.

Senin, 18 November 2019

Ikatan Kimia

IKATAN KIMIA
Oky Maulana (N07-Oky)
Ardy Triananda (N08-Ardy)
Sahlevi Ariputra (N09-Sahlevi)

ABSTRAK
Ikatan kimia merupakan interaksi gaya Tarik menarik antara 2 atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomic  atau poliatomik menjadi stabil. Dalam percobaan ini, larutan NaCl direaksikan dengan larutan AgNO3 menghasilkan endapan AgCl dan senyawa baru Na(NO)3.

Pengertian
Antara dua atom atau lebih dapat saling berinteraksi dan membentuk molekul. Interaksi ini selalu disertai dengan pelepasan energi. Adapun gaya-gaya yang menahan atom-atom dalam molekul merupakan suatu ikatan yang dinamakan ikatan kimia. Ikatan kimia terbentuk karena unsur-unsur cenderung membentuk struktur elektron stabil. Walter Kossel dan Gilbert Lewis pada tahun 1916 menyatakan bahwa terdapat hubungan antara stabilnya gas mulia dengan cara atom berikatan. Mereka mengemukakan bahwa jumlah elektron terluar dari dua atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa sehingga susunan kedua elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan gas mulia. Kecenderungan atom-atom untuk memiliki struktur atau konfigurasi elektron gas mulia atau 8 elektron pada kulit terluar disebut kaidah oktet. Elektron yang berperan dalam reaksi kimia yaitu elektron pada kulit terluar atau elektron valensi. Elektron valensi menunjukan kemampuan suatu atom untuk berikan dengan atom lain.

Jenis – Jenis
·         Ikatan Elektrovalen atau Ion
Ikatan ion terbentuk akibat adanya melepas atau menerima electron oleh atom-atom yang berikatan. Atom-atom yang melepas electron menjadi ion positif (kation) sedang atom-atom yang menerima elektron menjadi ion negatif (anion). Ikatan ion biasanya disebut ikatan elektrovalen. Senyawa yang memiliki ikatan ion disebut senyawa ionik. Senyawa ionik biasanya terbentuk antara atom-atom unsur logam dan nonlogam. Atom unsur logam cenderung melepas elektron membentuk ion positif, dan atom unsur nonlogam cenderung menangkap elektron membentuk ion negative.
Sifat-Sifat ikatan ionik adalah:
1.      Senyawa ion berupa elektrolit.
2.      Biasanya zat padat memiliki titik leleh yang tinggi.
3.      Tidak larut dalam pelarut organik tetapi larut dalam pelarut air.
·         Ikatan Kovalen
Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk dari pemakaian electron bersama oleh atom-atom pembentuk ikatan. Ikatan kovalen biasanya terbentuk dari unsur-unsur nonlogam. Dalam ikatan kovalen, setiap elektron dalam pasangan tertarik kedalam nucleus kedua atom. Tarik menarik elektron inilah yangmenyebabkan kedua atom terikat bersama.
·         Ikatan Kovalen Koordinat
Ikatan kovalen koordinat merupakan ikatan kimia yang terjadi apabila pasangan elektron bersama yang dipakai oleh kedua atom disumbangkan oleh salah satu atom saja. Sementara itu atom yang lain hanya berfungsi sebagai penerima elektron berpasangan saja. Syarat-Syarat terbentuknya ikatan kovalen koordinat.
1.      Salah satu atom memiliki pasangan elektron bebas
2.      Atom yang lainnya memiliki orbital kosong.
3.      Susunan ikatan kovalen koordinat sepintas mirip dengan ikatan ion,namun kedua ikatan ini berbeda oleh karena beda ke elektro negatifan yang kecil pada ikatan kovalen koordinat sehingga menghasilkan ikatan yang cenderung mirip kovalen.
·         Ikatan Logam
Ikatan logam merupakan salah satu ciri khusus dari logam, padaikatan logam ini elektron tidak hanya menjadi milik satu atau duaatom saja, melainkan menjadi milik dari semua atom yang ada dalamikatan logam tersebut. Elektron-elektron dapat terdelokalisasisehingga dapat bergerak bebas dalam awan elektron yangmengelilingi atom-atom logam. Akibat dari elektron yang dapat bergerak bebas ini adalah sifat logam yang dapat menghantarkanlistrik dengan mudah. Ikatan logam ini hanya ditemui pada ikatanyang seluruhnya terdiri dari atom unsur-unsur logam semata. Sifat Sifat umum sebagai berikut:
1.      Penghantar listrik dan panas yang baik.
2.      Keras,mudah ditempa dan ditarik.
3.      Titik lebur dan titik didih tinggi.
4.      Mengkristal dengan bilangan koordinasi.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.