.

Selasa, 06 Desember 2016

karbondioksida



Assalamualaikum.
Artikel saya hari ini tentang Karbon Dioksida (CO2).

Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas.

Produksi Dalam Skala Industri
Karbon dioksida secara garis besar dihasilkan dari enam proses
  1. Sebagai hasil samping dari pengilangan ammonia dan hidrogen, di mana metana dikonversikan menjadi CO2.
  2. Dari pembakaran kayu dan bahan bakar fosil;
  3. Sebagai hasil samping dari fermentasi gula pada proses peragian bir, wiski, dan minuman beralkohol lainnya;
  4. Dari proses penguraian termal batu kapur, CaCO3;
  5. Sebagai produk samping dari pembuatan natrium fosfat;
  6. Secara langsung di ambil dari mata air yang karbon dioksidanya dihasilkan dari pengasaman air pada batu kapur atau dolomit
Dampak Pencemaran Karbon Dioksida
Dampak pencemaran Karbon Dioksida yaitu dapat Menimbulkan efek sistematik, karena meracuni tubuh dengan cara pengikatan hemoglobin yang amat vital bagi oksigenasi jaringan tubuh akaibatnya apabila otak kekurangan oksigen dapat menimbulkan kematian.
Dalam jumlah kecil dapat menimbulkan gangguan berfikir, gerakan otot, gangguan jantung.

Penanggulangan Pencemaran Karbon Dioksida
Cara yang paling mudah untuk mengurangi karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi. Pohon, terutama yang muda dan cepat pertumbuhannya, menyerap karbon dioksida yang sangat banyak, memecahnya melalui fotosintesis, dan menyimpan karbon dalam kayunya. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan telah mencapai level yang mengkhawatirkan. Di banyak area, tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali karena tanah kehilangan kesuburannya ketika diubah untuk kegunaan yang lain, seperti untuk lahan pertanian atau pembangunan rumah tinggal. Langkah untuk mengatasi hal ini adalah dengan penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca.

Manfaat Karbon Dioksida

·         Peranan Biologi
Karbon dioksida merupakan produk akhir dari organisme yang mendapatkan energi dari penguraian gula, lemak, dan asam amino dengan oksigen sebagai bagian dari metabolisme dalam proses yang dikenal sebagai respirasi sel. Ini mencakup semua tumbuhan, hewan, jamur banyak dan beberapa bakteri.
  • Peranan pada fotosintesis
Tanaman menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer oleh fotosintesis, disebut juga sebagai asimilasi karbon, yang menggunakan energi cahaya untuk memproduksi materi organik dengan mengkombinasi karbon dioksida dan air. Oksigen bebas dilepaskan sebagai gas dari dekomposisi molekul air, sedangkan hidrogen dipisahkan menjadi proton dan elektron, dan digunakan untuk menghasilkan energi kimia via fotofosforilasi.
  • Toksisitas
Menurut Otoritas Keselamatan Maritim Australia, “Terlalu lama untuk konsentrasi karbon dioksida dapat menyebabkan asidosis dan efek samping moderat pada metabolisme kalsium fosfor yang menyebabkan peningkatan endapan kalsium pada jaringan lunak. Karbon dioksida adalah racun bagi hati dan menyebabkan penurunan kekuatan kontraktil.
Pada konsentrasi tiga persen berdasarkan volume di udara, itu agak narkotika dan menyebabkan tekanan darah meningkat dan denyut nadi, dan menyebabkan penurunan daya dengar. Pada konsentrasi sekitar lima persen berdasarkan volume, ia menyebabkan stimulasi pusat pernapasan, pusing, kebingungan, dan kesulitan bernapas disertai dengan sakit kepala dan sesak napas. Pada konsentrasi delapan persen, ia menyebabkan sakit kepala, berkeringat, penglihatan kabur, tremor, dan kehilangan kesadaran setelah paparan selama lima sampai sepuluh menit.“

Dampak Karbon Dioksida(CO2) Kendaraan Untuk kesehatan

Gas karbon dioksida atau CO2 merupakan hasil pembakaran sempurna bahan bakar minyak bumi maupun batu bara. Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor dan juga pabrik, berarti meningkat juga jumlah atau kadar CO2 di atmosfer bumi. Keberadaan karbon dioksida atau CO2 yang berlebihan di udara memang tidak berakibat langsung untuk manusia, sebagaimana gas karbon monoksida atau CO yang berbahaya buat kesehatan manusia. Namun demikian kandungan CO2 berlebihan bias menyebabkan sinar inframerah dari matahari diserap oleh bumi dan juga kelebihan sinar inframerah ini tidak bisa kembali ke atmosfer karena terhalang oleh lapisan CO2 yang terdapat di atmosfer dan juga berakibat pada suhu bumi semakin panas.
Dalam mengurangi kadar karbon dioksida atau CO2 di atmosfer bumi maka butuh dilakukan penghijauan dengan menanam pohon,membuat taman-taman kota lalu menjaga kelestarian hutan supaya kelebihan karbondioksida bisa diserap oleh tanaman. Kembali kepada judul entri mengenai ban mobil dan pemanasan global, pada kendaraan bermotor atau bermesin pada hasil pembakaran sempurna menghasilkan gas karbon dioksida atau CO2 sedangkan bila pembakaran tidak sempurna bisa menghasilkan karbon monoksida yang beracun dan juga berbahaya buat kesehatan manusia. Ban mobil atau ban kendaraan pula ikut berperan pada penambahan kadar karbon dioksida atau pun karbon monoksida apa bila kita berkendara dengan ban mobil yang kondisi kurang tekanan angin ban. Karena kurang tekanan angin ban akan menyebabkan beban mesin bertambah dan juga diperlukan konsumsi bahan bakar lebih jika beban mesin bertambah yang artinya akan menambah kadar karbon dioksida terhadap hasil pembakaran lalu menambah kadar karbon dioksida di atmosfer.

DAFTAR PUSTAKA:



Kurniawan. Aris. “Sifat, Manfaat, Pengertian Karbon Dioksida”. Desember 05.2016. http://www.gurupendidikan.com/sifat-manfaat-pengertian-karbon-dioksida-serta-peranannya-dalam-biologi/

“Dampak Karbon Dioksida(CO2) Kendaraan Untuk kesehatan”. November 18. 2012. http://www.jualban.com/dampak-karbon-dioksidaco2-kendaraan-untuk-kesehatan/


26 komentar:

  1. @A10-LUKMAN

    Poin 3

    Apakah karbon dioskida memiliki dampak positif?

    BalasHapus
  2. @A18-FAKHRIZAL

    POIN 2

    Daftar isinya kurang lengkap

    BalasHapus
  3. @A09-RIZKY

    Poin 3

    Mindmap nya kurang menarik, artikel nya biasa saja

    BalasHapus
  4. @A07-RONA

    Poin 3

    Bagaimana cara menanggulangi dampak negative yang ditimbulkan pada karbondioksida ?

    BalasHapus
  5. @A16-SITI

    Poin 3

    artikelnya cukup menarik. tapi mind mapnya bisa di tingkatkan lagi.

    BalasHapus
  6. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    mindmpnya terlalu singkat tetapi artikel yang menarik!!

    BalasHapus
  7. @A28-ZAKI

    POIN 3

    mantab jadi tau apa itu karbondioksida

    BalasHapus
  8. @A32-VARATRI

    poin 3

    mindmapnya terlalu singkat mba:)

    BalasHapus
  9. @A05-RAMADHON

    POIN 3

    Artikelnya sudah cukup baik tetapi mindmapnya masih kurang baik

    BalasHapus
  10. @A02-RAHMAT

    POIN : 2

    Artikel biasa saja dan mind map monoton banget

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. @A12-ZARICA
    Poin 3
    Font artikelnya disamain atuh biar rapih

    BalasHapus
  13. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : MANTAP JIWAAAA 😘

    BalasHapus
  14. @A29-Fauzi

    point 3

    apa akibat jangka panjang bila kita menghirup karbondioksida

    BalasHapus
  15. @A25-PUTRI


    POIN 3


    bagaimana cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor?

    BalasHapus
  16. @A21-SYAFIQ

    POIN 3

    mindmapnya tidak lengkap

    BalasHapus
  17. @A24-TANIA

    Poin 3

    apa dampak yg ditimbulkan jika kita terus2an menghirup karbondioksida?

    BalasHapus
  18. @A37-ANDIKA
    Point : 3
    ( sangat memuaskan )

    BalasHapus
  19. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    mind mapnya kurang

    BalasHapus
  20. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    mindmapnya harus lebih kreatif lagi

    BalasHapus
  21. @A17-DHICO

    Poin 3

    Mindmap dan artikelnya sangat bagus.

    BalasHapus
  22. @A01-Rika
    Point 3

    Bagus tapi terlalu simple.

    BalasHapus
  23. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    Sangat menarik

    BalasHapus
  24. @A11-DINDA

    POINT 3

    Artikelnya sangat menarik, namun mindmapnya masih perlu diperbaiki lagi

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.