.

Minggu, 05 Januari 2020

TEKNOLOGI HIJAU


Abstrak

Dalam mempertahankan kehidupan, manusia tidak dapat melepaskan diri dari lingkungan hidupnya. Manusia selalu bergantung dan berinteraksi dengan lingkungan hidupnya secara terus-menerus. Dari hubungan timbal balik manusia dengan lingkungan hidupnya, dalam hal ini ekosistem, manusia memperoleh pengalaman, sehingga ia akan mendapatkan gambaran atau citra terhadap lingkungan hidup.

Dari perjalanan dan pengalaman manusia, seseorang akan mendapatkan petunjuk tentang berbagai hal yang diharapkan dari lingkungan hidupnya. Teknologi merupakan manifestasi dalam arti materil yang lahir dari daya cipta manusia untuk membuat segala sesuatu yang bermanfaat guna mempertahankan kehidupannya. Dalam hal ini kemajuan teknologi adalah sekumpulan pengetahuan ilmiah, mesin, perkakas, serta kemampuan organisasi produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif.

Kata kunci: Teknologi hijau, Teknologi.


       I.            PENDAHULUAN

Indonesia mengalami dua permasalahan utama yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Pertama, permasalahan lingkungan hidup yang disebabkan kemiskinan akibat dari pertumbuhan penduduk yang tinggi. Kedua, masalah lingkungan hidup berkaitan dengan perusakan dan pencemaran lingkungan yang disebabkan aktivitas manusia yang sering disebut dengan pembangunan.

Pembangunan selama ini dititikberatkan pada pertumbuhan ekonomi, pemerataan hasil pembangunan, dan terjaminnya stabilitas nasional. Saat ini, dibutuhkan pola pembangunan yang berkelanjutan. Gerak pembangunan tidak hanya mengutamakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi namun juga mempertimbangkan kelestarian lingkungan hidup. Tujuannya agar setiap kegiatan yang mengatasnamakan kesejahteraan umum tidak lagi menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan hidup.

    II.            PERMASALAHAN
1.      Apakah pengertian dari teknologi?
2.      Apakah tujuan dari teknologi?
3.      Apa sajakan prinsip dari teknologi ramah lingkungan?
4.      Apa manfaat yang diberikan dari teknologi ramah lingkungan?
5.      Adakah contoh dari teknologi ramah lingkungan?


 III.            PEMBAHASAN
Pengertian
Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu technologia, techne, dan logia, yang berarti studi terapan praktis dari pengetahuan dalam bidang tertentu atau satu cara penyelesaiaan tugas dengan menggunakan proses teknik, metode, atau teknologi pengetahuan. Secara luas, teknologi dapat diartikan sebagai sekumpulan teknik atau pengetahuan manusia tentang cara menggabungkan sumber daya untuk memproduksi yang diinginkan, memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, memuaskan keinginan, serta mencakup metode teknis, keterampilan, proses, alat, dan bahan baku.
Tujuan
Teknologi pada dasarnya bertujuan untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Bagaimanapun, kita patut bersyukur dan mengharga teknologi yang telah mempermudah kita dalam mencukupi kebutuhan hidup. Tetapi, dengan adanya peningkatan polusi dan kerusakan lingkungan, pada akhirnya teknologi ramah lingkungan mulai dikembangkan. Teknologi ramah lingkungan dinilai dapat meningkatkan penghematan energi dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Prinsip dari teknologi ramah lingkungan
Prinsip dari teknologi yang ramah lingkungan ini ada enam, yakni Recycle, Recovery, Reduce, Reuse, Refine, serta Retrieve Energy.
1.      Recycle, sebuah proses mengolah kembali sampah atau benda-benda bekas menjadi barang atau produk baru yang memiliki nilai manfaat.
2.      Recovery, kegiatan pengambilan kembali sebagian material penting dari aliran limbah untuk pemanfaatan ulang dalam proses.
3.      Reduce, mengurangi jumlah limbah dengan cara memaksimalkan pemakaian bahan.
4.      Reuse, menggunakan kembali beberapa bahan yg tidak terpakai atau telah berbentuk limbah serta diolah dengan cara yang berbeda.
5.      Refine, memakai bahan yang ramah lingkungan danlewat sistem yang lebih aman dari teknologi sebelumnya.
6.      Retrieve Energy, penghematan daya dalam satu sistem produksi.
Manfaat dari teknologi ramah lingkungan
Teknologi yang ramah pada lingkungan memberikan manfaat yang sangat besar untuk kehidupan. Di bawah ini akan kita bahas beberapa contohnya:
-          Mengurangi jumlah limbah supaya tak berlebihan hingga dapat menghindari pencemaran lingkungan.
-          Teknologi ini benar-benar efisien serta efektif dalam hal pemakaian sumber daya alam, hingga lingkungan juga bisa tetap terjaga dengan baik.
-          Menekan biaya produksi/hemat.
-          Mengurangi resiko penurunan kondisi kesehatan makhluk hidup, terutama manusia.
Contoh dari teknologi ramah lingkungan
Beberapa contoh teknologi ramah lingkungan serta dapat kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah:
-          Sepeda
-          Bahan bakar biodiesel
-          Lampu tenaga surya
-          Mesin tenaga angin
-          Mesin tenaga surya
-          Mobil atau sepeda tenaga listrik
-          Pembangkit listrik tenaga panas bumi


 IV.            KESIMPULAN

Teknologi memang tidak dapat menuntaskan semua persoalan lingkungan. Bukan karena ketidakmampuan untuk mengembangkan teknologi yang super canggih, tetapi karena persoalan lingkungan bersifat multi-dimensi yang tidak semuanya dapat dijangkau oleh teknologi. Dimensi persoalan yang bersifat sosial, hukum, dan politik perlu solusi yang berkesesuaian.

Namun demikian, teknologi dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya kolektif untuk menyelesaikan persoalan lingkungan, terutama untuk penyerasian antara kepentingan ekonomi dan ekologi. Untuk hal ini, Indonesia perlu meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan teknologi hijau.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.