.

Senin, 02 Desember 2019

Wujud Gas

Wujud Gas
Oleh : @Kel-P08, Hana Muyesca (@P10-HANA), Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)

Kata Kunci : zat, perubahan wujud, partikel

            I.                   Pendahuluan
Materi atau zat dikelompokan menjadi zat tunggal (murni) dan campuran. Zatmurni terdiri dari unsur dan senyawa. unsur merupakan zat murni yang palingsederhana. Sedangkan senyawa gabungan dari dua atau lebih unsur yang terbentukmelalui reaksi kimia. Suatu zat bisa berupa gas, cair, atau padat. Saat benda padat berubah menjadi cair, maka disebut meleleh atau melebur atau juga mencair. Jika bendacair berubah menjadi padat, maka disebut menguap. Ada keunikan diantara zattersebut. Ada beberapa zat yang sama yang juga dapat dijumpai dalam bentuk yang berbeda. Air bisa kita jumpai dalam bentuk gas (uap), cair (air), atau padat.

II.                Permasalahan
1.      Apa yang dimaksud dengan zat ?
2.      Bagaimana sifat-sifat partikel suatu zat?
3.      Ada berapa jenis zat yang ada?
4.      Apa itu perubahan wujud zat?
5.      Bagaimana proses perubahan wujud zat? Dan apa saja contoh dari perubuhan wujud zat tersebut?
6.      Lalu mengapa zat-zat tersebut bisa berubah wujud? Bagaimana hubungannya dengan teori partikel?

III.             Pembahasan
Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Sedangkanwujud zat merupakan bentuk-bentuk berbeda yang diambil oleh berbagai fase materi berlainan.
Sifat- sifat partikel suatu zat adalah sebagai berikut :
1.              Partikel tidak diam, tetapi selalu bergerak atau bergetar
2.              Diantara satu partikel dengan partikel yang lain terdapat gaya tarik-menarik
3.              Diantara satu partikel dengan partikel yang lain terdapat ruang antarpartikelyang disebut pori-pori.

Di sekeliling kita terdapat tiga macam atau jenis zat, seperti :
1.             Zat padat
Pada umumnya zat padat berbentuk kristal (seperti gula pasir atau garam dapur) atau amorf (seperti kaca dan batu granit). Partikel zat padat memiliki sifat, antara lain:
a.    Letaknya sangat berdekatan
b.    Susunannya teratur
c.    Gerakannya tidak bebas, hanya bergetar dan berputar di tempatnya

2.             Zat cair
Zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya.Tetapi volumenya selalu tetap. Selain itu, partikelnya lebih bebas bergerak karena ikatan antar partikelnya lemah. Partikel zat cair memiliki sifat, antara lain:
a.    Letaknya berdekatan
b.    Susunannya tidak teratur
c.    Gerakannya agak bebas, sehingga dapat bergeser dari tempatnya, tetapi tidak lepas dari kelompoknya

3.             Zat gas
Ciri dari gas di antaranya bentuk dan volume berubah sesuai dengan tempatnya. Gas yang terdapat di balon memiliki bentuk dan volume yang sama dengan balon. Partikel zat gas memiliki sifat seperti berikut:
a.    Letaknya sangat berjauhan
b.    Susunannya tidak teratur
c.    Gerakannya bebas bergerak, sehingga dapat bergeser dari tempatnya dan lepas dari kelompoknya, sehingga dapat memenuhi ruangan.

Apa si perubahan wujud zat itu?
Perubahan wujud zat merupakan perubahan yang termodinamika dari fase benda ke keadaan wujud zat yang lainnya. Perubahan ini umumhya terjadi karena adanya kejadian pelepasan serta penyerapan suatu kalor. Perubahan wujud zat akan terjadi saat titik ternteu tercapai oleh senyawa zat atau atom itu, yang umumnya dikuantitaskan pada angka suhu. Sebagai contoh air untuk menjadi padat haruslah mencapai suatu titik dan air menjadi gas harus mencapaui titik didihnya.

Apa saja macam-macam perubahan wujud zat gas?
1.      Mencair
Perubahan wujud zat dari bentuk padat menjadi cair. Contohnya, es batu mencair, lilin meleleh.
2.      Membeku
perubahan wujud zat dari bentuk cair menjadi padat. Contohnya, pembuatan air menjadi es batu.
3.      Menguap
perubahan wujud zat dari bentuk cair menjadi gas. Contohnya, ketika menjemur baju, perlahan-lahan air yang ada dikain akan menguap sehingga kain menjadi kering. Contoh lainnya adalah pada proses penyemprotan parfum. Zat cair yang kita semprotkan akan berubah menjadi uap sehingga aroma wanginya bisa menyebar.
4.      Mengembun
perubahan wujud zat dari gas menjadi cairan. Hal ini disebabkan karena proses pendinginan. Proses mengembun dapat kita amati melalui proses turunnya air hujan ke bumi. Air yang sebelumnya telah berubah menjadi uap akan naik ke atas dan berubah menjadi awan, selanjutnya awan yang telah terbentuk akan mengalami proses kondensasi sehingga molekul air yang berbentuk gas akan turun menjadi butiran-butiran air ke bumi.
5.      Sublimasi
proses perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. Hal ini bisa diamati pada kapur barus yang perlahan-lahan akan habis disebabkan menguap.
Contohnya, Kapur barus di dalam lemari semakin lama ukurannya menjadi semakin kecil, biang es yang biasanya digunakan untuk mendinginkan makanan sementara, lama-lama jadi habis

6.      Menghablur
proses perubahan wujud zat dari bentuk gas menjadi padat tanpa melalui proses perubahan menjadi cair terlebih dahulu. Sebagai contoh adalah proses terbentuknya salju.
Lalu mengapa zat-zat tersebut bisa berubah wujud? Bagaimana hubungannya dengan teori partikel?
Ketika suatu zat dipanaskan, partikel-partikel penyusun suatu zat akan bergerak lebih cepat disebabkan kalor yang diterimanya. Karena pergerakan partikel yang terus menerus, menyebabkan ikatan yang terjadi diantara partikel tersebut menjadi lebih lemah. Sebagai akibatnya, partikel penyusun akan lebih mudah berpindah tempat sehingga benda tersebut akan berubah wujud dari padat menjadi cair, dari cair menjadi gas, atau bahkan dari padat menjadi gas.
Begitu juga sebaliknya, ketika suatu zat didinginkan, akan menyebabkan partikel melepas kalor. Partikel yang melepas kalor akan kehilangan energi untuk bergerak sehingga partikel akan menjadi lebih tenang. Partikel yang sudah tidak bergerak akan membentuk ikatan partikel yang kuat dan lebih sulit dipatahkan sehingga zat tersebut akan berubah wujud, dari cair menjadi padat, atau dari gas menjadi cair atau bahkan dari gas menjadi padat.
IV.             Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dari penjelasan diatas, bahwa ternyata tanpa disadari yang terjadi disekitar kita banyak sekali perubahan wujud zat.
Dan kita bisa mengetahui apa saja perubahan wujud zat yang terjadi.

Daftar Pustaka
Pangarso, Fiqhi. 2018. Macam-macam Perubahan Wujud Zat dan Contohnya. Dalam http://sainspedia.xyz/page/view/1--tentang-kami (Diakses pada 02 Desember 2019)
Unkwon. 2019. Perubahan Wujud Zat: Pengertian, Jenis, Beserta Contoh. Dalam https://pakdosen.co.id/perubahan-wujud-zat/ (Diakses pada 02 Desember 2019)
Kurniawan, Aris. 2019. Apa itu Perubahan Wujud Zat dan Jenis Beserta Contohnya. Dalam https://www.gurupendidikan.co.id/apa-itu-perubahan-wujud-zat-dan-jenis-beserta-contohnya/ (Diakses pada 02 Desember 2019)
Unkwon. 2015. Perubahan Wujud Zat Berdasarkan Teori Partikel. Dalam https://www.tentorku.com/perubahan-wujud-zat-berdasarkan-teori-partikel/ (Diakses pada 02 Desember 2019)

Ningsih, Nunung. Perubahan Wujud Zat. Dalam https://www.academia.edu/37813974/makalah_perubahan_wujud_zat.docx (Diakses pada 02 Desember 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.