.

Jumat, 09 Agustus 2019

LIMBAH INDUSTRI KIMIA


Hallo pembaca setia!
Perkenalkan nama gue Rexa Ramadhan dari Universitas Mercubuana. postingan ini adalah article pertama gue di blog Kimintekhijau.com. Nah jadi, gue bakal nulis postingan ini dengan gaya yang berbeda, gaperlu terlalu baku yang paling penting adalah apa yang gue sampein itu bisa sama-sama di cerna dan terima dengan mudah. oke langsung aja kita ke inti ya.


PENGANTAR

Materi yang akan gue sampaikan kali ini adalah seputar industri kimia. Industri kimia adalah sebuah industri yang memproduksi sesuatu yang dimana dalam prosesnya pembuatan barang jadi nya menggunakan senyawa kimia. Walaupun barang yang di produksi merupakan kebutuhan kita sehari-hari seperti alat mandi, makanan, minuman, maupun barang kecantikan, namun limbah yang dihasilkan oleh industry kimia sangat lah berbahaya apabila tidak diolah dengan baik. Mungkin beberapa dari kita sudah tau dampak yang dihasilkan oleh industri atau pabrik-pabrik yang memproduksi bahan kimia. Contoh nya seperti pembuangan limbah cair yang dapat merusak ekosistem air sungai atau laut disekitaranya, limbah gas yang dapat merusak atau membuat polusi udara dan hujan asam, limbah padat yang yang apabila dibuang ke darat, maka akan merusak tanah.

PEMBAHASAN

Limbah Industri adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi dari industri yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia, senyawa organik dan anorganik dengan konsentrasi dan kuantitas terntentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan manusia.


JENIS-JENIS LIMBAH

Limbah dapat di spesifikasikan menjadi beberapa kategori. Diantaranya adalah sebagai berikut.


Hasil gambar untuk limbah cair
nanosmartfilter.com
1. Limbah cair
Limbah cair ini juga dikenal sebagai entitas pencemar air. Sesuai dengan namanya, yang disebut sebagai limbah cair adalah limbah yang mempuyai bentuk cair. Biasanya limbah industri cair ini akan dibuang langsung ke saluran air seperti selokan, sungai.




Hasil gambar untuk limbah padat
materibelajar.co.id
2. Limbah Padat 
Limbah padat merupakan buangan dari hasil- hasil industri yang tidak terpakai lagi yang berbentuk padatan, lumpur maupun bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan, ataupun sampah yang dihasilkan dari kegiatan- kegiatan industri, serta dari tempat- tempat umum. Beberapa contoh dari limbah industri padat antara lain adalah plastik, kantong, sisa pakaian, sampah kertas, kabel, listrik, bubur- bubur sisa semen, lumpur- lumpur sisa industri, dan lain sebagainya.


Hasil gambar untuk limbah gas
ebilogi.com
3. Limbah Gas
Limbah gas merupakan limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yang berbentuk molekul- molekul gas dan pada umumnya memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Limbah gas ini tentu saja berbentuk gas. Beberapa contoh limbah gas ini antara lain adalah kebocoran gas, pembakaran pabrik, asap pabrik sisa produksi dan lain sebagainya.



DAMPAK LIMBAH INDUSTRI

Mungkin beberapa dari kita sudah tau dampak yang dihasilkan oleh industri atau pabrik-pabrik yang memproduksi bahan kimia. Berikut adalah detailnya.


Hasil gambar untuk DAMPAK LIMBAH CAIR
https://triazis13.wordpress.com
1. Limbah cair
Limbah cair ini sifatnya ada yang berbahaya dan ada pula yang dapat dinetralisir secara cepat. Limbah industri yang berbahaya yang dibuang langsung ke saluran seperti sungai, laut, maupun selokan tanpa dinetralisir terlebih dahulu pada akhirnya akan mencemari saluran-saluran tersebut sehingga akan menyebabkan ekosistem air menjadi rusak, bahkan banyak makhluk hidup yang akan mati dibuatnya.



Hasil gambar untuk dampak limbah padat
materibelajar.co.id

2. Limbah Padat 
Limbah padat apabila dibuang di dalam air pastinya akan mencemari air tersebut dan dapat menyebabkan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya akan mati. Sementara apabila dibuang di wilayah daratan tanpa adanya proses pengolahan, maka akan mencemari tanah di wilayah tersebut.





Hasil gambar untuk dampak limbah gas
http://informazone.com

3. Limbah Gas 
Oleh karena bentuk limbah ini adalah gas, maka limbah tersebut akan menguap ke atas awan dan akan meyebabkan hujan asam dan tentu saja akan merusak polusi dan kesehatan paru-paru manusia.







Pengolahan limbah Industri kimia

Dikarenakan dampak yang dihasilkan oleh limbah industri kimia ini sangat lah tidak baik bagi keseimbangan maupun kesehatan ekosistem bumi, maka dari itu para peneliti telah menemukan cara untuk “mengurangi” dampak negative dari limbah tersebut. Berikut adalah detailnya.

Hasil gambar untuk Pengolahan limbah padat
https://www.slideshare.net

1. Pengolahan limbah padat 
Proses industrialisasi memang banyak sekali menimbulkan limbah. salah satu jenis limbah yang dapat dihasilkan dari proses industri adalah limbah yang berbentuk padat. Untuk mengatasi limbah padat cara yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut: 1). Penimbunan Terbuka (pembakaran dan membiarkan diurai oleh mikroorganisme), 2). Sanitary Landfill (melakukan pembakaran didalam lubang, dan panas nya diubah menjadi listrik), 3). Insenerasi, 4). Mengubah menjadi kompos padat, 5). Daur Ulang.

Hasil gambar untuk Pengolahan limbah cair
http://planetcopas.blogspot.com

2 Pengolahan Limbah Cair 
Limbah cair penanganannya berbeda dengan limbah padat, tentu saja hal ini karena bentuknya yang berbeda. Untuk limbah cair sendiri, pengolahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: 1). Pengolahan Primer (penyaringan, pengapungan), 2). Pengolahan sekunder (Menggunakan mikroorganisme untuk menguraikan), 3). Pengolahan tersier khusus, 4). Desinfeksi, 5). Slude treatment (pengolahan lumpur).

Hasil gambar untuk Pengolahan limbah gas
http://narkoo.blogspot.com

3. Limbah Gas
Pengolahan limbah gas pada bidang industri dapat dilakukan sebagai berikut: 1). Mengontrol emisi gas buang, 2). Menghilangkan materi Partikulat dari udara pembuangan.






DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia dan M.Kholil, 2018, Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri, Penerbit WR, Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.