.

Senin, 07 Oktober 2019

Kesetimbangan Kimia


Kesetimbangan Kimia



Oleh : @Kel-P07 (@P02-AULIYAH, @P04-RAHMATIKA, @P05-WENING)



Abstrak
Kesetimbangan kimia terjadi pada reaksi kimia yang reversibel. Reaksi reversibel adalah reaksi yang di mana produk reaksi dapat bereaksi balik membentuk reaktan. Kesetimbangan kimia tercapai ketika laju reaksi maju sama dengan laju reaksi balik dan konsentrasi dari reaktan-reaktan dan produk-produk tidak berubah lagi.Kesetimbangan kimia mempunyai dinamis, sehingga sering disebut kesetimbangan dinamis. Kesetimbangan dinamis adalah suatu reaksi bolak-balik di saat kondisi konsentrasi tetap tetapi sebenarnya tetap terjadi reaksi secara terus-menerus. Kesetimbangan dinamis tidak terjadi secara makroskopis tapi terjadi secara mikroskopis (partikel zat).Kesetimbangan kimia hanyan terjadi pada reaksi bolak-balik yang mana laju pembentuk reaktan sama dengan laju pembentuk produk. Reaksi akan terjadi menerus secara mikroskopis jadi bisa disebut dengan kesetimbangan dinamis.

Kata kunci:kesetimbangan, hukum kesetimbangan, reaksi kesetimbangan

I.     Pendahuluan
Dalam reaksi kimiakesetimbangan kimia adalah keadaan dimana kedua reaktan dan produk hadir dalam konsentrasi yang tidak memiliki kecenderungan lebih lanjut untuk berubah seiring berjalannya waktu.Biasanya, keadaan ini terjadi ketika reaksi ke depan berlangsung pada laju yang sama dengan reaksi balikLaju pada reaksi maju dan mundur umumnya tidak nol, tapi sama. Dengan demikian, tidak ada perubahan bersih dalam konsentrasi reaktan dan produk. Keadaan seperti ini dikenal sebagai kesetimbangan dinamis.

II.  Pembahasan
A.  Kesetimbangan
adalah suatu keadaan di mana tidak ada perubahan yang terlihat seiring berjalannya waktu. Kesetimbangan kimia tercapai jika:
• Laju reaksi maju dan laju reaksi balik sama besar
• Konsentrasi reaktan dan produk tetap konstan
Kesetimbangan fisis
H2O (l)                          H2O (g)
Kesetimbangan kimia
N2O4 (g)                       2NO2 (g)

B.  Reaksi Kesetimbangan
-       Reaksi kesetimbangan merupakan reaksi reversible dimana zat-zat hasil reaksi dapat bereaksi kembali membentuk zat-zat pereaksi
-       Reaksi ini akan berlangsung bolak balik terus menerus tidak pernah berhenti, inilah yang disebut sebagai reaksi kesetimbangan Dinamis
-       Keadaan setimbang adalah suatu keadaan dimana laju rekasi kearah kanan (pembentukan hasil rekasi) sama dengan laju reaksi kearah kiri (pembentukan zat-zat pereaksi)
-       Digambarkan :mA + nB                           pC + qD
-        
C.    Hukum kesetimbangan
Menurut Guldberg dan Waage “besarnya konstanta kesetimbangan dalam suatu reaksi (Kc) adalah hasil kali konsentrasi zat-zat hasil reaksi dipangkatkan koefisiennya dibagi hasil kali konsentrasi zat-zat pereaksi dipangkatkan koefisiennya”.

Ciri-Ciri Keadaan Setimbang

Adapun ciri-ciri keadaan setimbang adalah sebagai berikut:
  1. Terjadinya dalam wadah yang tertutup, dengan suhu dan tekanan tetap
  2. Laju reaksi ke reaktan sama dengan laju reaksi ke produk
  3. Reaksinya berjalan secara terus-menerus (dinamis) dalam dua arah yang berlawanan
  4. Terjadinya sangat mikroskopis di tingkat partikel zat
  5. Konsentrasi produk dan reaktan tetap.

Rumus Umum Kesetimbangan Kimia

Persamaan atau rumus kesetimbangan kimia adalah sebagai berikut:

Contoh Soal Kesetimbangan Kimia

Diberikan suatu reaksi kesetimbangan
2A + B <==> A2B
Pada awalnya didalam bejana 2 liter terdapat 2 mol A dan 2 mol B, jika dalam kesetimbangan 0,5 mol A, berapakah tetapan kesetimbangannya?
Jawab:
Berdasarkan pernyataan diatas dapat ditentukan jumlah mol nya sebagai berikut:
Maka:
Volume dalam soal tersebut berpengaruh karena akan saling menghilangkan.

KESIMPULAN
            Kesetimbangan akan terjadi bila suatu reaksi kimia dapat berlangsung dua arah. Pada saat kesetimbangan tercapai, kecepatan reaksi kekiri adalah sama dengan kecepatan reaksi kanan. Sistem kesetimbangan homogen terjadi bila dalam sistem terdapat satu fasa. Sedangkan jika fasa komponen zat lebih dari satu atau berbeda disebut kesetimbangan heterogen.

Daftar Pustaka
Widhy Purwanty (definisi kesetimbangan)
Sulistyani (reaksi kesetimbangan)
Fakhry, Haris. (kesetimbangan kimia)
Istianah, ana. 2011. “kesetimbangan kimia”. Dalam : http://anaistianah.blogspot.com/2011/11/makalah-kesetimbangan-kimia.html
Yunorio. 2013. “kesetimbangan kimia”. Dalam : http://yonorio601.blogspot.com/2013/05/makalah-kesetimbangan-kimia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.