.

Minggu, 12 Januari 2020

Pencemaran Air - 2

Oleh: Sunu Dwi Prambudi (@P11-SUNU)


ABSTRAK
Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan kehidupan manusia.MenurutKodoatie (2008) “air merupakan sumber kehidupan. Semua makhluk membutuhkan air.Untuk kepentingan manusia, makhluk hidup dan kepentingan lainnya, ketersediaan air dari segi kualitas maupun kuantitas mutlak diperlukan”. Air di Indonesia sangat melimpah, hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Akan tetapi, hal ini tidak dimanfaatkandengan baik oleh masyarakat Indonesia. Sebaliknya, masyarakat kebanyakanmenyalahgunakan kelebihan ini dengan mencemarinya.
KATA KUNCI : Pencemaran air.



I.PENDAHULUAN
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan ditempat penampungan air antara lain: danau, sungai, lautan, dan air tanah akibat aktivitas manusia. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat memerlukan air bersih untuk minum,memasak, mencuci, dan keperluanlain. Air tersebut juga mempunyai standar 3B (tidak berwarna,berbau,dan beracun). dalamkehidupan sekarang, adakalanya masyarakat melihat air yang berwarna keruh dan berbauserta bercampur dengan benda benda  sampah antara lain: kaleng, plastik, dansampah organik. Pemandangan seperti itu dapat dijumpai pada aliran sungai, rawa, danau,dan kolam. Air yang demikian biasa disebut air kotor atau disebut pula air yang terpolusi.



II.PERMASALAHAN
1.       Apa yang dimaksud pencemaran air?
2.       Apa saja penyebab terjadi nya pencemaran air?
3.       Apa saja dampak yang di timbulkan dari pencemaran air?
4.       Bagaimana cara menanggulangi pencemaran air?



III.PEMBAHASAN
Dalam PP No. 20/1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air, pencemaran air didefinisikan sebagai : “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiaan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1, angka 2).



Penyebab terjadi nya pencemaran air
1)      Penyebab alami
yang pada dasarnya tidak dapat dihindari oleh makhluk di bumi. Yakni meningkatnya kadarnutrien atau kandungan zat organik hasil pencernaan makhluk dan hasil metabolisme, hal iniyang nantinya akan mengakibatkan terjadinya eutrofikasi, proses ini terjadi dalam jangka waktuyang lama bahkan ribuan tahun.
2)      Sampah organik
dapat menjadi penyebab terjadinya pencemaran di air, sampah organik yang menumpukdiselokan-selokan akan menimbulkan cairan berbau yang lebih dikenal sebagai air comberan,yang berdampak buruk bagi kehidupan.
3)      Limbah pabrik yang tidak disaring.
limbah menjadi hal yang sangat menakutkan jika menyebar ke hulu air dan digunakan olehmanusia. Pencemaran Air oleh limbah sangat berbahaya karena mengandung banyak unsur kimiayang bukan hanya merusak organ dalam juga akan merusak bagian luar.
4)      Penggunaan bahan peledak.
Di daerah sungai, danau atau lautpun pencemaran air dapat terjadi oleh karena sebab manusiayang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak. Unsur kandungan kimia di bahan peledak itu yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.



Dampak pencemaran air
Ø  Kematian biota air
Masalah utama yang disebabkan oleh dampak pencemaran air adalah terbunuhnya kehidupan yang tergantung pada badan air tersebut. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka.
Ø  Kerusakan rantai makanan
Dampak pencemaran air juga merusak tatanan rantai makanan alami yang selama ini berlangsung dalam ekosistem air. Polutan seperti timbal yang dimakan oleh ikan kecil, akan terbawa pada tingkat trofik selanjutnya. Ikan-ikan besar, kerang, dan tingkat trofik di atasnya juga akan ikut merasakan dampak dari polutan yang dimakan oleh ikan kecil.
Ø  Wabah penyakit
Kerusakan rantai makanan pada tahap selanjutnya akan berdampak pada manusia. Produk-produk dari badan air yang tercemar yang dikonsumsi manusia akan mengakibatkan pada mewabahnya beberapa jenis penyakit. Wabah penyakit hepatitis bisa timbul akibat konsumsi makanan laut yang teracuni polutan.
Ø  Kerusakan ekosistem
Dampak pencemaran air pada tahap selanjutnya akan terjadi pada ekosistem. Pencemaran air mengakibatkan kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah. Banyak daerah yang sekarang jadi terkena pencemaran air karena kelalaian manusia dalam menjaga kelestarian lingkungannya.



cara penanggulangan pencemaran air
1.       Program Pengendalian Pencemaran dan Pengrusakan Lingkungan
·         Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik.
·         Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri.
·         Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3.
·         Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager).
2.       Program Rehabilitasi dan Konservasi SDA dan Lingkungan Hidup
·         Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis.
·         Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan, TPA, dan bencana.
·         Meningkatkan konservasi air bawah tanah.
·         Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati.
3.       Tindakan yang Perlu Dilakukan oleh Masyarakat
·         Tidak membuang sampah atau limbah cair ke sungai, danau, laut dll.
·         Tidak menggunakan sungai atau danau untuk tempat mencuci truk, mobil dan sepeda motor
·         Tidak menggunakan sungai atau danau untuk wahana memandikan ternak dan sebagai tempat kakus
·         Tidak minum air dari sungai, danau atau sumur tanpa dimasak dahulu.


IV.KESIMPULAN
Pencemaran air dapat berdampak pada kesehatan, keselamatan dan akhirnya berakibat pada pembangunan ekonomi. Bencana krisis air dapat merupakan ancaman bagi keberlangsungan generasi yang akan datang. Ditinjau dari segi kualitas dan kuantitas, kondisi sumber air makin menurun dan berkembangnya berbagai sumber penyakit. Tingginya pencemaran air disebabkan limbah industri yang tidak diolah dahulu serta limbah rumah tangga pada pemukiman yang dibuang ke badan sungai. Terbatasnya upaya pengendalian pencemaran air diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan serta kurangnya penegakan hukum bagi pelanggar pencemaran lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, A  A; Kholil Muhammad. 2018 kimia dan pengetahuan industri – Penerbit Wahana Resolusi, Yogyakarta.
Ferdi lundu. 2019. Pencemaran air. https://www.academia.edu/6546265/Makalah_Pencemaran_Air
Firmansyah l. 2015. Sebab dan akibat pencemaran air. https://www.academia.edu/34926807/Sebab_dan_Akibat_Pencemaran_Air_serta_Cara_Mengatasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.