.

Minggu, 12 Januari 2020

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Oleh : Rachmatika Anantia A
@P18-ANANTIA


ABSTRAK
Manusia, sebagaimana organisme lainnya selalu dicemari oleh lingkungannya sebagai akibat dari kegiatan manusia itu sendiri dan oleh kejadian alam. Manusia dan organisme hidup menghasilkan limbah dari proses pencernaan dan metabolisme tubuhnya. Mereka mengambil sesuatu (bahan baku atau sumber daya) dari lingkungan untuk keperluannya. Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat mengakibatkan adanya kebutuhan yang terus menigkat dengan cepat pula. Di lain pihak sumber daya yang tersedia seperti air, udara, dan lahan yang ada di permukaan bumi ini jumlahnya tetap.

Kata Kunci : Pencemaran Lingkungan, Pencemaran Air, Pencemaran Udara, Pencemaran Tanah 

I.                    PENDAHULUAN
Meningkatnya kebutuhan manusia menyebabkan semakin meningkat pula upaya penggunaan sumber daya alam yang terbatas. Sebagai hasil samping penggunaan sumber daya alam adalah kelangkaan sumber daya alam dan meningkatnya limbah. Setiap manusia setiap hari membuang sampah dan limbah ke lingkungan sekitar. Akibatnya adalah semakin menumpuk limbah cair dan sampah di sekitar kehidupan manusia itu sendiri. Dengan demikian tidaklah berlebihan bila dinyatakan bahwa di samping pertumbuhan penduduk dunia yang cepat, pola hidup manusia yang konsumtif juga merupakan akar penyebab paling dasar dari terjadinya masalah pencemaran lingkungan dewasa ini. Meskipun demikian ada juga pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh banjir dan aktivitas alam, misalnya tsunami, gunung berapi, dan gas alam beracun.

II.                  PERMASALAHAN
Manusia ingin terus meningkatkan kualitas hidupnya, mereka memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengembangkan industri. Manusia menggunakan bahan kimia untuk meningkatkan produksi pangan agar kebutuhan pangan dapat terpenuhi. Manusia memanfaatkan teknologi nuklir untuk memenuhi kebutuhan energi, artinya mereka memanfaatkan teknologi dan hasil teknologi untuk kepentingannya secara berlebihan. Akibatnya limbah yang dihasilkannya tidak mampu diuraikan kembali oleh alam sehingga terjadi pencemaran.

III.                PEMBAHASAN
Pencemaran merupakan suatu keadaan yang bisa kita temukan sehari-hari. Pencemaran adalah masuknya benda asing yang tidak dikehendaki ke dalam suatu lingkungan. Pencemaran disebabkan oleh adanya bahan pencemar di suatu lingkungan dalam jumlah yang melebihi batas yang bisa diterima oleh lingkungan.

 Macam-Macam Pencemaran Lingkungan
  • Pencemaran Udara, hal yang paling dominan adalah konsumsi bahan bakar untuk kehidupan sehari-hari. Hasil proses pembakaran anatara lain melepaskan sejumlah besar bahan kimia ke udara, sekaligus menimbulkan pencemaran.
  • Pencemaran Air, terjadi karena limbah industri yang di buang ke suangai atau perairan lainnya, yang menyebabkan ketidakseimbangan dan menimbulkan kontaminasi bagi organisme di dalam atau di sekitarnya.
  • Pencemaran Tanah, terjadi karena penambahan dan akumulasi berbagai bahan kimia ke permukaan atau ke dalam tanah sebagai akibat dari berbagai aktivitas manusia.


Dampak Pencemaran Lingkungan
1.       Degradasi kualitas lingkungan
2.       Kesehatan manusia
3.       Pemanasan global
4.       Penipisan lapisan ozon
5.       Kesuburan tanah berkurang

IV.                KESIMPULAN
Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak di inginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Substansi yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas. Lingkungan dapat tercemar karena 1) kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar daripada kecepatan masuknya senyawa pengganti. 2) rusaknya atau putusnya alur siklus biokimia. 3) kecepatan masuknya senyawa ke dalam lingkungan lebih besar daripada kecepatan pengambilannya. 4) masuknya senyawa yang tidak terdegradasi ke dalam lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, A.A dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri
Adact, Jessy. 2013. Dampak Pencemaran Limbah Pabrik Tahu Terhadap Lingkungan Hidup. Dalam https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/administratum/article/view/3200/2742
Budiyono, Afif. 2001. Pencemaran Udara : Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan. Dalam http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/687/605
Hasibuan, Rosmidah. 2016. Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Dalam http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/advokasi/article/view/354/339

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.