.

Selasa, 07 Januari 2020

TEKNOLOGI HIJAU (GREEN TECH)

Oleh : Auliyah Pertiwi (@P02-AULIYAH)


ABSTRAK
Teknologi merupakan manifestasi dalam arti materil yang lahir dari daya cipta manusia, untuk membuat segala sesuatu yang bermanfaat guna mempertahankan kehidupannya. Dalam hal ini kemajuan teknologi mempengaruhi ilmu pengetahuan, mengubah pola hidup manusia dan struktur sosial secara keseluruhan, dan berlaku sebaliknya. Teknologi adalah sekumpulan pengetahuan ilmiah, mesin, perkakas, serta kemampuan organisasi produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif. Teknologi merupakan suatu input produksi yang penting dan dapat diperjual belikan dipasar dunia sebagai suatu komoditas, dapat meliputi barang modal sebagai investasi, tenaga kerja dengan spesialisasi tinggi atau sangat terampil dan informasi. Teknologi juga dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan yang meliputi tiga komponen yaitu material, informasi dan organisasi.

Kata Kunci : Teknologi Hijau, prinsip, manfaat, contoh

I.                    PENDAHULUAN

Teknologi (greentech) dikenal juga sebagai teknologi lingkungan (envirotech) dan teknologi bersih (cleantech), merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih mengoptimalkan pelestarian lingkungan global dan sumber daya alam. Serta untuk meminimalisir dampak negatif dari berbagai kegiatan seluruh umat manusia diplanet bumi. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

II.                 PERMASALAHAN

1.    Apa itu teknologi hijau?
2.    Apa saja prinsip teknologi hijau?
3.    Manfaat teknologi hijau?
4.    Contoh teknologi hijau yang sudah diterapkan?

III.              PEMBAHASAN

1.       PENGERTIAN TEKNOLOGI HIJAU

Teknologi Hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim menggunakan sumber daya alam, termasuk sumber daya energi, mineral, air dan material. Serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia. Dengan demikian terdapat keterkaitan yang erat antara teknologi hijau dengan teknologi ramah lingkungan, teknologi bersih bahkan dengan teknologi tepat guna. Teknologi hijau juga berkaitan dengan green engineering atau green productivity.

2.       PRINSIP TEKNOLOGI HIJAU

·         Refine, yang berarti menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta melalui proses yang lebih aman dari teknologi sebelumnya.
·         Reduce, yang berarti mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan.
·         Reuse, yang berarti memakai kembali bahan-bahan yang tidak terpakai atau sudah berupa limbah dan diproses dengan cara yang berbeda.
·         Recycle, yang berarti hampir sama dengan reuse, hanya saja recycle menggunakan kembali bahan-bahan atau limbah dan diproses dengan cara yang sama.
·         Recovery, yang berarti pemanfaatan material tertentu dari limbah untuk diproses demi keperluan yang lain.
·         Retrieve Energy, yang berarti penghematan energi dalam suatu proses produksi.
3.       MANFAAT TEKNOLOGI HIJAU

A.      Mengatasi jumlah atau hasil dari limbah

setiap hari banyak masyarakat atau warga yang mengeluh mengenai permasalahan limbah. Belum ada kejelasan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, karena terlalu sulit untuk mencari solusi yang tepat yang tidak merugikan kedua belah pihak (pengelola usaha atau pabrik dengan pihak masyarakat) yang notabennya adalah yang merasakan pertama kali dampak buruk yang terjadi apabila hasil dari pembuangan ataupun hasil akhir dari proses pembuatan suatu produk yang menghasilkan sebuah limbah yang tidak dapat dipergunakan atau sudah tidak dapat diolah.

B.      Teknologi ramah lingkungan tergolong efektif dan efisien

Teknologi ramah lingkungan memiliki tingkat efisien dan efektif yang sangat tinggi dalam membantu aktivitas pekerjaan semua orang. Penerapan teknologi ramah lingkungan  ini sangat membantu dan memudahkan mobilitas dalam melakukan aktivitas pekerjaan dan dapat menghemat pengeluaran serta tidak membuat alam menjadi rusak.

C.      Hemat dalam pengeluaran

Manfaat penggunaan atau penerapan teknologi ramah lingkungan selanjutnya yaitu dapat menghemat biaya pengeluaran berlebihan ketika saat menggunakan atau menerapkan teknologi ramah lingkungan.
Hasil dari menerapkan teknologi ramah lingkungan ini menjadikan pendapatan Anda dapat disisihkan untuk kebutuhan ataupun keperluan lainnya yang lebih dibutuhkan. Anda menjadi lebih leluasa untuk mengatur, mengelola, dan merancang anggaran pengeluaran Anda. Jadi apa salahnya untuk Anda mulai beralih menggunakan dan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan.

D.      Mengurangi kerusakan yang akan timbul pada alam

Seperti yang kita ketahui bersama seiring berkembang pesatnya zaman, menjadikan semua serba canggih, serba flexibel, serba cepat dan serba mudah. Dikarenakan sumber daya manusia nya yang ingin dapat melakukan semuanya. Tetapi, semua dapat berjalan tanpa memakan waktu yang lama, tidak menghabiskan tenaga terlalu banyak, dan juga meminimalisir keuangan yang melonjak. Sedangkan kebanyakan teknologi yang digunakan yang sudah dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang sesuai dengan yang telah disebutkan diatas, tetapi dampak yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi tersebut yakni dapat merusak atau mempengaruhi ekosistem alam. Karena bahan baku maupun cara dalam mengelolanya juga kurang baik, dan bahkan menimbulkan kerusakan pada alam. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat teknologi tersebut adalah bahan kimia yang tidak ramah lingkungan dan bahkan cenderung membuat alam menjadi rusak dan tidak subur kembali.

4.       CONTOH TEKNOLOGI HIJAU

1.       Energy alternatif terbarukan
2.       Pertanian vertikal
3.       Kendaraan listrik
4.       Bangunan hijau
5.       Produk berbahan ramah lingkungan

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. “Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri”. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.