.

Sabtu, 14 September 2019

Pencemaran udara


PENCEMARAN UDARA


Oleh, Rahmat yasin (@P19)
Kode proyek (@P02)

Abstrak
Udara adalah faktor penting dalam kehidupan, namun, di era modern, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik kota dan pusat industri, serta berkembangnya transportasi, telah menyebabkan kualitas udara mengalami perubahan. Dari yang mulanya segar, kini, kering dan kotor akibat dari terjadinya pencemaran udara karena kendaraan transportasi.

Kata kunci : Pencemaran udara
pendahuluan
Udara merupakan faktor yang penting dalam hidup dan kehidupan. Namun pada era modern ini, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri, serta berkembangnya transportasi, maka, kualitas udara pun mengalami perubahan yang disebabkan oleh terjadinya pencemaran udara, atau, sebagai berubahnya salah satu komposisi udara dari keadaan yang normal; yaitu masuknya zat pencemar (berbentuk gas-gas dan partikel kecil/aerosol) ke dalam udara dalam jumlah tertentu untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga dapat mengganggu kehidupan manusia, hewan, dan tanaman (BPLH DKI Jakarta, 2013).
Permasalahan : bagaimana cara mencegah terjadinya pencemaran udara?
Pembahasan

Definisi  pencemaran udara
Masuknya gas, partikel debu, asap atau bau ke atmosfer dan bersifat membahayakan kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. (Mukono, 2005)

Pencemaran udara merupakan pencemaran indoor atau outdoor dengan bahan kimia agen fisik atau biologis yang mengubah karakteristik alami atmosfer peralatan rumah tangga, (seperti  kompor gas, kulkas,AC) kendaraan bermotor, fasilitas industry dan kebakaran hutan merupakan sumber umum dari pencemaran udara. (WHO, 2012)
Penyebab pencemaran udara
Menurut Andrews (1972), penyebab pencemaran udara terbagi tiga kelompok, yaitu
1.Gesekan permukaan, seperti menggergaji, menggali, gesekan (gosokan) dari beberapa bahan (aspal, tanah, besi, dan kayu) yang membuang partikel padat ke udara dengan berbagai ukuran.
2.Penguapan yang berasal dari cairan yang mudah menguap, seperti bensin, minyak cat, dan uap yang dihasilkan oleh industri logam, kimia dan lainnya.
 3.Pembakaran, seperti pembakaran bahan bakar fosil (minyak, solar, bensin, batubara, pembakaran hutan, dsb.). Pembakaran tsb. merupakan proses oksidasi sehingga menghasilkan gas-gas CO2, CO, SOx, NOx, atau senyawa hidrokarbon yang tidak terbakar dengan sempurna

Dampak Terjadinya Pencemaran Udara Terhadap Kehidupan dan Lingkungan
Sebagaimana kita ketahui bersama, pencemaran udara atau perubahan salah satu komposisi udara dari keadaan normal, mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dalam kehidupan manusia. Pembangunan transportasi yang terus dikembangkan menyusul dengan permintaanpasar, ternyata, telah mendorong terjadinya bencana pembangunan. Saat ini, kita semua telah mengetahui bahwa pengaruh polusi udara juga dapat menyebabkan pemanasan efek rumah kaca (ERK) bakal menimbulkan pemanasan global atau (global warming) (Sudrajad, 2006)
Tentunya, hal iniharus merupakan sebuah peringatan kepada para pemilik kebijakan industri dan kebijakan transportasi agar melihat kepada masalah udara di sekitarnya. Proses pembangunan yang ada di Indonesia dalam konteks transportasi, ternyata, telah menimbulkan bencana pembangunan yang pada akhirnya bermuara menjadi permasalahan ekologis. Akibatnya, udara sebagai salah satunya commons yang open access menjadi berbahaya bagi kesehatan manusia dan alam sekitarnya.
Jenis Pencemaran Udara
 Dilihat dari ciri fisik, bahan pencemar dapat berupa:
 a.Partikel (debu, aerosol, timah hitam)
b.Gas (CO, NOx, SOx, H2S dan HC)
c.Energi (suhu dan kebisingan).


Pencegahan pencemaran udara

• Penetapan baku mutu udara ambien, status mutuudara ambien, baku mutu emisi, ambang batasemisi gas buang, baku tingkat gangguan, ambangbatas kebisingan, baku mutu udara dalam ruangandan ISPU.
• Kawasan dilarang merokok.
• Larangan pembakaran sampah.



kesimpulan
Upaya mengatasi pencemaraan udara tergantung dari sifat dan sumber polutan udara, seperti mengurangi polutan, mengubah polutan, melarutkan polutan dan mendisfersikan polutan. Diharapkan agar keadaan lingkungan tetap sehat dan bersih dari pencemaran udara.

Daftar pustaka
Hidayat.A.A, Kholil Muhammad (kimia dan pengetahun lingkungan industri) definisi pencemaran udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.