.

Jumat, 13 Desember 2019

Teknologi Hijau

Disusun Oleh : @N10-Fathan


Abstrak
Perkembangan teknologi negara-negara di dunia semakin meningkat. Hal ini ditunjukkandengan diproduksinya berbagai macam peralatan yang dapat mempermudah manusia dalammenunjang kehidupannya, baik dalam sektor industri maupun transportasi, Namun terkadang kemajuan teknologi tersebut tidak diiringi dengan kepedulian kita sebagaipengguna teknologi untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Salah satu dampak tidak langsung yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi adalah masalah pencemaran udara dan kemacetan.

Kata kunci : Teknologi Hijau

Pendahuluan
Satu dekade ini isu yang sedang hangat diperbincangkan diseluruh belahan bumi adalah isu tentang global warming atau pemanasan global. Fenomena alam ini telah disadari oleh seluruh umat manusia sebagai dampak dari aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di dalam perut dan muka bumi. Upaya yang bisa dilakukan oleh manusia hanya menahan laju dampak dari pemanasan global tersebut, dampak yang terjadi apabila tidak ditahan lajunya akan berakibat fatal bagi kehidupan manusia di muka bumi. Dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh manusia munculah konsep Green Technology/Teknologi Hijau atau dapat disebut juga Clean Technology/Environmental Technology.

Rumusan Masalah
Kami menemukan berbagai masalah mengenai Teknologi Hijau, diantaranya :
1.      Apakah pengertian dari Teknologi Hijau ?
2.      Apa saja tujuan dari pelaksanaan Teknologi Hijau ?
3.      Apa saja yang termasuk ke dalam konsep Teknologi Hijau ?
4.      Apa saja prinsip utama Teknologi Hijau ?

Pembahasan
Pengertian Teknologi Hijau
Teknologi Hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim meenggunakan sumberdaya alam, termasuk sumberdaya energi, mineral, air dan material, serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia. Dengan demikian terdapat keterkaitan yang erat antara teknologi hijau dengan teknologi ramah lingkungan, teknologi bersih bahkan teknologi hijau dengan teknologi ramah lingkungan.

Tujuan Teknologi Hijau
Teknologi Hijau berkaitan dengan green engineering atau green productivity, di mana menurut Billatos dan Basaly (1997), mempunyai empat tujuan umum dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dan ekonomi produksi, yaitu :
1.      Pengurangan limbah (waste reduction)
2.      Manajemen material (material management)
3.      Pencegahan polusi (pollution prevention)
4.      Peningkatan nilai produk (product enhancement)

Konsep Teknologi Hijau
Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain dengan mengacu pada beberapa konsep yang menjadi tujuan aplikasi :
1.  Konsep keberlanjutan. Kebutuhan saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.
2.   Konsep daur ulang. Kegiatan daur ulang dimaksudkan untuk menghemat sumberdaya alam dan energi, salah satu caranya ialah penerapan teknologi hijau.
3.      Konsep pengurangan limbah dan polusi. Di mana pola produksi dan konsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.
4.      Konsep Inovasi. Dalam hal ini selalu berupaya dalam mengembangkan teknologi alternaif.
5.    Konsep Visabilitas. Intinya bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadaannya.
6.   Konsep edukasi. Upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan.

Prinsip Teknologi Hijau
Adapun prinsip utama teknologi hijau meliputi tiga aspek, yaitu :
1.      Kenyamanan Sosial.
Dalam hal ini kenyamanan hendaknya bersifat jangka panjang atau berkelanjutan.
2.      Ekonomis.
Penerapan teknologi hijau sedapat mungkin harus rendah biaya dengan nilai manfaat yang seoptimal mungkin.
3.      Ramah Lingkungan.
Teknologi hijau merupakan teknologi bersih dan ramah lingkungan. Dengan demikian dalam setiap rancangan, pengembangan dan aplikasinya prinsip ramah lingkungan harus menjadi salah satu patokan.

Kesimpulan
Dari pembahasan tersebut dapat di simpulkan bahwa lingkungan harus dijaga dengan baik dan alangkah baiknya menjaga lingkungan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, sehingga tidak ada salah satu dari makhluk hidup yang merasa di rugikan.

Daftar Pustaka :
·    Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
·       Thesman Vanessa, Cikitha Virginia. 2017.Makalah Green Technology
·       Anonim. 2017. Makalah Teknologi Ramah Lingkungan
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.