.

Senin, 02 Desember 2019

Wujud Gas



Disusun oleh : @P16-Andi, @P19-Rahmat, dan @P20-Adi

ABSTRAK

Gas adalah salah satu dari empat wujud dasar materi (lainnya adalah padat, cairan, dan plasma). Gas murni dapat tersusun dari atom (misalnya gas mulia seperti neon), molekul elemen yang tersusun dari satu jenis atom (misalnya oksigen), atau molekul senyawa yang tersusun dari berbagai macam atom (misalnya karbon dioksida). Campuran gas akan mengandung beragam gas murni seperti udara. Hal yang membedakan gas dari cairan dan padat adalah pemisahan partikel gas yang sangat besar. Pemisahan ini biasanya membuat gas tak berwarna menjadi tak terlihat oleh pengamatan manusia. Interaksi partikel gas dengan adanya medan listrik dan medan gravitasi dapat diabaikan seperti ditunjukkan oleh vektor kecepatan konstan pada gambar. Salah satu jenis gas yang umum dikenal adalah kukus.

KATA KUNCI : Wujud gas


PENDAHULUAN

Di dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menjumpai zat-zat yang turut serta melengkapi kebutuhan kita. Zat tersebut diantaranya ada zat padat, cair, dan gas. Contoh saja, kapur barus yang kita letakan di dalam almari lama kelamaan akan mengecil karena kapur barus bersama udara di dalam almari dan berubah wujud menjadi gas, hal seperti ini juga disebut dengan menyublim. Berdasarkan contoh tersebutkita bisa menyimpulakan bahwa gas adalah zat yang terbentuk dari molekul-molekul yang bergerak secara acak dengan arah gerakan konstan. Molekul gas bergerak dengan kecepatan tinggi dan saling bertubrukan dengan molekul lain dan juga dengan dinding terus-menerus.


PEMBAHASAN

Pengertian wujud gas

Wujud gas Merupakan suatu materi atau zat yang memiliki volume serta bentuknya akan selalu berubah-ubah mengikuti bentuk wadah yang ditempatinya. Jarak diantara partikel dalam gas sangatlah renggang. Partikel-partikel dalam gas bisa bergerak dengan sangat bebas.


Sifat-sifat benda gas

Setiap jenis benda (padat, cair, gas) mempunyai ciri-ciri dan sifatnya masing-masing. Lalu apa saja sifat sifat zat gas? Dibawah ini akan dipaparkan secara jelas mengenai Sifat Benda Gas beserta penjelsannya.

1. Benda Gas terdapat di segala tempat

Sadarkah kamu jika benda gas ada dimana-mana. Ya, benda gas ada di segala tempat, di rumah, di kamar, di jalan dan di tempat mana pun. Manusia bisa bertahan hidup juga karena menghirup oksigen. Meski wadah terlihat kosong, namun sebenarnya terdapat udara yang tidak bisa dilihat dengan mata.

2. Mengisi seluruh ruangan yang ditempati

Sifat benda gas salah satunya adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Misalnya saat kita meniup balon, maka semua udara menempati ruangan dalam balon tersebut.

3. Menekan ke segala arah

Benda gas juga memiliki ciri-ciri yaitu menekan ke segal arah. Contohnya pada saat kita meniup balon, maka balon akan mengembang ke segala bagian dikarenakan adanya tekanan gas ke segala arah.

4. Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah

Benda gas juga memiliki partikel-partikel penyusun. Jarak antara partikel-partikel yang ada pada benda gas tidak akan tetap dan selalu berubah-ubah sehingga membuat bentuk benda gas pun tidak tetap.

5. Susunan partikel benda gas tidak teratur

Selain jarak antar partikel yang berubah-ubah, susunan partikel benda gas juga tidak teratur melebihi benda padat dan benda cair.

6. Gerakan antar partikel bebas

Selain susunan partikelnya yang tidak teratur, gerakan antar partikel pada zat gas juga sangat bebas, bahkan lebih bebas dibandingkan partikel pada benda cair.

7. Gaya tarik menarik benda gas lemah

Gaya tarik menarik antar partikel pada benda gas sangat lemah, malah hampir tidak ada, tidak seperti benda padat atau benda cair.


Ciri-ciri benda gas

Berikut ini adalah Ciri-Ciri Benda Gas yang harus kalian ketahui, antara lain:

  • Benda gas mempunyai massa
  • Volume benda gas tidak tetap
  • Bentuk benda gas berubah-ubah
  • Gaya tarik antar partikel benda gas terlalu lemah
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Sususan partikel benda gas tidak teratur
  • Gerak antar partikel benda gas bebas
  • Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Benda gas menekan ke segala arah
  • Benda gas terdapat di segala tempat


Perubahan wujud benda gas

Benda gas juga dapat berubah wujud menjadi zat lain seperti benda padat atau benda cair. Perubahan wujud zat gas ini meliput dua hal yaitu:

Perubahan Wujud Benda Gas ke Padat (Mengkristal)

Perubahan wujud gas menuju benda padat disebut mengkristal. Benda gas bisa berubah menjadi benda padat jika zat melepaskan energi panas. Peristiwa perubahan zat ini disebut sebagai mengkristal. Contoh benda gas menjadi padat adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

Perubahan Wujud Benda Gas ke Cair (Mengembun)

Perubahan wujud gas menuju benda cair disebut mengembun. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh benda gas menjadi cair adalah rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.


Contoh benda gas

Terdapat banyak contoh contoh benda gas. Contoh benda gas dapat ditemui di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari. Bahkan benda gas selalu ada dimana-mana karena gas adalah udara itu sendiri. Kita juga bisa hidup karena menghirup oksigen di sekeliling kita. Berikut adalah sejumlah contoh bendat gas di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari lengkap.


  • Udara
  • Asap
  • Uap
  • Oksigen
  • Karbondioksida
  • Nitrogen
  • Helium : Gas Balon
  • Sulfur : Gas Belerang
  • Metana
  • Gas Bercaun : Methil Broide, Chlorien, Nitric Oxide
  • dan lain-lain


Hukum-hukum gas

Hukum Avogrado

Hukum Avogrado menyatakan volume gas sebanding dengan jumlah molekul gas tersebut.

Hukum Boyle

Hukum Boyle menyatakan bahwa tekanan dan volume gas, jika salah satu jumlah dinaikkan maka jumlah yang lain akan meningkat selama temperatur dan jumlah mol dijaga konstan.

Hukum Charles

Hukum Charles menyatakan bahwa temperatur dan volume suatu gas sangat berkaitan.

Hukum Tekanan Gas (Hukum Gay-Lussac)

Hukum Gay-Lussac menyatakan temperatur dan tekanan gas sangat relevan.


Daftar pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gas
https://www.yuksinau.id/zat-gas/
https://www.gurupendidikan.co.id/zat-padat-gas-cair/
https://www.studiobelajar.com/teori-kinetik-gas/
https://thegeekhost.com/contoh-benda-gas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.