.

Minggu, 02 Februari 2020

Industri Kimia dalam Pertambangan


Oleh : Andyka Febriyansyah

Abstrak

Negara kita ini memiliki banyak kekayaan alam yang tersebar luas di berbagai pulau yang ada Indonesia, mulai dari kekayaan alam semesta, hingga kekayaan pada tambang, emas, dan minyak bumi yang merupakan salah satu asset penting di negeri kita ini.
Terlepas dari banyak nya kekayaan dalam pertambangan yang dimiliki bangsa ini, sehingga menimbulkan berbagai dampak-dampak yang akan terjadi pada lingkungan maupun wilayah yang berada disekitar pemukiman pertambangan tersebut.

Kata kunci : Pertambangan, Dampak

Pendahuluan

Seiring berjalannya waktu pertambangan ini dapat kita definisikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengambil dan memanfaatkan hasil bahan galian yang berasal dari muka bumi yang tentunya sangat memiliki nilai ekonomi yang menguntungkan untuk pihak yang terlibat. Selain itu juga pertambangan dapat kita definisikan sebagai Selain itu pertambangan juga dapat diartikan dengan sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pasca tambang Salim (2005: 1)

Pembahasan

https://www.google.com/url?


Definisi Pertambangan

Menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, Pertambangan adalah sebagian atau sluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian pengankutan dan penjualan, setai kegiatan pasca tambang.

Macam – macam pertambangan

Penambangan di Indonesia ini tidak hanya satu melainkan ada banyak beberapa macam – macam penambangan seperti batu bara, penambangan emas, penambangan tembaga, dan penambangan minyak bumi yang merupakan pertambangan paling penting di Indonesia. Sehingga pihak yang memiliki wewenang ini harus cerdas dalam proses penambangan agar tidak memberikan dampak negative yang begitu signifikan terhadap lingkungan.

Faktor yang mempengaruhi adanya penambangan

Banyak factor yang akan terjadi akibat adanya penambangan seperti yang terjadi pada alam kita ini terutama pada lingkungan dan udara yang disebabkan karna asap dari penambangan batubara. Adanya penambangan ini akan menyebabkan kerusakannya lahan, adanya pencemaran udara, pencemaran lingkungan akibat limbah, dan yang terakhir banyak wilayah yang berada di area pertambangan akan terkikis.

Selain dari dampak negatif tersebut, Tentu dampak positif  dalam kegiatan pertambangan juga sangat bermanfaat terutama bagi negara karena akan meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara tersebut, hasil-hasil dari tambang juga dapat memenuhi permintaan pasar domestik bahkan hingga pasar Internasional.

Metode Penambangan

Beberapa ahli tambang sudah melakukan klasifikasi dan penelitian metode dalam penambangan terbukan dan penambahan bawah tanah seperti : Peele (1941), Young (1946), Lewis dan Clark (1964). Dasar dari pembagian merupakan dari beberapa kombinasi subyektif dari spasil, geologi, bahkan factor geoteknik.

Dalam metode penambangan ini terbagi menjadi 3 dasar, yaitu:

1. Surface Mining, Surfice mining atau yang sering disebut sebagai Tambang terbuka merupakan suatu metode penambangan yang mana aktivitas dalam penambangan tersebut hanya bisa dilakukan diatas atau yang dekat dengan permukaan bumi sehingga wilayah kerja nya tersebut akan selalu berhubungan langsung dengan udara

2. Underground mining, undergroun mining atau yang sering dikenal dengan Tambang bawah tanah ini merupakan salah satu metode penambangan yang mana proses dalam penambangan nya tentu hanya bisa dilakukan dan dikerjakan tepat di bawa permukaan bumi sehingga wilayah proses pengerjaannya itu tidak akan berhubungan langsung dengan udara

3. Underwater mining, underwater mining atau bisa disebut juga dengan Tambang bawah air berbeda dari 2 metode tersebut, dikarenakan metode tambang bawah air ini mempunya proses pengerjaan yang mana kegiatan dalam proses penggaliannya ini harus dilakukan di permukaan air

Kesimpulan 

Kegiatan Pertambangan ini memiliki berbagai dampak negatif yang berpengaruh pada negara dan lingkungan tetapi kegiatan ini juga memiliki dampak yang positif terutama bagi negar, sehingga dalam kegiatan pertambangan ini memiliki 2 sisi yang berbeda yaitu memberikan hasil menguntugkan dan merugikan juga.

Daftar Pustaka

Komodo, Fin. "Pengertian Pertambangan"  http://info-pertambangan.blogspot.com/2012/10/pengertian-pertambangan.html  (Diakses Tanggal : 2-2-2020)

Kurniawan, Ryan 2005. "Tambang Terbuka" https://www.academia.edu/10213840/tambang_terbuka (Diakses Tanggal : 2-2-2020)

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.