.

Senin, 18 November 2019

Akibat Pencemaran Air

Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA





Akibat Pencemaran Air

Abstrak
Air adalah kebutuhan yang mutlak untuk seluruh manusia di bumi, utamanya adalah untuk minum. Air adalah kebutuhan yang mutlak untuk seluruh manusia di bumi, utamanya adalah untuk minum. Pertumbuhan alga yang tidak terkendali di perairan menyebarkan toksik yang berpengaruh pada munculnya berbagai penyakit pencernaan dan kulit. Pada proses hidrologi atau perputaran air, Titik-titik air tercemar yang menguap dari bumi dan tercemar maka akan menyebabkan hujan asam. Besarnya biaya yang dikeluarakn akibat pencemaran air.


Kata Kunci : Akibat, Pencemaran, Penyakit.

1.    Pendahuluan
Air adalah kebutuhan yang mutlak untuk seluruh manusia di bumi, utamanya adalah untuk minum. Namun air juga digunakan untuk membersihkan tubuh dan hal lainnya.
Berdasarka catatan Envropol (2014), di negara-negara dengan kondisi suberdaya perairan yang pengelolaanya buruk, sangat rentan terhadap wabah penyakit yang menjadikan air sebagai perantara, seperti kolera dan tuberculosis. Bahaya dari pencemaran air tidak hanya menyerang manusia. Ekosistem, hewan, ekonomi dan lainnya.
Air adalah kebutuhan yang mutlak untuk seluruh manusia di bumi, utamanya adalah untuk minum. Celakanya, di Indonesia kualitas kebersihan air semakin menurun dari tahun ke tahunnya. Pencemaran air terjadi dimana-mana, hal ini disebabkan oleh perilaku manusia yang sering membuang sampah ke sungai ataupun perusahaan-perusahaan industri yang membuah limbah pabriknya ke aliran sungai.

2.      Permasalahan
2.1    Akibat apa yang ditimbulkan pada Manusia karena pencemaran air ?
2.2    Akibat apa yang ditimbulkan pada Ekosistem karena pencemaran air ?
2.3    Akibat apa yang ditimbulkan pada Hewan karena pencemaran air ?
2.4    Akibat apa yang ditimbulkan pada Perekonomian karena pencemaran air ?

3.      Pembahasan
3.1    Akibat Pencemaran Air Pada Manusia
-          Pertumbuhan alga yang tidak terkendali di perairan menyebarkan toksik yang berpengaruh pada munculnya berbagai penyakit pencernaan dan kulit.
-          Kadar nitrogen berlebihan dalam air minum menimbulkan resik serius bagi bayi.
-          Kolera terjadi 3-5 juta per tahun.

3.2    Akibat Pencemaran Air Pada Ekosistem
Pencemaran air mengakibatkan kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah.  Banyak daerah yang sekarang jadi terkena pencemaran air karena kelalaian manusia dalam menjaga kelestarian lingkungannya, dan di masa yang akan datang daerah-daerah yang tercemar ini tentu akan membuat manusia mengalami banyak kesulitan.

Pada proses hidrologi atau perputaran air, Titik-titik air tercemar yang menguap dari bumi dan tercemar maka akan menyebabkan hujan asam yang menyebabkan berbagai kerusakan alat-alat yang berbahan dasar dari besi. Ikan peliharaan pun tak luput dari dampak negatif hujan asam ini.

Air yang tercemar mengandung berbagai macam larutan yang akan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam air tersebut. Hal ini akan berakibat tumbuhan- tumbuhan air kesulitan melakukan proses fotosintesis. Fotosintesis pada tumbuhan akan menyebabkan tumbuhan tersebut memproduksi oksigen. Apabila tumbuhan terhalang melakukan fotosintesis, hal ini akan menyebabkan air mendapatkan oksigen yang hanya sedikit.

3.3    Akibat Pencemaran Air Pada Hewan
Masalah utama yang disebabkan oleh dampak pencemaran air adalah terbunuhnya kehidupan yang tergantung pada badan air tersebut. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka. Contoh sederhana dari dampak ini adalah hilangnya populasi ikan di badan sungai daerah perkotaan. Binatang air bernafas menggunakan oksigen. Ketika jumlah oksigen yang tersedia di dalam air menurun, otomatis binatang akan kesulitan untuk bernafas. Hal ini akan berakibat matinya binatang- binatang air karena tidak meperoleh oksigen untuk bernafas.


3.4    Akibat Pencemaran Air Pada Perekonomian
Asian Development Bank (2008) pernah menyebutkan pencemaran air di Indonesia menimbulkan kerugian Rp 45 triliun per tahun. Biaya yang dikeluarakn akibat pencemaran air ini mencakup biaya kesehatan, biaya penyediaan air bersih, hilangnya waktu produktif, citra buruk pariwisata.

Referensi

Hidayat, Atep Afia. Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan                      Industri. Yogyakarta: Wahana Resolusi.




Mujahidah, Zahrotul. 2019. Pencemaran Air dan Dampaknya Terhadap Siklus Hidrologi.
Salamadian. 2019. Pencemaran Air.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.