelnya masih kurang lengkap.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.