.

Minggu, 02 Februari 2020

Kimia dan Perkembangan

oleh: Agustina retno wahyuningrum @Q10-Agustina

Oleh: Agustina Retno Wahyuningrum 

Abstrak
Dalam ilmu pengetahuan dasar alam terdapat banyak cabang ilmu didalamnya, salah satu nya adalah ilmu kimia. Mempelajari dan memahami dasar ilmu kimia sangatlah penting karena, kimia merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari.
Semua produk yang ada disekitar kita mengalami proses kimia itulah sebabnya kita perlu memahami Apa itu Kimia?  Hingga muncullah teori kimia dalam dunia industri.
Kata kunci: Kimia, Perkembangan Kimia, Kimia Terkini, Kimia Industri

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Dengan semakin luas nya perkembangan ilmu kimia di dunia industri terutama pada aspek lingkungan disekitar kita. Maka banyaknya muncul kajian-kajian kimia dalam kehidupan ini, para ilmuan selalu mengkaji persoalan yang terjadi baik dalam lingkungan maupun alam secara keseluruhan. Pengembangan ilmu kimia terikni mencakup antara lain adanya kimia analisi, biokimia, bioteknologi, kimia anorganik dan kimia organik.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.    Menjelaskan  pengertian kimia
2.    Menjelaskan perkembangan ilmu kimia
3.    Pengelompokan ilmu-ilmu kimia terkini
4.    Menjelaskan hubungan antara kimia dan industri

C.       Tujuan
Tujuan penyusunan artikel  ini adalah :
1.      Agar mampu menjelaskan dan memahami tentang dasar ilmu kimia
2.      Agar memahami hubungan antara kimia dengan dunia industri
3.      Agar memahami perkembangan ilmu kimia

PEMBAHASAN
Kimia & Pengembangannya
Pengertian kimia
Menurut Mulya Rossa,Novita (2015), Secara Garis besar Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan dan energi yang menyertai perubahan materi. Susunan materi mencakup komponen - komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut. Struktur materi mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berikatan. Sifat materi mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi dipengaruhi oleh: susunan dan struktur dari materi tersebut. Perubahan materi meliputi perubahan fisis/fisika (wujud) dan perubahan kimia (menghasilkan zat baru). Energi yang menyertai perubahan materi menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal-usul energi itu.

Perkembangan ilmu kimia
Pertama kali muncul di mesir yang selanjutnya berkembang di yunani romawi india dan tingkok. Alkimia pun berkembang dalam peradaban awal agama islam dengan tokoh yang terkenal seperti ibnu sina dan ibnu hayan.

CABANG ILMU KIMIA
Kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama:

a.     Kimia organik mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik didefinisikan sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
b.     Kimia anorganik mengkaji sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidaklah mutlak dan banyak terdapat tumpang tindih, khususnya dalam bidang kimia organologam.
c.       Kimia Analisis mempelajari tentang analisis bahan-bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
d.      Biokimia mempelajari senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan sangat erat, seperti dalam kimia medisinal atau neurokimia. Biokimia juga berhubungan dengan biologi molekular, fisiologi, dan genetika.
e.      Kimia nuklir mengkaji bagaimana partikel subatom bergabung dan membentuk inti. Transmutasi modern adalah bagian terbesar dari kimia nuklir dan tabel nuklida merupakan hasil sekaligus perangkat untuk bidang ini.
f.        Kimia Lingkungan mempelajari tentang segala sesuatu yang terjadi di lingkungan, terutama yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan dan cara penanggulangannya.
g.      Kimia Farmasi. Bidang ini memusatkan kajian pada penelitian mengenai pemisahan (isolasi), pembuatan (sintesis), dan pengembangan bahan-bahan alam yang mengandung zat-zat aktif untuk obat.
h.      Kimia Pangan. Bidang ini memusatkan kajian pada penelitian untuk mengembangkan kualitas bahan pangan, zat-zat aditifmakanan, dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan.
i.        Peran Kimia dalam Kehidupan dan Perkembangan IPTEK
Ilmu kimia tidak hanya terbatas dalam laboratorium, namun ilmu kimia adalah ilmu inti dari berbagaimacam ilmu. Peran kimia dalam kehidupan sangatlah penting karena kimia bisa diterapkan dalam berbagai macam bidang, diantaranya diterapkan dalam bidang kedokteran, pertanian, geologi, biologi, hukum, mesin, teknik sipil, industri, dan arkeologi
j.        Kimia Inti adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari bagaimana partiel-partiel subatom bergabung satu sama lain membentuk inti atom.
k.       Kimia Teori adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari kimia berdasarkan teori dengan dukungan ilmu matematika dan fisika dan penerapan kuantum mekanik yang disebut kimia kuantum.

KONSEP DASAR KIMIA

·         Molekul
Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisik yang unik. Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain.
·         Senyawa
Senyawa merupakan suatu zat yang dibentuk oleh dua atau lebih unsur dengan perbandingan tetap yang menentukan susunannya. sebagai contoh, air merupakan senyawa yang mengandung hidrogen dan oksigen dengan perbandingan dua terhadap satu. Senyawa dibentuk dan diuraikan oleh reaksi kimia.
·         Atom
Atom adalah suatu kumpulan materi yang terdiri atas inti yang bermuatan positif, yang biasanya mengandung proton dan neutron, dan beberapa elektron di sekitarnya yang mengimbangi muatan positif inti. Atom juga merupakan satuan terkecil yang dapat diuraikan dari suatu unsur dan masih mempertahankan sifatnya, terbentuk dari inti yang rapat dan bermuatan positif dikelilingi oleh suatu sistem elektron.
·         Ion
Ion atau spesies bermuatan, atau suatu atom atau molekul yang kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Kation bermuatan positif (misalnya kation natrium Na+) dan anion bermuatan negatif (misalnya klorida Cl) dapat membentuk garam netral (misalnya natrium klorida, NaCl). Contoh ion poliatom yang tidak terpecah sewaktu reaksi asam-basa adalah hidroksida (OH) dan fosfat (PO43−).
·         Unsur
Unsur adalah sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya. Jumlah ini disebut sebagai nomor atom unsur. Sebagai contoh, semua atom yang memiliki 6 proton pada intinya adalah atom dari unsur kimia karbon, dan semua atom yang memiliki 92 proton pada intinya adalah atom unsur uranium.


KESIMPULAN
Dari  penjelasan di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa ilmu kimia terkini semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman. hubungan industri dan kimia saling berhubungan erat satu sama lain karena saling berkaitan.

SARAN
penulis menyadari bahwa artikel ini masih jauh dari kata sempurna. oleh karena itu, penulis akan berusaha mengembangkan tulisannya dengan sumber yang tepat dan dapat dipertanggung jawabkan.


Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi

Hasil Riset cabang-cabang ilmu kimia dalam http://www.ejurnal.com/2013/12/cabang-cabang-ilmu-kimia.html (diakses pada 02 februari 2020)


2 komentar:

  1. Artikel bermanfaat .. bisa bwt ngerjain tugas👍

    BalasHapus
  2. artikel nya sangat detail snagat berpengaruh untuk memahami konsep dasar kimia

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.