.

Senin, 14 Oktober 2019

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Oleh : Auliyah Pertiwi (41619010002)


ABSTRAK
Pencemaran merupakan suatu keadaan yang bisa kita temukan sehari-hari. Pencemaran adalah masuknya benda asing yang tidak dikehendaki ke dalam suatu lingkungan. Pencemaran disebabkan oleh adanya bahan pencemar di suatu lingkungan dalam jumlah yang melebihi batas yang tidak bisa diterima oleh lingkungan. Harga pencemaran bisa diukur dari biaya akibat dari eksploitasi sumber daya, biaya pengendalian pencemaran, dan biaya kesehatan manusia. Terjadinya masalah pencemaran dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di alam ini. Secara umum para ahli membuat klasifikasi pencemaran menjadi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah. Pengelompokan ini didasarkan pada objek di mana bahan pencemar itu berada atau media pencemaran. Pencemaran udara adalah adanya bahan pencemar di udara, baik berupa bahan gas, debu, maupun bising. Pencemaran air adalah adanya pencemaran di perairan, baik berupa bahan kimia, fisika, maupun biota. Pencemaran tanah merupakan tanah yang menerima bahan pencemar, baik yang berupa bahan padat maupun bahan cair.
Kata Kunci : pencemaran lingkungan, macam-macam, cara mencegah.
I.                   PENDAHULUAN
Pencemaran lingkungan (Evironmental pollution) merupakan efek dari perubuhan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Substansi yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas. Sebagian besar polutan diproduksi sebagai efek samping dari aktivitas manusia.
Sejumlah kecil polutan diudara berdampak lebih signifikan dibandingkan dengan tingkat yang sama yang ada pada makanan. Polutan ada yang segera terdegaradasi melalui proses alam. Sebagai contoh limbah sayuran akan segera terdegradasi dan terdekomposisi menjadi bahan organic dan bahan penyusun lainnya. Sedangkan zat seperti dichlorodiphenyltrichloroethane (DDT), plastik, logam berat, berbagai bahan kimia dan limbah nuklir sulit terdegradasi secara alami. Polutan yang sulit terdegradasi oleh alam akan berbahaya bagi kehidupan organisme.

II.                PERMASALAHAN
a.      Apa itu pencemaran lingkungan?
b.      Macam-macam pencemaran lingkungan?
c.       Cara mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan?

III.             PEMBAHASAN
1.      PENGERTIAN
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok pengelolaan lingkungan hidup No. 4 Tahun 1982). Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan.

2.      MACAM-MACAM PENCEMARAN LINGKUNGAN
Menurut tempat terjadinya pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu pencemaran udara, air, dan tanah.

1.      Penecamaran Udara
Pencemaran udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya sebagai berikut :

A.      Gas Hzs. Gas ini bersifat racun, terdapat dikawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.
B.      Gas CO dan Coz. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau , bersifat racun, merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup.
C.      Partikel SOZ dan NO2. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat menggangu pernapasan.
D.     Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida bersama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Misalnya gangguan pernapasan, perubahan morfologi pada daun, batang, dan benih.

2.      Pencemaran Air
polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut :

A.      Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, misalnya : sisa detergen mencemari air. Buangan industri Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan bersifat racun.
B.      Sampah organik yang dibusukan oleh bakteri menyebabkan O2 diair berkurang sehingga menggangu aktivitas kehidupan organisme air.
C.      Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi, yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Akibatnya, tanaman didalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang.

3.      Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini :

A.      Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet, sintesis, pecahan kaca, dan kaleng.
B.      Detergen yang bersifat non blo degrable (secara alami sulit diuraikan)
C.      Zat kimia dari buangan pertanian, misalnya insektisida.


3.      CARA MENCEGAH / MENANGGULANGI PENCEMARAN LINGKUNGAN
1.      Pencemaran Udara
·         Mengurangi bahan bakar minyak, batu bara.
·         Menggunakan penyaring pada cerobong asap.
·         Menggunakan bahan bakar alternatif.
·         Mencegah penebangan / pembakaran hutan.
·         Membangun taman kota dengan tanaman anti polutan.
·         Pengendalian pembangunan rumah kaca.
·         Mengadakan uji emisi asap kendaraan bermotor.
2.      Pencemaran Air
·         Memelihara daerah aliran sungai (DAS)
·         Netralisasi zat kimia
3.      Adanya tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
4.      Meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat akan arti pentingnya lingkungan hidup.

IV.              PENUTUP

KESIMPULAN
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energy, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan perutukannya. Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (missal gunung meletus, gas beracun). Polutan adalah zat penyebab polusi atau pencemaran lingkungan dan keberadaannya dapat menimbulkan kerugian terhadap makhluk hidup.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.
Rochmad, Subardan. “Ruang Lingkup Pencemaran”. Dalam : http://repository.ut.ac.id/4450/1/BIOL4420-M1.pdf
Makalah Pencemaran Lingkungan”. 30 0ctober 2016. Dalam :  http://karyacombirayang.blogspot.com/2015/10/makalah-pencemaran-lingkungan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.